UN Bukanlah Akhir

UN SMA sudah berlalu dan UN SMP sedang bergulir.. banyak desas desus yang menghampiri pelaksanaan UN ini.. apapun itu, UN pasti akan dihadapi setelah tiga tahun belajar baik di kursi SMP maupun SMA. Namun, apa yang bisa sahabat lakukan setelah UN berakhir ?

Hm, Banyak hal yang bisa sahabat lakukan setelah UN :

Pertama, Refreshing…

Sahabat bisa lakukan banyak alternatif kegiatan, mulai dari ngobrol ma temen-temen, hang-out di tempat favorit sampe jalan-jalan ke Bon Bin ato taman kota juga mengasyikkan, setidaknya bisa melepas lelah seasaat sebelum melanjutkan ujian lain.

Kedua, Siap-Siap untuk Ujian lanjutan…

Maksudnya “Keep Going”, jangan karena telah UN, sahabat ngerasa dah plong and g usah belajar lagi. UN adalah pintu gerbang sahabat menuju pendidikan lebih tinggi, kalau kemarin baru menyelesaikan UN  artinya setelah ini sahabat akan mengikuti ujian lain, baik Ujian Sekolah maupun Ujian-ujian di berbagai perguruan tinggi.. Dan belajar bukan hanya agar lulus ujian saja.. belajar juga bukan sekadar untuk mendapatkan nilai bagus, tapi untuk mendapatkan pemahaman serta peningkatan kemampuan…  Sedangkan proses belajar adalah  menyalakan obor semangat untuk terus belajar, sehingga menjadi manusia yang lifelong learners…

Ketiga, Memaksimalkan Kehidupan Saat Ini…

Karena hidup hanya sekali dan hari-hari yang kita punya sebenarnya hanyalah hari ini… Sahabat bisa ngelakuin apapun pada hari ini karena hari esok adalah misteri dan hari kemarin adalah masa lalu.. Dengan melakukan yang terbaik di hari ini, sebenarnya sahabat sedang membangun keberhasilan.. Karena kesuksesan sahabat ditentukan hari ini dan kegagalan sahabat pun sebenarnya tercermin dari kegiatan yang dilakukan hari ini..

Berbuat kebaikan juga tiada salahnya, malah bikin hati semakin tenang dan bahagia.. Tabungan kebaikan akan membawa pada hal-hal yang tak terduga.. Salah satunya adalah pertolongan Allah SWT. Kalau sahabat saat ini sedang H2C alias Harap Harap Cemas akan hasil Ujian, mendingan banyak ngelakuin hal positif  dengan banyak berbuat kebaikan. Banyak kebaikan yang bisa sahabat lakukan. Mulai dari sedekah, membantu sesama hingga membantu orang tua.

Terkadang membantu orang tua dianggap hal remeh. Padahal kasih sayang mereka sangat besar dan bahkan tak pernah putus dan kebanyakan waktu kita dihabiskan dengan orang lain. Terkadang malah sampe lupa waktu dan amanah di rumah, tapi mereka tak pernah mengeluh soal itu… Malah kita yang sering uring-uringan sendiri atau bahkan ngedumel gak jelas klo lagi ada masalah di sekolah ato sama teman. Mm, sekarang waktunya Kita untuk memperbaikinya dengan melakukan hal-hal kecil seperti pekerjaan rumah akan meringankan pekerjaan & menyenangkan hati orangtua dan menyenangkan hati sahabat sendiri.. Believe it or not, klo rumahnya nyaman pasti mood pun tambah bagus kan.. Selain itu juga pasti bikin sahabat makin diridhoi ortu.. Jangan lupa bahwa ridhonya Allah SWT ada pada Ridho Orang tua.. Jadi membantu orang tua adalah salah satu kegiatan utama setelah UN.. Kalau sebelum UN sahabat sangat fokus sama yang namanya belajar, sekarang waktunya sudah lebih longgar.. Sehingga membantu ortu jadi prioritas agenda kita.. Selain mengurangi kecemasan yang berlebih, berinteraksi dengan orang-orang terdekat (orangtua-red) dalam aktivitas keseharian akan membuat kita menjadi lebih tentram dan lebih bermanfaat buat lingkungan sekitar..

