Berapakah Kalori yang Saya Butuhkan?

Bismillah,

Ketika membeli makanan kemasan, kita disuguhkan dengan informasi nilai gizi pada kemasannya.. Tertulis biasanya kebutuhan kalori rata-rata 2000 kkal. Tapi berapakah Kalori yang Saya Butuhkan?

Dalam istilah medis dikenal Basal Metabolic Rate (BMR) yakni kebutuhan kalori minimal yang dibutuhkan untuk bertahan hidup pada saat kondisi tubuh sedang beristirahat tanpa melakukan kegiatan apa-apa.

Jumlah BMR merupakan jumlah kalori yang dibakar jika kita tidur selama 24 jam. Saat beristirahat, tubuh tetap melakukan pembakaran energi untuk kelangsungan hidup kita, seperti untuk bernafas, sirkulasi, pencernaan, menjaga temperatur tubuh, aktivitas otak dan lainnya.

Untuk perhitungan BMR biasa menggunakan formula Harris-Benedict (1919), yaitu dengan mempertimbangkan tinggi badan, berat badan, jenis kelamin dan usia.

Rumus BMR yang sering digunakan adalah sebagai berikut :

Laki-Laki           : BMR = 66 + (13,7 x BB) + (5 x TB) – (6,8 x umur)

Perempuan       : BMR = 655 + (9,6 x BB) + (1,8 x TB) – (4,7 x umur)

dimana:

BB = berat badan dalam kg

TB = tinggi badan dalam cm

U = umur dalam tahun

Jika kita melakukan kegiatan selain berbaring atau istirahat seperti yang disebutkan di atas, BMR dikali dengan angka aktifitas fisik dibawah ini :

Inactive, Little or no exercise, desk job (sangat ringan):

– Laki-Laki = 1,4

– Perempuan = 1,4

Light, Some light daily exercise (ringan) :

– Laki-Laki = 1,5

– Perempuan = 1,5

Moderate, Regular aerobic exercise (sedang) :

– Laki-Laki = 1,78

–  Perempuan = 1,64

Heavy, Energy-intensive job, serious athlete (berat) :

– Laki-Laki = 2,1

– Perempuan = 1,82

Contoh:

Si Fulanah adalah perempuan, dengan berat 70 Kg, tinggi 167 Cm, umur 28, aktivitas sedang, maka berapakah BMRnya?

BMR = 655 + 672 + 300 – 131 = 1496

Kebutuhan energy = BMR x 1,64 = 2453 kkal

Sekarang giliran Anda, untuk menghitung kebutuhan kalori minimal…

Kalori dibutuhkan untuk memberikan energi pada tubuh kita agar dapat berfungsi dengan baik. Jumlah kalori dalam makanan tergantung dari banyaknya energi yang terdapat dalam makanan. Keseimbangannya terlihat dari kebutuhan = pemenuhan kalori

Jumlah kalori yang dibutuhkan seseorang tergantung dari usia, tinggi badan, berat badan, jenis kelamin dan tingkat aktivitas. Seseorang yang lebih banyak mengkonsumsi kalori daripada yang dibakar dengan aktivitas sehari-hari atau saat olah raga cenderung untuk memiliki kelebihan berat badan (gemuk).

Berapa Kalori yang Saya Butuhkan

Faktanya…

Lemak: 1 gram = 9 kalori

Protein: 1 gram = 4 kalori

Karbohidrat: 1 gram = 4 kalori

Alkohol: 1 gram = 7 kalori

Coba cek, apakah kebutuhan kalori Anda kurang atau lebih dengan makanan yang biasa dikonsumsi?

Jika berbeda, Mari mulai menyesuaikan makanan yang Anda konsumsi dengan kebutuhan tersebut.. Alangkah baiknya dengan berkonsultasi dengan ahli gizinya.

Semoga bermanfaat

@nurlienda

 

Referensi :

Penuntun Diet Instalasi Gizi RSCM

Advertisements

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s