Diet?

Bismillah,

Are You on Diet?

Dalam bahasa Indonesia, diet dipahami sebagai pembatasan makan.

Bukan pola makan. Pembatasan makan bukan berasal dari pemahaman dan pilihan pelaku, melainkan atas anjuran atau perintah atau paksaan orang lain…

“Saya tidak boleh makan ini” sangat berbeda dengan “Saya memilih untuk tidak makan ini dan itu”.

Kalimat pertama mengandaikan ada sesuatu diluar sana yang membuat saya utntuk tidak makan sesuatu. Ini sangat rentan kekuatannya. Karena tergantung pada Si Pembuat Aturan! Sedangkan pada kalimat kedua, secara aktif saya membuat pilihan, maka sayalah Sang Penentu. Kekuatan pilihan itu dijalankan ada pada saya. Konsekuensinya saya tidak lagi merasa sebagai korban atas aturan yang dibuat seseorang, namun saya bertanggung jawab untuk pilihan saya itu, karena… saya paham  (dr. Tan Shot Yen)

Itulah filosofi seorang konselor gizi, mengarahkan, sedang pembuat keputusan adalah klien itu sendiri..

Agar setiap keputusan yang diambil bisa dilakukan dengan senang hati, bukan sebuah keterpaksaan apalagi atas perintah orang lain… Hal ini yang membuat kepatuhan diet seseorang berlangsung lama atau hanya seumur jagung…

Nah, Mau tau cara berdiet yang tepat?

balance diet

Follow us @nurlienda

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

