Shalat adalah Ibadah Gerak

Bismillah…

Ibadah apa yang akan akan langsung dihisab olehNya ?

Shalat…

Ternyata, Shalat adalah ibadah gerak!

Berikut adalah faktanya :

Jumlah rukun shalat yang bersifat gerakan 48 item, sedangkan jumlah rukun shalat yang bersifat bacaan hanya 8 item. Hampir semua rukun shalat bersifat gerakan, bukan bacaan. Inilah mengapa, shalat tergolong ibadah gerak.

#Berdiri adalah rukun shalat (wajib dikerjakan), tapi bacaan ketika berdiri (iftitah dan surat lain) adalah sunnah. Ini berarti, shalat harus dilakukan dengan berdiri. Tidak membaca doa iftitah tidak membatalkan shalat.

#Ruku adalah rukun shalat (wajib dikerjakan), sedangkan bacaan ketika ruku adalah sunnah. Jadi, orang yang ruku tanpa membaca apapun, shalatnya syah.

#Itidal adalah rukun shalat (wajib dikerjakan), sedangkan bacaan ketika itidal adalah sunnah. Orang yang itidal tanpa membaca apapun, shalatnya syah.

#Sujud adalah rukun shalat (wajib dikerjakan), sedangkan bacaan ketika sujud adalah sunnah. Jadi, orang yang sujud tanpa membaca apapun, shalatnya syah. Duduk antara dua sujud adalah rukun shalat (wajib dikerjakan) , sedangkan bacaan ketika itu adalah sunnah. Orang yang duduk antara dua sujud tanpa membaca apapun, shalatnya syah.

Walaupun bacaan-bacaan tersebut di atas adalah sunnah, tentu saja kita perlu membacanya agar shalat kita lebih sempurna.

Detail penjelasan di atas semoga makin menambah kesadaran kita bahwa shalat adalah ibadah gerak. Oleh karena itulah, shalat harus dilakukan dengan gerakan yang fashih (benar) sesuai tuntunan Nabi agar memberikan manfaat maksimal. Belajar gerak dalam shalat harus menjadi prioritas. Menghayati gerakan harus benar-benar dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Jadi, Bagaimana dengan shalatmu?

Masihkah malas-malasan sholat 5 waktu?

Wallahu’alam bishawab…

 

Referensi :

 Akhmad Tefur – shalatsempurna.com

Advertisements

2 thoughts on “Shalat adalah Ibadah Gerak

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s