3 Jenis Makanan yang Bisa menjadi Masalah di Kemudian Hari

Bismillah,

Nyemil, sebuah kegiatan yang sulit dihilangkan pada sebagian orang… Terutama jika sudah menjadi sebuah kebiasaan.. Apalagi jika kebiasaannya mengkonsumsi makanan yang enak. Tapi tenyata banyak makanan kegemaran keluarga justru dapat memicu terjadinya penyakit, seperti kegemukan, darah tinggi, penyakit jantung, dan kanker. Kok Bisa?

Alasan tidak bisa menghilangkan kebiasaan buruk mungkin karena kita belum tahu bahayanya..

3 jenis makanan enak apa saja yang sebaiknya dihindari:

1.    Kerupuk & Keripik
Adding” wajib bagi sebagian besar masyarakat Indonesia saat menyantap makanan. Ternyata, berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Kerupuk mengandung kalori, lemak dan natrium yang tinggi. Lemak yang berlebih dapat menyebabkan kegemukan, sedangkan kandungan natrium dalam krupuk dapat memicu tekanan darah tinggi. Selain itu, sifat karsinogen dari zat pewarna buatan dapat meningkatkan risiko kanker. Jika kebiasaan menguyah kerupuk masih sulit dihilang, kita bisa memilih kerupuk buatan sendiri ^^. Paling gampang membuat keripik kentang, ubi, sukun dkk.

 

Kandungan Kerupuk dan Keripik :

a. Energi berkisar antara 362 Kilokalori (KkaI) per 100 g pada krupuk Sidoarjo, cap Komodo dan 332 Kkal per 100 g pada salah satu krupuk aci.

b.  Protein, paling tinggi pada krupuk kulit sebesar 82,91%, paling rendah pada aci sebesar 0,03%. Krupuk kulit adalah produk hewani tanpa campuran jadi sesuai dengan asalnya kadar proteinnya tinggi.

c.  Lemak, paling tinggi pada krupuk udang sebesar 4,35% dan paling rendah pada krupuk kembang tahu sebesar 0,07%. Kandungan lemak krupuk mentah umumnya rendah, namun krupuk mentah tidak umum dimakan langsung melainkan harus digoreng terlebih dahulu baru layak dimakan. Setelah digoreng, kandungan lemak meningkat menjadi 20– 30 kali lipat tergantung pada bahan tepung yang digunakan dan cara menggoreng (ditiriskan atau tidak); dengan demikian krupuk goreng dapat merupakan sumber konsumsi minyak dari hidangan secara tidak sengaja sehingga menguntungkan bagi yang membutuhkannya namun merugikan bagi kelompok yang harus membatasi konsumsi minyak.

d. Mineral, paling tinggi dikandung krupuk aci sebesar 3,81% dan paling rendah pada krupuk kulit sebesar 0,04%. Mineral ini umumnya terdiri dari kalsium, fosfor, besi dan mineral lainnya yang berasal dari tepung tapioka, terigu, kedele, ikan dan udang yang merupakan bahan dasar dan krupuk.

e. Monosodium glutamat (MSG),  paling tinggi pada krupuk aci sebesar 5,2% dan paling rendah pada krupuk Sidoarjo sebesar 0,8%. Kerupuk mengandung natrium glutamat sebesar 0,8 g – 5,3 g per 100 g (rata-rata 3,05 g per 100 g). Kelompok glutamat sebagai garam kalsium, kalium dan natrium merupakan kelompok bahan tambahan makanan (BTM) yang berfungsi sebagai penguat rasa atau meningkatkan rasa enak dalam pembuatan makanan olah. Batas penggunaan glutamat sebagai mononatrium glutamat (MSG) berkisar antara 0,3– 0,5 g per 100 g.

2.    Cokelat
Tambahan susu dan gula pada produk cokelat yang dijual di pasaran sekarang ini dapat menaikkan berat badan kita.

Untuk menghindarinya, pastikan cokelat yang kita beli adalah jenis dark chocolate.  Atau lebih baik lagi jenis  extra dark chocolate karena sedikit mengandung gula. Kita juga harus tetap membatasi asupan cokelat, 2-3 keping kecil sekali makan. Jika ingin lebih sehat, alihkan stres dengan relaksasi, berolahraga atau mengkonsumsi rujak, lotek dkk yang berbahan dasar sayur dan buah…

3.    Kopi
Minuman favorit  ini memang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan kita. Tapi, minum terlalu banyak kopi dapat berpotensi meningkatkan produksi asam lambung yang membuat kita menjadi mual dan ingin muntah. Kopi juga tidak disarankan dikonsumsi oleh para penderita gangguan jantung, karena kopi membuat jantung berdebar lebih kencang. Dianjurkan agar kita hanya mengkonsumsi 2 cangkir kopi setiap harinya. Pilihlah jenis kopi yang rendah atau tanpa kafein, seperti kopi Arabika memiliki kadar kafein yang lebih rendah dari kopi Robusta…

Yuk lebih cermat dalam memilih makanan ya ….

Semoga bermanfaat ^^

Wallahu’alam bishawab.

 

@nurlienda

Advertisements

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s