Unforgetable moment on 25 April 2012, Kelas Inspirasi #1

Bismillah…

Mengingat kejadian di tanggal 25 April 2012

Hari istimewa bagi 200 relawan profesional dari Kelas Inspirasi yang mendatangi 25 SD di Jakarta.  Relawan ini berbagi pengalaman tentang profesi mereka. Kelas Inspirasi adalah program dari Indonesia Mengajar, yang menghimpun para relawan meluangkan waktu sehari untuk terjun dan terlibat langsung di dunia pendidikan.

Menjadi salah satu relawan yang terpilih, saya bersyukur karna mendapat kesempatan untuk berbagi dalam Kelas Inspirasi ini. Sebenarnya, bukan pertama kali saya masuk kelas untuk belajar bersama anak-anak, saya bekerja sebagai edukator gizi di beberapa sekolah dasar. Namun, kegiatan ini memiliki tantangan yang berbeda.

Jika biasanya ke sekolah untuk memberikan informasi mengenai gizi. Pada kesempatan ini, saya harus menjelaskan segala hal yang berhubungan dengan profesi saya sebagai ahli gizi spesifiknya trainer gizi dalam waktu 40 menit. Apa yang harus saya lakukan dan ceritakan? Sempat bingung untuk beberapa saat… Apakah anak-anak akan tertarik dan mengerti atau merasa bosan, tapi  ini bagian yang bikin penasaran! Saya merancang kegiatan yang akan dilakukan dengan membuat panel2 yang akan disampaikan, bagaimana cara penyampaiannya dan alokasi waktu…

Beberapa hari sebelum terjun ke lapangan, tim Indonesia Mengajar sempat memberikan beberapa tips untuk membuat kegiatan belajar mengajar di kelas menjadi menyenangkan. Salut,kasih  empat jempol rasanya tidak cukup untuk tim yang sebagian besar adalah para Pengajar Muda! Sepertinya tips mereka tidak hanya berguna saat Kelas Inspirasi ini saja, tetapi juga di saat lain ketika harus berinteraksi dengan anak-anak.. Great tips exactly…

Pagi ini (250412), tim yang terdiri dari Arya Sanjaya (The Computer Specialist), Haris Setiadi SH (The Lawyer), Diah Purnama Sari (The Telephony Expert), Nurlienda Hasanah (The Nutritionist), Tinton Galih Yudhianto (The Banker), Agresty Parasyuanita (The Secretary), drh. Rita (The Veterinary) dan Arnellis (The Facilitator) berkumpul di SDN Kota Bambu 01 Pagi. Kami melakukan pembukaan kelas inspirasi di lapangan dengan dimulai pemberian pengarahan oleh Kepsek Pak Soegito.

Pembukaan kelas inspirasi kelompok 23

And the show time!

Setiap orang memiliki waktu 40 menit untuk berada di dalam kelas.  Bergiliran mengisi dari 1 kelas ke kelas lainnya dengan dibantu fasilitator sebagai timer. Setiap relawan haruslah menjelaskan apa profesi yang tengah dijalankan.. Dan.. bagaimana agar bisa meraihnya… dengan berbagai pendekatan dan cara…

Inilah sedikit gambarannya:

1. Arya

Menjelaskan ke pakar dan manajer IT tentang teknologi komputer terbaru sudah biasa buat Arya Sanjaya. Tapi menjelaskan cara kerja mikroprosesor dan sejenisnya kepada anak-anak, itu baru tantangan yang tidak biasa. Tidak semua bisa dijelaskan dengan mudah, tapi permainanan bola dan tambang sangat membantu..

2. Haris

Haris Setiadi SH ternyata bisa menaklukkan anak-anak bahkan hanya dengan menggantung baju toga pengacara di depan kelas. Bajunya sangat mencolok!

3. Sari

Siapa yang gak pernah telpon? atau siapa yang pernah nelpon pake handphone? itu pertanyaan andalan Diah Purnama Sari untuk menjelaskan alat komunikasi kepada anak-anak. Sebagai generasi yang terlahir dengan bersentuhan pada dunia digital, alat komunikasi menjadi impian banyak anak.

4. Tinton

Pertanyaan yang diajukan waktu pertemuan via conference call sebelum hari H. “boleh tidak saya memecahkan celengan tanah liat di kelas?”. Itu jurus yang mau diberikan oleh Tinton Galih Yudhianto untuk menjelaskan resiko menabung bukan di bank. Tapi ternyata jurus itu tidak jadi dipakai karena resikonya harus membersihkan sendiri….

5. Lienda

Anak yang sehat adalah anak yang bertubuh kuat, tidak sakit, dan ototnya kuat! tidak heran kalau sang ahli gizi Nurlienda Hasanah sangat fasih menjelaskan bagaimana memilih makanan yang tepat untuk tumbuh sehat, karena sering mengajar kader Posyandu. Dokter makanan adalah sebutan yang mudah mereka cerna… Permainan tebak bahan makanan jadi pemancing awal ketika masuk kelas, dan cukup efektif! Terutama untuk anak-anak kelas 3-4!

6. Agres

Tidak usah banyak repot mengajarkan anak-anak tentang pekerjaannya, dari penampilan yang rapi dan apik, anak-anak sudah memahami sebagian pekerjaan Agresty Parasyuanita yang bertanggung jawab atas kelangsungan administrasi dan pekerjaan di kantor. Semua bidang usaha yang mengendalikan adalah Sekretaris, kata Agres, bahkan pekerjaan terpenting di dunia adalah seorang Sekretaris, yaitu Sekretaris Jenderal PBB… setuju!

7. drh. Rita

Profesi yang paling digemari oleh anak-anak adalah jadi Dokter! drh. Rita Oktariani sangat total menjelaskan tugas seorang dokter hewan. Sampai-sampai hamster yang dibawanya waktu pulang diumpetin. Untung ketemu. Coba lihat bagaimana dia menyuntik Shaun the Sheep dan teman-temannya…

8.  Arnel

Sang fasilitator yang bersemangat sejak awal, dari ikutan survei hingga pelaksanaan di sekolah pada hari H. Arnellis tidak pula menyempatkan diri membeli es krim mini jajanan anak sekolah… enak lo..

Heboh saat penutupan. Ketika kegiatan kelas inspirasi berakhir di siang hari yang terik, Kami bak artis yang akan pergi jauh

behind the scenenya bisa dilihat di https://nurlienda.wordpress.com/2012/04/28/kelas-inspirasi-batch-1/

Source:

https://www.facebook.com/notes/arya-sanjaya/oleh-oleh-dari-kelas-inspirasi-indonesia-mengajar-grup-23/10150719734211270

Itulah sedikit pengalaman pada tanggal 25 April 2012..

Hari ini hari adalah hari terakhir pendaftaran #KelasInspirasiBDG! (26 Jan 2013 pukul 23.59)

Silahkan yang belum daftar kunjungi web kami di http://www.kelasinspirasi.org 

It’s a life changing experience, ever!

Advertisements

2 thoughts on “Unforgetable moment on 25 April 2012, Kelas Inspirasi #1

  1. Pingback: Kelas Inspirasi Batch 1 | Family Nutrition

  2. Pingback: Behind The Scene Kelas Inspirasi Bandung 4 | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s