Keempat, Tawakal atas hasilnya..

Sahabat sudah berusaha dengan belajar sebaik mungkin untuk mempersiapkan UN. Namun jika sampe situ belumlah cukup. Usaha sahabat harus dilengkapi dengan Doa.

“Tidak ada sesuatu yang lebih mulia di sisi Allah, selain daripada doa.” (HR. Ibnu Majah dan Abu Hurairah)

Dan

“Siapa saja yang tidak mau memohon (sesuatu) kepada Allah, maka Allah akan murka kepadanya.” (HR Tirmidzi dari Abu Hurairah)

Berdoa adalah permohonan hamba kepada Tuhannya, untuk mendapatkan sesuatu. Jika sahabat ingin lulus UN maka jangan lupa sama yang namanya berdoa..
Sahabat jangan sampai berhenti berdoa y… Tanpa berdoa apa yang sahabat lakukan akan hampa.. Dan bisa membuat sahabat terjerumus sama yang namanya kesombongan. Dan Allah tidak suka pada orang-orang yang sombong, yakni mereka yang tidak pernah berdoa kepadaNya…

Klo dibikin pepatah jadinya seperti ini :

“Usaha tanpa doa adalah sombong, doa tanpa usaha adalah bohong”
Kunci dikabulkannya sebuah doa adalah KEYAKINAN !!

Allah SWT akan mengabulkan doa-doa sahabat apabila meminta kepadanya dengan penuh keyakinan tapi eits, jangan coba-coba minta ke yang lain y.. (Bahaya, ntar jadi syirik lagi sama Allah SWT)..

“Mintalah kepada Allah akan kemurahan-Nya, karena sesungguhnya Allah senang apabila dimintai (sesuatu).” (HR Tirmidzi dari Ibnu Mas’ud).

“(Dan) Tuhanmu berfirman: ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan bagimu.” (QS. Al Mukmin : 60)
“(Dan) apabila hamba-hamba-Ku bertanya tentang Aku, maka (jawablah) bahwasanya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia berdoa kepada-Ku.” (QS. Al Baqarah : 186)
Al-Faqir ila maghfirati Rabbihi

Setelah berdoa, sahabat harus tawakal pada keputusanNya.. apapun itu.. Allah mengetahui yang terbaik untuk hambaNya.. Terkadang kalau doa kita tidak terkabul, kita suka berfikir aneh-aneh.. Berfikir tidak adil adalah hal yang kurang tepat karena sebenarnya allah swt lebih mengetahui apa yang dibutuhkan oleh kita ..

Sahabat, kita sebagai manusia bertugas untuk berusaha dengan sebaik-baiknya tapi Allahlah yang menentukan pada akhirnya.. Allah SWT Melihat Usaha-usaha Kita, dan tak ada yang terlewat satupun darinya.. Makanya allah swt takkan pernah luput memperhatikan usaha yang kita lakukan.. Dan percayalah bahwa Allah swt memberikan pahala dari prosesnya bukan pada hasil akhirnya.. jadi perjuangan yang sahabat lakukan insya allah mendapat pahala darinya asalkan diniatkan untuk beribadah dan dengan cara yang baik… Masalah hasil biar Allahlah yang menentukan.. karena pertolongan Allah itu akan selalu hadir untuk hambaNya yang tawakkal.. So, Gak ada yang perlu dicemaskan lagi…

Dan UN bukanlah Akhir…

Wallahu’alam bishawab

Advertisements

7 thoughts on “UN Bukanlah Akhir

  1. iya bener teh linda…
    jalan terakhir yang harus musti wajib di lakukan adalah berdoa.. hayu kita doakan adik2 kita yg tengah gundah gulana menantikan bangku kuliahnya…
    mudah-mudahan mendapatkan apa yg di inginkannya dan yang terbaik.. 😀

  2. Pingback: Empat Tahun | Live Your Life

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s