Tips Meminimalisir Kerontokan

Bismillah,

 

Setelah mengetahui penyebab dan terapi untuk kerontokan rambut, berikut beberapa tips untuk meminimalisirnya dalam berbagai kondisi, semoga bermanfaat ^^

 

TIPS UNTUK YANG BERJILBAB

 

1. Pilihlah kerudung atau jilbab dari bahan yang mudah menyerap keringat. Seperti katun atau kaos. Bahan kain yang mudah menyerap keringat dan berpori-pori besar sangat berguna untuk memudahkan sirkulasi udara di kepala.

 

2. Jangan menggunakan kerudung lebih dari empat helai. Semakin tebal kerudung anda, makin sulit rambut anda bernafas.

 

3. Hindari menggunakan lapisan kerudung dengan terlalu sering dan kencang. Selain membuat rambut sulit bernafas, hal ini juga berpotensi untuk membuat kulit kepala lembab.

 

4. Jika hendak menggunakan jilbab lebih baik mengurai rambut atau jangan mengikatnya terlalu kencang. Untuk menghindari rambut yang digulung sebaiknya jangan biarkan rambut Anda panjangnya melebihi 60 cm.

 

5. Hindari warna gelap untuk kerudung atau jilbab. Warna gelap mudah menyerap matahari. Jika aktivitas anda lebih banyak dibawah sinar matahari lebih baik pilih warna lembut atau putih.

 

6. Jangan terlalu sering mengikat kerudung di bagian leher. Udara yang keluar masuk ke rambut akan semakin menipis jika anda mengikat kerudung di leher. Kerudung sebaiknya dilepas hingga bagian  tepinya menjuntai agar rambut muda bernafas.

 

 

7. Pilih sisir dengan gigi besar. sisir rambut sebelum menggenakan jilbab. Cara ini akan membuat rambut anda lebih terjaga dengan rapih sekaligus dapat melancarkan peredaran darah di kepala.

 

8.  Cuci rambut secara teratur 2-3 hari sekali. Gunakan sampo sesuai dengan jenis rambut. Atau setidaknya pilihlah sampo lembut yang dapat digunakan setiap hari. Pastikan rambut sudah kering sebelum menggunakan kerudung. Penggunaan kerudung saat rambut basah bisa membuat kepala pusing.

 

9. Lakukan creambath seminggu sekali demi memberikan nutrisi pada rambut dan menjaga kulit kepala agar tetap sehat. Pilihlah krim yang sesuai dengan jenis rambut atau secara alami dengan gunakan bahan alpukat untuk jenis rambut kering, jeruk nipis untuk rambut berminyak dan berketombe, sementara ginseng dipercaya dapat menguatkan akar rambut.

 

(Caranya, keramas sampai bersih. Olesi permukaan kulit kepala dengan krim atau bahan alami tersebut sambil melakukan pijatan di sekitar kulit kepala. Kemudian, bungkus kepala dengan handuk panas selama 15 menit atau gunakan alat khusus yang berfungsi untuk menguapkan. Terakhir, cuci bersih dan berikan tonik sebagai vitamin pada rambut).

 

10. Berikan masker rambut seminggu sekali untuk menjaga kesehatan dan kekuatan akar rambut. Gunakan masker siap pakai yang sesuai dengan jenis rambut biasanya tersedia di toko-toko kosmetik. Caranya, keramas hingga bersih, kemudian oleskan masker di sekitar rambut. Diamkan selama lebih kurang 15 menit, kemudian bilas kembali dengan air bersih.

 

11. Untuk menjaga kesehatan rambut, pilih kerudung berbahan katun atau kaus yang memiliki pori-pori baik sebagai sirkulasi udara bagi rambut. Gantilah kerudung setiap hari. Demikian pula dengan pelapis bagian dalam kerudung. Hindari warna gelap seperti hitam karena menyerap panas sehingga membuat wilayah kepala dan rambut menjadi lebih panas.

 

12. Untuk membantu menguatkan akar rambut, manfaatkan serum antirontok atau hair tonic. Hair tonic dapat digunakan setiap habis keramas, sedangkan serum antirontok cukup dua minggu sekali.

