Memaksimalkan Konsumsi Buah

Bismillah…

Mengonsumsi buah-buahan ada cara dan triknya loh… Hal ini dilakukan agar mengoptimalkan manfaat konsumsi buah yang maksimal bagi kesehatan kita.

Tips Menyimpan dan Mengelola Buah :

– Simpanlah buah-buahan utuh di atas meja, konter, atau bisa juga di dalam lemari es untuk buah-buah tertentu.
– Dinginkan buah yang dipotong dengan cara menyimpannya dalam lemari es jika akan dikonsumsi kemudian/ditunda.
– Beli buah-buahan segar pada saat musimnya, harga biasanya lebih murah selain rasanya yang lebih nikmat…

Lalu, Bagaimana cara agar mengonsumsi buah mendapatkan kandungan gizi terbaik ?

– Konsumsilah buah secara beragam. Bisa dimakan secara utuh, diblender atau dipotong. Makan buah utuh lebih baik daripada meminum sari buah, karena Anda dapat memenuhi kebutuhan seratnya sekaligus.
– Pilih buah-buahan yang lebih banyak mengandung kalium seperti pisang, melon, belimbing, semangka dsb dan bervariasi dengan frekuensi mengkonsumsi buah minimal 3 potong ukuran sedang untuk melon, pepaya, semangka dsb serta 3 buah ukuran sedang untuk jeruk, apel, pir dsb. Memvariasikan buah dalam asupan buah harian, lebih efektif dibandingkan mengkonsumsi buah hanya beberapa jenis saja, vitamin dan mineral dalam masing-masing buah beragam dan saling melengkapi satu sama lain.

Tips Konsumsi buah untuk cemilan yang segar :

  •  Buah dapat dipotong-potong sebagai cemilan yang sehat. Anda dapat memotongnya sendiri di rumah, atau membeli buah yang sudah dipotong dan dikemas seperti semangka, melon atau pepaya. Atau cobalah memakan buah anggur atau strawberi yang segar.
  • Buah-buah yang dikeringkan seperti kurma, atau kismis juga dapat dijadikan makanan kecil/snack yang sehat. Mudah untuk dibawa dan disimpan dengan baik. Karena bentuknya  kering, nilai  ¼ cangkir setara dengan ½ cangkir buah-buahan lain.

 

Lalu, Kapankah waktu yang tepat untuk memakan buah?

Waktu konsumsi buah yang benar agar memberi manfaat maksimal untuk tubuh yaitu :

1. Buah harus dimakan selagi lambung kosong, yaitu pada waktu bangun tidur di pagi hari dan saat akan tidur di malam hari. Mengapa? Alasannya karena buah tidak di cerna dalam lambung dan penyerapan vitamin dan mineral akan lebih efektif. Buah dicerna dalam usus halus  dalam waktu 15-20 menit, kecuali pisang, 45 menit. Jika ada makanan dalam lambung, buah akan terjebak dan meragi dalam lambung. Inilah yg menimbulkan perut kembung dan terasa tidak enak. Karena itu sarapan buah sangatlah bagus. Jika agak malas, buah yang disarikan (juice) bisa dikonsumsi sebelum makanan lain.

Keterangan :

a. Bila Anda tidak memiliki masalah lambung, maka makan buah sebelum makan akan memberi hasil terbaik. Hal ini akan membuat nutrisi dalam buah akan lebih banyak terserap oleh tubuh.

b. Untuk orang yang ingin menurunkan berat badan, makan buah sebaiknya dilakukan sebelum makan, agar perut cepat merasa kenyang.

c. Bila memiliki  radang lambung atau maag, sebaiknya makan buah sesudah makan agar tidak menaikkan asam lambung.

2. Setelah makan buah, beri tenggang waktu 30 menit sebelum Anda makan makanan lainnya.

3. Jika Anda ingin konsumsi buah setelah makan, maka sebaiknya tunggu sekitar 2-3 jam sebelum makan buah. Ini untuk memastikan bahwa makanan yang sebelumnya sudah dicerna dengan baik oleh tubuh sebelum buah masuk ke dalam tubuh.

4. Cobalah konsumsi buah di pagi hari. Hal ini membantu untuk meningkatkan gula darah secara perlahan dan tidak tergesa-gesa. Karena sistem pencernaan tidak aktif sepanjang malam, konsumsi buah adalah cara restart lambung yang lembut di pagi hari.

5. Jangan makan buah bersamaan dengan makanan lain, makanan utama maupun kue.

6. Konsumsi buah sebagai pencuci mulut tidak memberi hasil terbaik untuk tubuh.

7. Konsumsilah buah lokal dan organik untuk menghindarkan efek pestisida yang tersisa.

8. Hindari buah kaleng, buah beku atau buah yang sudah diproses. Buah-buah yang sudah diolah biasanya mengandung banyak gula, pengawet atau bahan kimia tambahan lainnya yang tidak diinginkan. Walau tampak praktis tapi kandungan gizinya berbeda dengan buah segar loh…

Yuk, kita konsumsi buah… Dengan cara yang benar, jumlah yang tepat dan juga rutin.

Berbagai penelitian menunjukkan, mengkonsumsi buah minimal 3 buah ukuran sedang per hari, efektif menurunkan resiko terjadinya darah tinggi, jantung koroner dan juga kanker.

Wallahu’alam bishawab

@nurlienda

Advertisements

7 thoughts on “Memaksimalkan Konsumsi Buah

  1. saya makan 2 buah apel merah setiap pagi sebelum makan siang
    awalnya terasa cepat lapar,tp setelah terbiasa malah mengenyangkan
    dan setiap pagi lancar BAB.
    dan ternyata cara makan buah di pagi hari tidak salah
    terima kasih untuk infonya

    • Reaksi tubuh dalam memetabolisme zat gizi memang berbeda pada tiap orang, namun pada dasarnya, manusia itu cenderung “aman” dan cocok untuk makananan dari tumbuhan daripada hewan.
      Alhamdulillah jk begitu… Your welcome,
      silahkan menikmati berbagai tulisan ttg kesehatan dan gizi lainnya

  2. Pingback: Mengenal Buah lebih Dekat | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s