Manajemen Makanan Pendamping ASI

Bismillah…

5 Tahun pertama bagi anak merupakan masa golden ages seseorang. Makanan merupakan salah satu faktor yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak dapat optimal.

ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi hingga usia 2 tahun.

6 bulan pertama, ASI saja adalah makanan terbaik!

Masa selanjutnya diberikan makanan pendamping ASI (MP-ASI).

Bagaimanakah Manajemen Makanan Pendamping ASI yang baik?

Kapan MP-ASI diberikan?

Pada usia bayi genap 6 bulan adalah waktu terbaik untuk mulai diberikan MPASI karena :

1. Memberikan perlindungan ekstra & besar dari berbagai penyakit.

2. Sistem pencernaannya sudah relatif sempurna dan siap menerima MPASI.

3. Mengurangi resiko terkena alergi akibat pada makanan, sel-sel di sekitar usus belum siap untuk kandungan dari makanan.

4. Melindungi bayi dari obesitas di kemudian hari.

Kenapa harus setelah 6 bulan?

•Jika terlalu cepat (sebelum usia 6 bulan), insting bayi untuk mengisap akan menurun sehingga jumlah ASI yang dikonsumsi juga menurun. Di samping pencernaannya belum sempurna, kekurangan gizi banyak terjadi karena pemberian MPASI yang terlalu dini.

•Jika terlambat (hanya ASI saja setelah 6 bulan ke atas) dapat berdampak negatif bagi pertumbuhannya. Si kecil bisa menderita kekurangan gizi, berat dan panjangnya tidak sesuai dengan yang seharusnya dicapai. Karena ASI sesudah usia 6 bulan sudah tidak bisa mencukupi kebutuhan bayi lagi.

 

Hm, sebaiknya MPASI buatan sendiri atau siap saji?

•MPASI buatan sendiri memberi kepuasan tersendiri bagi Ibu dan Bonding akan semakin meningkat.

Contoh menu MPASI Homemade yang praktis dan bergizi disini

•Pemberian MP-ASI siap saji boleh, asalkan memperhatikan komposisi zat gizi pada kemasan, kesesuaian umur dan tanggal kadaluwarsa.

Tips membuat MP-ASI sendiri:

•Makanan yang dipilih harus bersih, bebas zat kimia yang mengganggu kesehatan.

•Hindari menggunakan Gula, Garam dan MSG.

#TahukahKamu? 63% anak Indonesia usia 6 – 23 bulan tidak mendapatkan makanan pendamping ASI yang bergizi… What a pity!

MP-ASI ada panduannya loh.. dari WHO tahun 2010, isinya:

MP-ASI harus mengikuti 7 kaidah utama yakni:

#1. AGE / Usia

Artinya, MPASI diberikan pada saat yg tepat, yaitu usia 6 bulan. Kalo telat, resikonya: bayi tidak dapat cukup nutrisi untuk pertumbuhan, tumbuh kembangnya lebih lambat, malnutrisi & defisiensi gizi seperti zat besi dll.

#2. FREQUENCY / Frekuensi

Perhatikan frekuensi pemberian MPASI. Di awal mulai makan (umur 6 bln), 1-2x/hari. Lalu tambah jadi 2-3x plus 1-2x makanan ringan. Sejak umur 9 bulan, berikan 3x makan dan 2x selingan makanan ringan. Umur 1 tahun ke atas, kasih 3-4x makan dan 2x selingan.

#3. AMOUNT / Porsi

Jumlah makanan tentu harus diperhatiin ya. Pas baru mulai makan, mulai dengan sesuai selera bayi, lalu tingkatkan secara bertahap. MPASI Umur 6bln (awal) mulai dengan 2-3 sdm setiap kali makan. Tingkatkan secara bertahap sampai setengah mangkok ukuran 250ml utk usia 6-9 bln. MPASI Setelah umur 9-12bln, diharapkan sudah mulai makan setengah-tiga perempat mangkok ukuran 250ml. MPASI Setelah umur 1thn, porsi rata-rata 1 mangkok ukuran 250ml.

#4. TEXTURE / Tekstur

Tekstur makanan sangaaaat penting. Anak kan lagi belajar makan, jadi harus bertahap teksturnya sampai bisa jago makan kayak emaknya ;D

Tahapan tekstur ini jangan terlalu cepet, tapi jangan terlalu lambat juga. Waktu mulai makan umur 6bln, kasih bubur kental atau puree. Jgn terlalu encer atau terlalu kental. Patokannya? Kalo MPASI nya ditaro disendok, sendoknya dimiringin, puree/bubur gak langsung tumpah.

Setelah mulai makan beberapa minggu sampai umur 9 bulan, beri bubur yang lebih kental atau bubur saring.

Mulai umur 9 bulan sudah bisa dikasih makanan cincang halus, yang penting tidak keras, dan mudah dijumput anak. Bagian2 yang sulit dikunyah seperti daging sapi sebaiknya diolah ya… smacam bola-bola daging (terbuat dari cincang daging sapi).

#5. VARIETY / Variasi

Keberagaman makanan adalah kunci gizi seimbang. Karena gak ada satu pun bahan makanan yang mengandung semua zat gizi.

MPASI boleh dimulai dgn bubur serealia atau puree buah. Perkenalkan bahan makanan yang bervariasi. Inget, kebutuhan energi dan zat gizi lainnya meningkat terus, sedangkan cadangan zat besi menurun drastis di usia 6bln.

Sejak umur 6 bulan mulai kenalkan semua variasi makanan: pangan pokok (serealia, ubi2an), buah & sayuran, kacang-kacangan, dan sumber hewani.

Jadi, variasi sama di semua umur (alias sevariatif mungkin), yang berubah hanya tekstur dan jumlah serta frekuensi yang meningkat.

 #6. ACTIVE/RESPONSIVE

Pemberian makan secara aktif dan responsif terhadap bayi/ anak. Gak ada lagi yaa cerita nyalain tv atau jalan keliling komplek biar anak tinggal mangap dan glek ^^.

Respon anak dengan senyum, jaga eye contact, kata-kata positif yang menyemangati. Suapin pelan-pelan, sabar, ceria, penuh humor. Biar makan merupakan kegiatan yang asik gitu loh.

Beri makanan yang bisa dia pegang (seukuran jari, lunak) jadi dia akan ikut makan sendiri. Lah mainan aja masuk mulut apalagi makanan 😛

Jangan ada distraction ya. Biar anak tetap tertarik sama makanannya. Boleh dipangku kalo dia lebih nyaman, tapi jangan gendong jalan-jalan ya 🙂

Poin penting MPASI ketujuh alias terakhir tapi juga yang utama: HYGIENE alias higienis. Pastikan makanan bebas patogen (cuci tangan, pilih mkann segar, simpan+masak dgn baik). pastikan juga MPASI bebas toksin/racun, tidak ada bahan kimia berbahaya, tidak ada tulang/bagian keras yang bisa bikin keselek, tidak panas mendidih…

Manajemen MPASI

Semoga bermanfaat…

Wallahu’alam bishawab….

 

@nurlienda

Sumber:

Kultwit AIMI tentang MPASI dan Bahan Seminar Gizi Optimalkan Golden Ages Anak yang telah dipresentasikan bulan November 2012

 

Advertisements

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s