A Health Trainer, One of my profession dreams

Bismillah,

This is one of my profession dreams, Become a Health Trainer.

The story start here,

Let me introduce myself,

My name is Nurlienda Hasanah, i’m a barchelor of health nutrition of Brawijaya University.

I’ve study in Politeknik Kesehatan Depkes Bandung Jurusan Gizi in 2006-2009.

After that, i’ve join a community program as Nutrition Trainer in 11 city, West Java.

Sebuah mimpi untuk menjadi trainer tumbuh pada saat menjadi Pembina Karisma ITB, walaupun hanya ikut selintas, namun itu manjadi gerbang dalam mengenali dunia trainer and now I wanna be a health trainer. Alhamdulillah, mimpi untuk menjadi health trainer pernah tercapai, saat saya diberikan kesempatan untuk menjadi trainer kader posyandu balita di 11 kota yang tersebar di Jawa Barat. Pengalaman itu membuat saya semakin merasa mantap untuk terjun ke bidang ini.

Setelah proyek LSM tersebut selesai, saya melanjutkan kuliah di Brawijaya, disana, Allah swt telah mengarahkan saya untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang banyak bersinggungan dengan seorang trainer, alhamdulilah. Dalam pemahaman saya, seorang trainer itu haruslah memiliki 5 karakter utama yakni Edukator, Motivator, Fasilitator, Akseletor dan Inspirator. 5 Komponen tersebut memberikan dampak yang nyata akan profil dan “soul”nya seorang trainer.

Kondisi di lapangan, baik ketika bekerja, praktek selama kuliah, menunjukkan bahwa gaya hidup sebagian besar masyarakat di Jawa Barat maupun Jawa Timur telah terakulturasi gaya hidup barat, yag mana, propaganda seperti merokok, fastfood, seks bebas, individualis (pudarnya rasa empati dan semangat saling membantu dan mengingatkan dalam hal-hal vital seperti kebersihan, keteraturan dan kesehatan masih tabu atau terlupakan), materialistis dan kebiasaan makan sembarangan (asal kenyang, menarik nafsu makan, tanpa fikir asal usul dan efeknya terhadap tubuh) terjadi akibat kurangnya informasi maupun kesadaran individu maupun masyakat.

Becoming a health trainer, Salah satu bagian nutrition and health education dalam membangun masyarakat yang melek gizi dan kesehatan serta mengaplikasikan secara sadar dalam kehidupan sehari-hari guna memberikan, membangun generasi indonesia yang lebih baik (lebih sehat, lebih berakhlak mulia dan ber”passion” terhadap makna hidupnya). Seringkali orang-orang yang bermasalah dengan kesehatan, pada awalnya memiliki masalah kronis dalam jiwanya, baik itu tujuan hidup, kepercayaan terhadap penciptaNya maupun kontrol emosi yang kurang baik, menjadi cita yang saya pupuk hingga kini.

Oleh karenanya, saya tertarik untuk menjadi a Health Trainer. Semoga saya bisa menjadi the next health trainer yang bisa dirasakan manfaatnya oleh keluarga, tetangga, masyarakat sekitar dan Indonesia secara luasnya. Wallahu’alam bishawab.

Mohon doanya para sahabat, guru, dosen dan semua rekan-rekan sejawat…

Jzk khoir atas kepercayaan dan ilmunya…

Semoga allah swt senantiasa memberikan keberkahan ilmu, usia dan rezeki.

Dan akan banyak trainer-trainer kesehatan lainnya yang dapat memberikan secercah harapan untuk Indonesia pada masa yang akan datang.

@nurlienda

Advertisements

2 thoughts on “A Health Trainer, One of my profession dreams

  1. Pingback: Sudahkah Kita Menemukan Tujuan Hidup ? | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s