Yuk Tanam Sayur dan Buah Bebas Pestisida, an urban farming starting from our home

Bismillah,

Setiap orang ingin Sehat, Fit dan Aktif.
Namun bagaimana cara meraihnya ?
Sebenarnya saya memiliki sebuah gagasan “Gerakan Tanam dan Konsumsi Sayur Bebas Pestisida”
Namanya tak segegap gempita kemerdekaan yang menjelang, TAPI tunggu dulu…
Sepertinya akan lebih menyenangkan jika kita dapat berbagi info tentang pentingnya, mudahnya dan senangnya melakukan gerakan ini,.
Apa Latar Belakang Aksi ini ?

Akses sayur yang melimpah, bukanlah jaminan konsumsi sayur yang memadai di tingkat rumah tangga. Penanaman dan penggunaan sayur yang tidak ramah lingkungan merupakan cikal bakal kemerosotan fungsi dari sayur terhadap lingkungan maupun tubuh seseorang. Sayur merupakan sumber antioksidan yang umum di konsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Aksi ini bisa dilakukan di sekitar rumah kita. Dan bisa dijadikan sebagai pilot project dengan harapan aksi ini bisa meluas di masyarakat Indonesia nantinya..

Penanaman tanaman di pekarangan bukan hal yang asing, namun mengoptimalkan pekarangan yang terbatas bahkan rumah tanpa pekarangan dengan menanam sayur merupakan aksi nyata meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Penanaman sayur bebas pestisida dengan konsep urban farming adalah salah satu solusi yang kami tawarkan sebagai bentuk pengabdian kami kepada lingkungan sekitar. Tanaman yang Bebas pestisida dan bahan kimia lainnya akan membuat tanah, udara dan air menjadi mempertahankan kondisi bumi yang kian bumi kian mengkhawatirkan… alias terancam.

Penggunaan pestisida dalam peningkatan produksi merupakan upaya yang dilakukan petani untuk mengurangi kerugian akibat serangan hama yang sering menyerang komoditas sayur. Namun demikian, penggunaan pestisida ini sering diabaikan oleh petani maupun konsumen. Oleh karenanya keamanan pangan dalam hal ini sayur menjadi riskan. Karena, berdasarkan kebiasaan dan budaya di daerah ini adalah sebagian sayur dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Dukung gerakan kami dengan memulainya dari rumah, tetangga dan orang-orang di sekitar kita. Gerakan ini dimulai dengan kampanye pentingnya sayur bebas pestisida dalam kehidupan sehari-hari, dilanjutkan dengan training memahami dan mengaplikasikan penanaman sayur bebas pestisida hingga cara mengolah sayur bebas pestisida yang baik dan benar, agar vitamin, mineral, antioksidan dan semua kebaikan sayur dapat diserap tubuh secara optimal.

Apakah kita bisa berkontribusi ?

Sangat bisa… Apapun bentuknya dapat berupa donasi dana, benih-benih sayuran maupun buah, alat-alat dsb kepada lembaga-lembaga sosial dan melalui aktivis lingkungan penggiat berkebun ala urban farming yang tersebar luas. Dan yang terpenting memulainya dari rumah kita 🙂

 

Nurlienda Hasanah, S.Gz

Yuk Tanam Sayur Bebas Pestisida

@nurlienda

Advertisements

One thought on “Yuk Tanam Sayur dan Buah Bebas Pestisida, an urban farming starting from our home

  1. Pingback: Berkebun Bersama Ayah dan Ibu | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s