Porsi Makan?

Bismillah,

Sebenernya, berapa c porsi makan saya setiap hari?

Apakah 1 piring penuh nasi, lauk dan 1 mangkuk sayur setiap kali makan sudah cukup?

 

 

Pernahkah sahabat memikirkannya?

Atau bahkan tidak pernah, terutama utuk orang2 yang tergila-gila dengan makanan alias member of food culinary aka wisata kuliner minded ^^

Berikut sedikit penuntun mengenai porsi makan :

 

Anjuran Makanan Rata-rata Satu Hari untuk Orang Dewasa menurut Golongan Umur

GolonganUmur

(Tahun)

Berat Badan (Kg) Nasi Lauk Sayuran Buah Minyak Gula Pasir Garam
Hewani Nabati
100 gram/ ¾ gelas 40 gram/ 1 potong 50 gram/ 2 potong 100 gram/ 1 gls 100 gram/ 1 ptg pepaya 5 gram/ ½ sdm 10 gram/ 1 sdm 3 gram/ ¼ sdt
Laki-Laki
16-19 56 8x 3x 3x 1 ½ 3x 5x 4x 2x
20-45 62 9 ½ x 3x 3x 1 ½ 3x 5x 4x 2x
46-59 62 8x 3x 3x 1 ½ 3x 5x 4x 2x
≥60 62 6 ½x 3x 3x 1 ½ 3x 4x 4x 1x
Perempuan
16-19 50 5x 3x 3x 1 ½ 3x 5x 4x 2x
20-45 54 6 ½ 3x 3x 1 ½ 3x 4x 4x 2x
46-59 54 6x 3x 3x 1 ½ 3x 4x 4x 2x
≥60 54 4 ½ 3x 3x 1 ½ 3x 4x 4x 1x

Keterangan:

  1. Anjuran makan ini berlaku untuk orang sehat dengan aktivitas sedang
  2. Bahan makanan yang tertera dapat ditukar dengan bahan makanan lain dari golongan yang sama, sesuai dengan satuan penukar
  3. 100 gram nasi, berasal dari 50 gram beras
  4. Lauk, sayuran, dan buah diukur dalam keadaan mentah

Apakah setiap orang kebutuhannya sama?

Tidak,

Setiap orang memiliki kebutuhan energi, protein, lemak, vitamin dan mineral yang berbeda. Tabel diatas hanya sebagai panduan rerata, namun hasil pastinya dipengaruhi beberapa hal yakni:

a. Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik terbagi tiga yakni ringan, sedang dan berat

Akivitas berat: petani, kuli, buruh, kusir, tukang becak, supir,

Aktivitas sedang: pedagang, pengrajin, kerja kantoran, mahasiswa,

Aktivitas ringan: aktvitas sehari-hari (tanpa pekerjaan), siswa tanpa aktif berorganisasi maupun aktivitas olahraga secara rutin

b. Kecepatan metabolisme

Metabolisme zat gizi di dalam tubuh tiap orang berbeda, tergantung gen, bahan baku yang tersedia di dalam tubuh dan kemampuan tubuh dalam menyerap makanan. 20 jenis mineral dan 13 jenis vitamin dan serat dapat mempengaruhi kecepatan dan pembakaran energi. Sehinggga jika kita kekurangan dalam jumlahnya akan menghambat kecepatan penyerapan dan pembentukan energi dan begitu pula sebaliknya.

c. Faktor stress

Stress dapat berupa stress fisik seperti akibat trauma (kecelakaan, benturan dengan benda keras, luka baik terbuka, tertutup maupun luka baar) dan stress berupa mindset yakni ketidakseimbangan antara keinginan dengan kenyataan ^^

Sehingga kebutuhan zat gizi menjadi meningkat akibat peningkatan kebutuhan tubuh untuk merecovery dan sebagai sistem kontrol hormonal.

Jadi, Makan bukan sekedar untuk menghilangkan lapar aja, tapi yang utama adalah memberikan bahan baku untuk menjaga kesehatan tubuh dengan memasukkan bahan makanan yang kaya zat gizi, baik mikro maupun makro ya ^^

 

(This dish are recomended, Hope i’ll have it someday, Attractive and had a lot of use for portion control— Bukan iklan)

 

 

Wallahu’alam bishawab

Semoga bermanfaat

Advertisements

2 thoughts on “Porsi Makan?

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s