Becoming Health Trainer

Bismillah…

Trainer Kesehatan, istilah yang unik, mengedukasi Ilmu Gizi dan Kesehatan pada Anak, Ibu dan Pengasuh serta orang dewasa dalam lingkup Gizi Keluarga adalah bidang yang kami geluti.

Hidup sehat, adalah harapan semua orang..

Walau berbagai kendala hadir dalam mewujudkannya, mulai dari akses informasi yang terhambat, layanan fasilitas yang kurang mendukung atau bahkan lingkungan yang kurang bisa diajak bekerja sama. Banyak faktor dituding sebagai penyebab angka kesakitan di negara ini makin meningkat tiap harinya.. Padahal layanan kesehatan, akses informasi sudah digembar-gemborkan di penjuru Nusantara. Namun lagi-lagi kesadaran pribadi untuk mendapatkan dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari masih belum optimal…

Kehadiran Trainer Kesehatan seolah menjadi penghilang dahaga di hari yang terik..

Berbagai upaya pencegahan yang diinformasikan dan pengalaman-pengalaman yang dibagikan, membuat peserta training kesehatan memiliki pemahaman yang mulai memadai dan menjadi tonggak perubahan dalam mindsetnya.. Kondisi ini dikenal dengan tahap penyadaran… Orang yang sadar akan kondisi dirinya dan orang-orang di sekitarnya, memiliki beberapa ciri yakni:

1. Menyadari sesuatu yang dianggap menjadi masalah

2. Tidak nyaman dengan kondisi tertentu, yang bertolakbelakang dengan kaidah-kaidah yang dipahami

3. Siap memperoleh berbagai informasi dari berbagai pihak

4. Mencari dan mendalami berbagai kemungkinan yang bisa ditempuh untuk menyelesaikan permasalahan dan kondisi yang menghambatnya…

5. Berusaha mengamalkan sesuatu yang dianggapnya penting dan memiliki efek terhadap diri dan lingkungannya.

Ciri-ciri diatas merupakan indikasi adanya perubahan ke arah positif jika dibarengi dengan kesadaran akan definisi tertentu. Misalnya mengenai kesehatan, seseorang yang saat ini menyadari ada beberapa hal yang mengganggu kebugaran dan aktivitasnya akan berusaha untuk mencapai derajat kesehatan yang diinginkan… Inilah yang ditanamkan seorang edukator. Fungsi trainer adalah membuat perubahan dari yang asalnya tidak tahu menjadi tahu, tidak bisa menjadi bisa, sekedar tahu jadi aplikasi dsb,  hal ini bisa berlangsung apabila cara berkomunikasi antara kedua pihak trainer dan trainee berjalan mulus terhadap konten kegiatan yang diberikan….

Health Trainer, is mypassion

I’d love to make people care about himself and others beside them.

I like to grow up with children, adult, parents and another components, to learn about nutrition, health and their lifestyle.

Make a better generation, productive and keep healthy..

Insya allah…

@nurlienda

Advertisements

One thought on “Becoming Health Trainer

  1. Pingback: A Health Trainer, One of my profession dreams | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s