Ramadhan Strike Back, Several Step to Prepare Yourself

Bismillah,

Counting down for ramadhan…

Tidak terasa, Ramadhan akan hadir kurang dari 1 bulan lagi.

Apakah kita sudah siap untuk menyambut tamu agung Allah swt tersebut?

Semoga kita dapat menyambutnya dengan sepenuh hati dan benar-benar siap.

Berikut ini beberapa hal yang perlu kita perhatikan :

1. Shaum, Tangga Menuju Surga

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada umat-umat sebelum kamu agar kamu menjadi orang yang bertaqwa” (QS Al Baqarah:183).

“Sesungguhnya orang yang bertaqwa ditempatkan dalam surga yang mengalir sungai-sungai” (QS Al Hijr:45)

Kedua ayat tersebut menjelaskan bahwa shaum pada bulan ramadhan merupakan perkara wajib yang proses  ibadahnya merupakan tangga menuju surga,

2. Ibadah yang Tidak Dapat Ditinggalkan

“Barangsiapa berbuka (dengan sengaja) satu hari pada siang hari bulan Ramadhan tanpa rukhsah atau sakit, maka tidak akan dapat menggantinya walaupun berpuasa sampai akhir hayatnya” (HR Bukhari, Ahmad, Tirmudzi dll).

Janganlah kita lalai dalam menjalankannya, karena bila ditinggalkan kita tetap wajib mengqadanya. Cara mudah agar dapat menjalankan shaum secara optimal, salah satunya dengan mempersiapkan kondisi fisik. Selayaknya mempersiapkan kondisi fisik dengan berlatih shaum pada bulan sya’ban dan rajab, berolahraga teratur minimal 3x seminggu dengan durasi minimal 30 menit dengan melakukan jalan sehat, jogging atau berenang dapat menjaga kondisi fisik yang prima dalam menjalankan ibadah ini. Jangan sampai kita melewatkannya dikarenakan kondisi fisik yang menurun bahkan hingga jatuh sakit yang berkepanjangan ^^

3. Sesuatu yang Baik Bagi Manusia

“Dan berpuasa baik untukmu, jika kamu mengetahuinya” (QS Al Baqarah:184).

Secara umum, puasa memang saat yang tepat untuk mengistirahatkan diri. Fakta menunjukkan bahwa makanan yang tinggal di usus dalam proses pencernaan adalah 14 jam. Selama setahun, organ ini bekerja nyaris tanpa berhenti, karena jeda waktu makan kita tidak selama itu. Jika dimisalkan sarapan pukul 06.00, kemudian makan siang pukul 12.00, jeda keduanya hanya 6 jam, masih kurang dari separuh waktu transit makanan. Jadi saat makanan ketika sarapan belum terbuang, sudah masuk makanan siang, begitu seterusnya sepanjang hari hingga sepanjang tahun. oOeh karenanya, tidak mengherankan apabila banyak penyakit yang menyertai.

Nah, berapa lama kita berpuasa? lebih kurang 14 jam, bukan? itulah maknanya dalam berbagai kajian ilmiah dinyatakan saat berpuasa merupakan saat kita memberi istirahat pada organ pencernaan. Lalu bagaimana jika jam berpuasa diganti? katakanlah dimulai pukul 06.00 dan diakhiri pukul 20.00. Menurut ahli terapi nutrisi, Andang Gunawan A.D.N, N.D, tubuh kita memiliki irama biologis selama 24 jam, berlangsung secara sistematis tanpa henti. siklus ini terbagi menjadi tiga fase yakni :

a. Pukul 04.00-12.00 = Pembuangan sampah makanan

b. Pukul 12.00-20.00 = Pencernaan atau pemrosesan zat-zat makanan

c. Pukul 20.00-04.00 =Penyerapan (Pengambilan sari-sari makanan).

Perhatikan siklus diatas, kacau bukan jika ada perubahan siklus normal? Subhanallah, itu baru salah satu manfaat puasa.

Selain itu, dr. Madarina Julia, SpA, MPH menjelaskan “Ketika puasa kita menahan lapar, ketika lapar terjadi penurunan kadar gula darah dan pelepasan hormon pertumbuhan. saat pelepasan hormon pertumbuhan, lemak viseral yang posisinya biasa berada di perut terbakar sehingga perut menjadi langsing “. Oleh sebab itu, puasa merupakan ibadah yang berharga bagi manusia, asal niatnya lurus, membuat hidup sehat, langsing dan disayang allah swt.

4. Ibadah Agung, Sebagai Benteng

Rasul bersabda, Allah berfirman “Seluruh amal anak adam untuknya, kecuali puasa, sebab puasa adalah untuk-Ku, dan Aku pasti menjaminnya. Puasa adalah merupakan benteng, maka ketika seorang tengah melakukan puasa janganlah berbuat keji dan kerusuhan; apabila ada yang mencaci maki kepadanya atau mengajak bertengkar, katakanlah “Aku tengah berpuasa”. Demi Allah yang Muhammad ditangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa lebih harum dari kesturi di sisi Allah; dan baginya dua kegembiraan, yaitu ketika berbuka dan ketika berjumpa dengan Tuhannya, memperoleh balasannya” (HR Bukhari, Muslim).

