Mengenal Perkembangan Anak Lebih Dekat

Bismillah,

Apa yang terlintas ketika mendengar pertumbuhan dan perkembangan manusia?

Perkembangan Janin, bayi, anak, dewasa atau bahkan lansia ?

Sebenarnya, apakah pertumbuhan dan perkembangan itu?

Ingat pelajaran biologi ketika SMA dulu?

Kita pernah membahasnya, namun kesempatan ini kita akan fokus pada Pertumbuhan dan Perkembangan Anak.

#Pertumbuhan berkaitan dengan perubahan secara berkala dalam ukuran tertentu (gram, kg, cm dan m)

Perkembangan berhubungan dengan bertambahnya kemampuan anak dalam fungsi dan struktur tubuhnya. Perkembangan lebih komplek karna mencakup perubahan emosi, kecerdasan dan tingkah laku anak. Merupakan hasil dari proses yang tersusun dari kemampan sel, jaringan, organ hingga sistem organ yang berkembang guna memenuhi fungsinya masing-masing seperti sistem pernafasan, keseimbangan tubuh anak dsb.

Mengenal Perkembangan Anak Lebih Dekat

Sumber gambar http://www.google.com

#Perkembangan anak mencerminkan peningkatan kesempurnaan fungsi tubuh dan indikator dalam menilai kualitas hidupnya

Pemantauan berkala menjadi penting, karena akan mempengaruhi kehidupan mereka di masa yang akan datang. Bayi dan anak memiliki risiko tinggi terjadinya penyimpangan perkembangan, terutama yang memerlukan prioritas utama seperti bayi prematur, berat badan lahir rendah (kurang bulan dan < 2,5 kg ketika lahir), ibu memiliki riwayat kencing manis.

Faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak yakni:

a. Keturunan

Etnis dan jenis kelamin mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan. Anak laki-laki setelah lahir cenderung lebih besar dan tinggi daripada perempuan, terlihat jelas ketika menjelang masa puber.

b.  Lingkungan

A.  Lingkungan dalam rahim

Ibu hamil yag kurang mendapat asupan gizi, mengalami gangguan seperti kencing manis, terpapar radioaktif, mengalami infeksi rubella, toxoplasmosis,sifilis dan herpes, beresiko memiliki anak yang mengalami gangguan tumbuh kembang.

B.  Lingkungan setelah lahir

1.   Pemenuhan Gizi

Pemberian makan pada bayi dan anak merupakan pintu gerbang dalam pemenuhan gizi pada anak. Kebutuhan gizi anak akan terus meningkat seiring bertambahnya usia. Adapun cara pemenuhan gizi ini mengikuti pedoman gizi seimbang. Cara mengevaluasi pemenuhan gizi anak dapat dipantau melalui status gizi anak disini.

2.   Budaya yang berlaku

3.   Status sosial dan ekonomi keluarga

Status sosial dan ekonomi keluarga berpengaruh kepada akses makanan, ketersediaan makanan dan juga variasi makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Walaupun status sosial ini tidak akan banyak berbeda pengaruhnya jika dasar pemahaman mengenai makanan bergizi seimbang belum didapat atau belum dilaksanakan di keluarga tersebut.

4.   Iklim/cuaca

5.   Olahraga/latihan fisik

Olahraga dan latihan fisik pada anak yang dilakukan secara rutin, akan membentuk massa otot lebih banyak, dan akan meningkatkan kebugaran, pertumbuhan dan perkembangan anak lebih optimal. Jadi jangan biarkan anak terlalu lama berdiam diri pasif, ajaklah ia melakukan aktivitas yang melatih motorik kasar, halus dan juga fisiknya secara lengkap dan bertahap sesuai kemampuan. Berbahagialah jika anak Anda aktif, senang berlarian dan melakukan aneka aktivitas fisik lainnya, yang perlu diperhatikan adalah keamanannya.

6.   Posisi si kecil dalam keluarga

7.   Status kesehatan

Anak yang sehat, terbebas dari berbagai penyakit infeksi maupun penyakit lain akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan lebih optimal dibandingkan anak yang mengalami berbagai masalah kesehatan. Jika ada keluhan mengenai kesehatan, bersegeralah kunjungi tenaga kesehatan terdekat.

Semoga bermanfaat…

@nurlienda

Advertisements

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s