Yuk Siapkan Makanan selama Camping

Bismillah,

Camping, sebuah aktivitas outdoor yang menyenangkan…

Menyiapkan makanan selama camping itu butuh perencanaan, agar tak kebingungan dan kehabisan bekal atau bahkan kelebihan item yang dibawa… Bawa balik lagi itu repottt….

Lalu, apa makanan yang perlu disiapkan selama camping ?

1. Pahami kebutuhan 

Setiap orang punya kebutuhan yang berbeda dan cara yang berbeda untuk mengisinya.

Ketika Anda bepergian, sediakan air dalam wadah yang aman.. Kenali ritme tubuhmu.. Ketika berkeringat, cairan yang keluar tubuh Anda perlu diganti, dan ketika keringat berlebih, minuman ber-ion merupakan salah satu cara untuk menggantinya… Dan tahukah Anda, bahwa kekurangan cairan ketika bepergian, akan membuat tubuh kelelahan…

Penelitian yang dilakukan ahli hidrasi dan kinesiologi Universitas Connecticut, Amerika Serikat, Lawrence E Armstrong, dan ahli neurokognisi dari Institut Kedokteran Lingkungan, Pusat Penelitian Angkatan Darat AS di Natick, Massachusetts, Harris R Lieberman, tahun lalu, menunjukkan, dehidrasi ringan bisa mengurangi kemampuan berpikir, berkonsentrasi, kemampuan mengingat, hingga memacu emosi yang mengganggu suasana hati (mood). Dampak dehidrasi terhadap kemampuan kognitif dan suasana hati lebih rentan bagi perempuan dibandingkan laki-laki. Saat cairan tubuh berkurang 1,3 persen, gangguan kognitif dan suasana hati sudah terjadi pada perempuan. Dalam kondisi ini, perempuan menjadi lebih cepat lelah, mudah marah, bingung, mengantuk, hilang konsentrasi, pusing, dan kesulitan dalam menyelesaikan tugas. Kondisi ini akan menjadi masalah tersendiri jika tidak tertangani…

”Perempuan lebih rentan terhadap dehidrasi karena memiliki komposisi lemak lebih tinggi dibanding pria. Sedangkan pria memiliki komposisi otot yang lebih tinggi. Selain itu, komponen air pada perempuan lebih rendah dan ada faktor hormonal yang membuat mereka lebih sensitif terhadap kekurangan cairan,” kata dokter spesialis gizi klinik sekaligus dosen Departemen Ilmu Gizi FKUI, Luciana B Sutanto.

Persentase tingkat dehidrasi sama dengan persentase penurunan berat badan. Oleh karenanya manajemen hidrasi menjadi kunci dalam manajemen perjalanan.

Perlukah membawa air sebanyak mungkin?

Bawalah secukupnya, kita bisa merefill cairan dari alam jika memenuhi kriteria air yang baik, yakni tidak berasa, bewarna dan berbau dan bersumber dari air yang mengalir… Sedikit tips, jika Anda harus mengkonsumsi air yang tidak memenuhi kriteria diatas dan tidak bisa memasaknya, Anda bisa menggunakan karbon aktif yang dikenal dengan norit. Namun hati-hati dalam penggunaannya, Norit yang digunakan jika untuk menjernihkan air, perlu untuk diendapkan.. bukan terkocok terus menerus.. Kotoran yang terikat akan mengendap, itulah yang perlu dipisahkan dan dibuang.. Bukan meminum dalam kondisi tercampur…

2. Pilih makanan yang full density

Ketika beraktivitas outdoor dan memasak makanan dalam kondisi terbatas, ada baiknya kita membawa makanan-makanan yang “compact”. Kaya gizi dengan jumlah yang memadai. Sebagai contoh, ketika Anda akan bepergian selama 7 hari, pilihlah makanan yang ready to eat pada hari-hari awal, sebagai contoh :

a. Pisang, sebagai sumber karbohidrat dan zat besi yang mudah serap.

b. Kurma dan madu, sebagai energy booster, better than chocolate.

c. Gula merah, sebagai pengganti karbohidrat sederhana, jika kondisi hipoglikemi alias kadar glukosa darah menurun…

d. Beras dan Roti, sebagai karbohidrat kompleks, sumber tenaga dan serat… Oatmeal dan sereal lain bisa digunakan untuk membantu mengurangi waktu masak dengan memberikan nilai kalori/energi yang sama

e. Lauk dalam kemasan, baik sarden, kornet maupun makanan kaleng lain adalah salah satu pilihan sebagai sumber protein, maintain komponen otot agar tak terurai berlebih dan menghemat pemecahan kalori tubuh. Tempe kering pun bisa menjadi pilihan. Sosis dan nuget akan lebih tahan lama jika digoreng terlebih dahulu dan tinggal dipanaskan ketika akan dikonsumsi.

f.  Sayur sebagai sumber serat, vitamin dan mineral sebagai endurance tubuh, ketika bepergian…

Wortel, Labu siam, Buncis, Mentimun dan tomat bisa menjadi pilihan. Ketika berada di alam dan Anda bisa memastikan bahan makanan tersebut aman, seperti daun poh-pohan, batang pisang, jantung pisang, pakis dkk, bisa digunakan, tapi, jangan lupa untuk membersihkannya dengan baik dan merebusnya minimal 2x.

g.  Buah, yang awet adalah yang berkulit dan mengandung cukup cairan. Kandungan vitamin dan mineralnya menjadi antioksidan tubuh yang dibutuhkan. Buah merupakan sumber yang paling pas untuk tubuh. Semua buah bisa digunakan, tingkat kematangan menjadi kuncinya..

Komposisi bahan makanan diatas diatur sebaik mungkin, untuk mengurangi overload akan beban bawaan and fulfill body needs..

 

Being a nutritionist is one of myprofession that i’ve to do now

It’s like a dream project, to fulfill people needs.

Based on experience when I have a responsibilities to generate it in DIKLATSAR KORSA (Korps Relawan Salman ITB) Batch 5.

Semoga bermanfaat……

Wallahu’alam bishwab

Menyiapkannya merupakan kunci dari keberhasilan selama perjalanan Anda ^^

@nurlienda

Advertisements

One thought on “Yuk Siapkan Makanan selama Camping

  1. Pingback: 5 Cara Mengolah Makanan saat Camping | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s