 

13. Untuk memudahkan penataan rambut berkerudung, pilih potongan rambut praktis. Hindari rambut terlalu panjang atau potongan berponi. Poni hanya akan membuat repot yang bersangkutan karena harus terus membereskan rambut-rambut poni? yang keluar dari kerudung. Sementara rambut yang terlalu panjang akan membuat kepala menjadi terasa lebih panas akibat kurangnya sirkulasi. Sebaiknya panjang rambut tidak melebihi 60 cm. Ikatlah rambut namun jangan terlalu ketat.

 

 

TIPS UNTUK PENGGUNA HELM

 

1. Jjika setiap hari menggunakan helm sehingga harus rajin keramas, serta menggunakan  condisioner dan hair tonik menjaga kelenturan rambut.

 

2. Jangan biarkan rambut basah menggunakan helm usahakan sehingga benar-benar kering.

 

3. Sering-sering merawat helm, misalnya membersihkan kacanya dengan kit/pengkilat motor untuk lapisan luarnya. biar tampilan tetep kinclong. Semprotkan pengharum untuk bagian dalam (tersedia pengharum khusus helm) atau pengharum buat pakaian (semacem trika/kispray).

Rajin-rajin mencuci bagian dalam helm bagi yang bisa dicopot (minimal dua minggu sekali) dengan cara di rendam di air panas dan detergent. Bilas dan keringkan dengan di angin-angin. jangan di kucek dan diperas karena akan merusak busa di dalamnya. Dan jangan lupa bersisir usai lepas helm.

 

 

Beberapa tips umum untuk mengurangi terjadinya kerontokan rambut :

  • Makanlah makanan yang bergizi (lihat pedoman umum gizi seimbang) terutama yang banyak mengandung protein dan zat besi. Protein sangat penting untuk pertumbuhan organ tubuh termasuk rambut. Sumber protein utama berasal dari ikan, telur, kacang kacangan, yogurt, kedelai dan lain lain.
  • Hindari stress karena stress akan menganggu metabolisme tubuh yang imbasnya ke rambut juga.
  • Jauhi obat obatan yang dapat menganggu pertumbuhan rambut. Obat mempengaruhi siklus rambut dengan cara menghambat aktivitas mitosis sel folikel rambut (anagen efluvium) atau dengan merangsang lebih awal fase istirahat (telogen efluvium). Beberapa jenis obat-obatan tersebut yakni :

a. Antikoagulan; seperti kumarin, terutama warfarin dan fenprokomon, heparin dan

heparinoid seperti fenidion. Obat-obatan jenis ini bukan hanya menimbulkan

kerontokan pada kulit kepala melainkan juga pada ketiak, alis dan rambut pubis.

b. Antineoplastik; obat-obatan jenis ini diberikan pada kemoterapi untuk pengobatan

penyakit kanker. Kerontokan biasanya timbul 7 hari hingga 10 hari setelah

kemoterapi dimulai. Yang termasuk obat jenis ini yaitu siklofosfamid, ifosfamid

doxorubisin, doktinomisin, 5-flurorasil, norubisin, bleomisin, vindesin, meklorotamin

tiotepa, metotrekstat, vinblastin, vinkristin, etoposid, karmustin, dan hidroksiurea.

c. Obat antitiroid; seperti karbimasol, metimasol serta tiourasil.

d. Minoksidil

  • Rajinlah berolah raga. Berolah raga secara teratur akan memperlancar peredaran darah termasuk peredaran darah pada kulit kepala yang akan menutrisi rambut.
  • Beristirahatlah yang cukup sehingga pertumbuhan rambut anda lebih optimal.
  • Berhentilah merokok, kurangi konsumsi kafein. Kedua zat ini tidak baik untuk rambut Anda.
  • Hindari penggunaan air yang terlalu panas saat keramas dan hindari pula menggunakan pengering rambut yang terlalu sering. Keringkanlah rambut anda hanya dengan handuk dan meng-anginkan di udara terbuka.
  • Lindungilah kulit kepala anda dari sinar matahari langsung.
  • Sisirlah rambut anda dengan lembut saat rambut masih dalam keadaan agak basah.
  • Kurangi penggunaan gel rambut, krim, minyak rambut, pewarna rambut dan spray rambut. Gunakanlah produk yang terbuat dari bahan alami.

 

Wallahu’alam bishawab

 

Semoga bermanfaat, ^^

Advertisements

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s