Produktif dan Fit saat Ramadhan, Part 2

Bismillah…

Cerdas dan cermat mengkonsumsi makanan saat berbuka, biar tubuh dapet energi bertahap dan gak merusak tubuh

2. Makanan apa aja yang BAIK untuk berbuka?

Fase ketika awal berbuka

#Bukan sekedar berbuka dengan yang manis

3 Tingkatan Bahan Makanan untuk Berbuka

a.  Kurma atau aneka buah segar

Kurma, sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah, adalah karbohidrat kompleks, yang  mudah cerna dan diserap. Glukosa ini penting untuk sel, otak dan syaraf. Bikin tubuh fresh! Kurma =  buah2an lainnya seperti semangka, pepaya, melon dsb, mereka mengandung fruktosa bukan sukrosa yang bersumber dari gula.

        b. Jus Buah tanpa gula dan susu (Pake madu masih ok)

             Walau beberapa enzim tidak bisa optimal, tp ini bisa membooster energi dg baik dan menyegarkan

        c. Olahan yang menggunakan gula (sup buah, sirup) dan dimasak seperti kolak dsb. Makanan2 tsb biasanya menggunakan gula sederhana (termasuk permen, coklat, kue2 manis dsb). Bahan makanan ini akan menyebabkan kadar gula darah kita yang semula menurun karena berpuasa akan melonjak naik secara drastis dan terkadang ini menjadi  tidak sehat.  Respon tubuh ketika menerimanya adalah melepaskan insulin dengan cepat, membuat pankreas berusaha keras untuk memprodukisnya, dan jika ini dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan berkurangnya kemampuan memproduksi insulin yang bikin jadi kencing manis pada akhirnya…Tapi jika Anda terkena hipoglikemi, ini salah 1 energy booster. But be carefull to use it! Jika salah kaprah memicu rasa cepat lapar padahal kita akan shalat magrib dulu… setelah membatalkan shaum…

        #Makan dengan porsi kecil dan kunyahlah sebaik mungkin

Konsumsi makanan dengan jumlah secukupnya, berisi sumber karbohidrat + Protein + sayur + lemak.   Idealnya porsi untuk dewasa 1-2/ itemnya.

        #Minumlah sedikit2 diantara waktu berbuka hingga sesaat sebelum tidur

Minuman yang paling PAS adalah fresh water, jika Anda memiliki tanda2 dehidrasi (bibir pecah2, ir kencing bewarna kuning, tidak jernih dan merasa panas ditenggorokan) better minum air kelapa, tanpa penambahan gula, sirup maupun susu. Kandungan elektrolitnya paling mendekati komposisi tubuh dan dia bisa memancing kita untuk meminum air lebih banyak.. Usahakan mengkonsumsi cairan 8 gelas/hari ya, dibagi2 aja, biar gak kembung ^^

         #Konsumsi extra buah dan Kacang2an

Konsumsi buah dan kacang2an setelah makan utama dan sesaat sebelum tidur. Berfungsi dalam menambah asupan vitamin, mineral dan serat.  Makanan kaya serat ini bisa membantu mengatasi kenaikan asam lambung yang berlebih, memicu aksi otot dalam pencernaan dan mencampur makanan di dalam lambung dan penyerapannya di usus dengan mengatasi kelebihan asam empedu sehingga kinerja pencernaannya menjadi optimal.

            3. Perhatikan hal2 yang sebaiknya dibatasi bahkan tidak dilakukan saat sahur maupun berbuka

         #Makan terlalu kenyang;

Makan yang terlalu kenyang menyebabkan gangguan pencernaan.  Makan secara berlebihan dalam Islam jelas dilarang Nabi SAW telah memberi tuntunan bahwa perut sebaiknya terdiri tiga bagian 1/3 bagian makanan, 1/3 air dan yang penting juga 1/3 udara. Jika jumlah makanan dalam lambung terlalu banyak atau melebihi kapasitas enzim pencernaan yang yang diproduksi, maka makanan tidak tercerna dengan sempurna. Makanan yang tidak tercerna sempurna ini kemudian masuk ke usus dan menyebabkan fermentasi, salah cerna, dan menimbulkan gas. Akibat makan berlebihan menimbulkan gejala berupa rasa sakit perut dan perut terasa penuh dan membengkak, hal ini dibuktikan dengan bersendawa (belching) yang keras bertubi-tubi. Gejala ini terutama ditemukan pada meraka yang bergantian menelan dan mengeluarkan udara. Bila tidak dapat bersendawa, maka perut akan terasa kembung (meteorismus) dan kentut (flatus) yang tidak berbau. Selain perut menjadi tidak enak juga dapat berakibat muntah dan diare serta menurunnya kebugaran. Padahal kita akan melaksanakan tarawih….

Makan berlebihan mengakibatkan saluran pencernaan bekerja keras sehingga tubuh jadi lemas dan malas. Kenaikan gula darah yang melonjak yang mengakibatkan produksi insulin melimpah ruah memicu asam amino masuk ke dalam otak kita dan akibatnya kita menjadi mengantuk, jadi tidak heran jika kita kenyang maka kawannya adalah mengantuk.

#Makan makanan yang didominasi oleh goreng-gorengan;

Hindari makanan yang digoreng (deep fried) terlalu banyak karena dapat menimbulkan berbagai keluhan seperti mual, heart burn, kembung, dan peningkatan berat badan. Selain itu membuat perut terasa kenyang, padahal asupannya miskin zat gizi.

#Minum Teh, Kopi atau Minuman Ringan yang mengandung kafein dan gula serta mengandung coklat;

Minuman dan makanan tsb ketika sahur sebaiknya diminimalkan atau bahkan dihindari karena bersifat diuretik, maksudnya tidak memberikan air untuk tubuh tapi malah menghabiskannya. Ini karena pemrosesan gula tingkat tinggi pada softdrink dkk memerlukan sejumlah besar air dalam tubuh. Minuman dan makanan yang mengandung kafein bersifat diuretik, dapat menimbulkan keluhan sakit kepala akibat dari efek ketagihan, iritabiitas dan mood swing alias GALAU. Hati2 ya, para pecandu kafein, jika kadung, minum air putih sebanyak2nya ya, untuk menetralisirnya ^^

Wallahu’alam bishawab,

Semoga bermanfaat

Advertisements

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s