Benarkah Telur Puyuh lebih baik dari Telur Ayam?

Bismillah,

Telur terkenal akan kandungan proteinnya yang tinggi dan mudah dicerna tubuh…
Telur puyuh mengandung 13 persen protein, telur ayam hanya 11 persen. Telur puyuh mengandung 140 mu-g vitamin B1, sedangkan telur ayam  50 mu-g . Kandungan vitamin A dan B2 telur puyuh 2x telur ayam. Telur puyuh memiliki zat besi dan potasium 5x lebih banyak daripada telur ayam.

Benarkah Telur Puyuh lebih baik dari Telur Ayam?

Telur puyuh kaya akan kolin. Kolin berperan penting di dalam tubuh, terutama bagi perkembangan fungsi otak. Peran kolin sebagai komponen asetilkolin yang berfungsi sebagai pengantar sinyal saraf. Asupan kolin yang cukup akan membantu kerja sinyal saraf pada otak, sehingga dapat memperkuat daya ingat anak-anak dan menghindari kepikunan pada orang lanjut usia (lansia). Seratus gram telur puyuh dan telur bebek mengandung 263,4 mg kolin, lebih tinggi daripada kolin yang terdapat pada telur ayam.

Benarkah Telur Puyuh lebih baik dari Telur Ayam, tabel komposisi zat gizi telur ayam dan telur puyuh

Telur puyuh tidak memiliki kolesterol jahat (LDL) dan sangat kaya dengan kolesterol baik (HDL). Tak seperti telur ayam, telur puyuh tidak menyebabkan alergi. Malah, telur puyuh bisa membantu mengatasi gejala alergi. Karena mengandung protein ovomucoid, yang dipakai untuk produksi obat antialergi.

Dengan berat 10 gram hingga 12 gram, satu butir telur puyuh berisi banyak unsur yang dibutuhkan agar tubuh. Nilai gizi telur puyuh 3-4x lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam, yang memiliki berat 50 hingga 70 gram per butir.

Mengonsumsi 3-5 butir telur puyuh setara 1 butir telur baiknya < 4x/minggu merupakan batas aman menurut sebagian penelitian. Namun sebaiknya makanan yang dikonsumsi itu bervariasi setiap harinya… karena tidak ada satupun bahan makanan yang lengkap kandungan zat gizinya, melainkan saling melengkapi satu sama lain…

Ingatlah prinsip gizi seimbang…
Beragam aneka jenis makanan dengan porsi yang disesuaikan kebutuhan tubuh masing-masing.
Lengkapi pula dengan cara pengolahan dan penyajian yang bersih, sehat dan sesuai…
Benarkah Telur Puyuh lebih baik dari Telur Ayam, heirloom veg and quail eggs, alternatif menu telur puyuh
Semoga bermanfaat,
Wallahu’alam bishawab….

 

Advertisements

5 thoughts on “Benarkah Telur Puyuh lebih baik dari Telur Ayam?

    • ganti2 aja, mbak.. karena setiap makanan nggak ada yang sempurna.. Kita harus pandai memadu padankan, agar asupan makanan dan minuman bisa penuhi kebutuhuhan tumbuh.. Istilah kerennya gizi seimbang 😀

  1. alhamdulillah bun ternyata manfaatnya jg besar..slma hamil sy eneg mkn telur ayam klw g dibumbui dlu atw diceplok… kdang bosen jg klw dibumbui…pdahal ibu hamil jg butuh protein dr telur…klw m telur puyuh sk bngt …jdi dgnti telur puyuh ja…

    • Manfaat protein bisa didapat dari bagian makanan lain, jk merasa eneg.. karena makanan tidak ada yang sempurna, saling melengkapi..
      Sehat2 ya, selamat menikmati periode kehamilan yang menyenangkan dan menanti kehadiran si buah hati

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s