5. Pintu Surga Terbuka, Pintu Neraka Tertutup, Setan Dibelenggu

“Ketika bulan Ramadhan tiba, maka dibukalah pintu-pintu surga, pintu-pintu neraka ditutup, dan syetan di belenggu “(HR Bukhari, Muslim).

6. Ampunan

“Barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan berharap kepada Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (HR Bukhari, Muslim).

7. Dijauhkan dari Neraka

“Tiada orang berpuasa sehari pada jalan Allah, kecuali Allah menjauhkan wajahnya dari sengatan api neraka sejauh 70 tahun” (HR Bukhari, Muslim).

8. Doa Mustajabah

“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan dimana Allah melimpahkan keberkahan menurunkan rahmat dan mengampuni dosa dosamu, menerima doa doamu…” (HR Thabrani).

“Tiga jenis orang yang doa mereka tiada ditolak adalah, doa orang berpuasa sampai ia berbuka, doa pemimpin yang adil, dan doa orang yang didzalimi… “ (HR Ahmad).

9. Pelipatgandaan Pahala

“Barangsiapa yang ingin mendekatkan diri di bulan ini kepada Allah dengan suatu amalan sunnah, maka pahalanya bagaikan melakukan amalan fardhu di bulan lainnya; dan barangsiapa melakukan amalan fardhu di bulan ini, maka pahalanya adalah 70 amalan fardhu di bulan lainnya” (HR Ibnu Khuzaimah dalam shahihnya).

10. Jangan Tinggalkan Shalat Tarawih dan Ibadah Malam Lainnya

“Barangsiapa yang menegakkan (ibadah) malam di bulan Ramadhan karena iman dan berharap kepada Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (HR Bukhari, Muslim).

11. Perbanyak Shadaqah & Tadarus

Dari Ibnu Abbas, “Rasul adalah manusia yang paling bermurah hati, terutama dalam bulan Ramadhan, … dan beliau tadarus Al Quran” (HR Bukhari, Muslim).

12. Perbanyak Memberi

“Barangsiapa memberi makan kepada orang yang berpuasa, maka pahalanya baginya seperti yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala yang berpuasa sedikitpun” (HR Tirmudzi).

13. Perbanyak 4 Perkara

“Perbanyaklah di bulan ini 4 perkara. Dua perkara dapat mendatangkan keridhaan Tuhanmu, dua perkara lainnya pasti kamu memerlukannya. Dua perkara yang dapat mendatangkan keridhaan Allah adalah hendaknya kalian membaca kalimat Thayibah dan istighfar sebanyak banyaknya. Dan dua perkara yang kamu memerlukannya yaitu hendaknya kamu memohon kepada-Nya untuk masuk surga dan berlindung dari api neraka Jahannam” (HR Ibnu Khuzaimah).

14. Itikaf 10 Hari Terakhir

Adalah Rasulullah SAW itikaf pada 10 malam terakhir. Sabdanya “Carilah lailatul qadar pada 10 malam terakhir Ramadhan” (HR Bukhari, Muslim).

15. Fadilah Itikaf

“Barangsiapa beritikaf penuh keyakinan dan keikhlasan, pasti Allah ampuni dosa-dosanya terdahulu” (HR Bukhari, Muslim).

“Barangsiapa yang beritikaf satu hari karena mengharapkan ridha Allah, maka Allah swt akan menjauhkan antara dia dengan nereka sejauh tiga parit, yang jarak antara satu paritnya lebih jauh daripada langit dan bumi” (HR Thabrani, Baihaqi, Hakim).

16. Berusaha Menggapai Lailatul Qadar

“Malam kemuliaan itu (lailatul qadar) lebih baik dari 1000 bulan” (QS Alqadar:3).

17. Amalan Terbaik di Malam Laialtul Qadar

Dari Aisyah, “Ya Rasul apa yang harus dilakukan jika aku menepati malam lailatul qadar, dan apa yang harus kubaca?. Jawab Rasul: ”Ucapkanlah olehmu kalimat : Allaahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni (Ya Allah, Engkau Maha pengampun dan suka mengampuni, maka ampunilah aku)”  (HR Tirmudzi).

Semoga persiapan ramadhan kali ini lebih baik dan dapat memotivasi untuk menjadikan ramadhan kita kali ini lebih baik.

wallahu’alam bishawab

Sumber : Ramadhani, Ega Zainur. 2010. Super Health : Gaya Hidup Sehat Rasulullah. Yogyakarta : Pro-U Media dan berbagai artikel lain

Advertisements

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s