A Letter for my brother and sister, for fresh graduate

Bismillah,

Image 

 Graduation Days, what a happy ending, ever!

Sebuah gambaran, kehidupan pasca kampus, fresh graduate, sebuah gelar yang akan Kau sandang beberapa saat lagi..

 

Ketika Anda telah menyelesaikan sebuah urusan, maka urusan lain akan menanti Anda..

Ketika lulus, terkadang berbagai pilihan datang bersamaan…

Apakah akan lanjut kuliah, bekerja atau bahkan menikah…

Semua memiliki benefit dan resikonya masing-masing..

 

Namun, apakah yang terbaik untukku?

Mungkin perasaan ini pernah melintas di dalam benakmu,

Wajar…

Saya pun pernah mengalaminya…

 

Saya ingin berbagi sedikit pengalaman…

Sebuah pengalaman yang sungguh Sempurna, menurutku, Sebuah kepingan puzzle milikNya

 

Tanggal 28 oktober 2010

Sebuah tanggal yang berkesan, Wisuda diploma gizi, Nama saya menjadi Nurlienda Hasanah, A.md, Gz, hari kelahiran adik dan keponakan… Alhamdulillah..

Selang beberapa hari sebelum itu, saya menandatangani sebuah kontrak sebagai salah satu trainer gizi di program PRAXIS PKPU, sebuah kesempatan pengabdian kepada masyarakat setelah kuliah. Memilih pekerjaan adalah sebuah seni, dalam prinsip saya, bekerja merupakan sarana untuk mempraktekan ilmu yang telah di dapat selama dibangku kuliah dengan orientasi bukan pada besarnya jumlah gaji yang ditawarkan namun pada apa yang bisa saya lakukan untuk masyarakat dan pengalaman apa yang bisa saya peroleh dari pekerjaan itu. Untuk gambaran, pekerjaan yang bisa saya tekuni bisa dibilang cukup luas, banyak pilihan mulai dari bekerja sebagai PNS di Puskesmas, Rumah Sakit maupun Dinas Kesehatan, menjadi karyawan pada perusahaan makanan seperti produk susu, coklat, permen (yang banyak digemari sebagian besar teman saya) menjadi pengusaha makanan serta sebagai aktivis LSM bidang kesehatan terutama gizi masyarakat. Ketika dihadapkan dengan berbagai tawaran kerja, saya memilih untuk melamar menjadi bagian dari LSM,  karena menurut saya pada waktu itu, bekerja sebagai itu merupakan panggilan jiwa dan paling sreg dibandingkan pekerjaan lain… 

Sebuah asa untuk melanjutkan kuliah sebelum melamar pekerjaan ini sangatlah menggebu.. Namun Allah swt berkehendak lain, ketika saya berusaha untuk melanjutkan pendidikan, ijazah yang terlambat terbit pada waktu itu menjadi ganjalan utama saya tidak lulus sebagai mahasiswa di salah satu universitas…

 

 

Memang tidak semua yang kita inginkan akan dikabulkanNya, Namun Dia memberikan apa yang kita butuhkan, bukan yang apa inginkan…

 

 

9 Bulan saya menekuni profesi sebagai trainer gizi di 10 Kota di Jawa Barat, sebuah pekerjaan yang memerlukan extra adaptasi akibat perpindahannya yang cepat antara 1 kota dan kota lain, 1 kebiasaan dengan kebiasaan lain di masyarakat juga memerlukan kerja tim yang solid. Berbagai pengalaman pun saya dapatkan (alhamdulillah). Selain menjadi trainer gizi, saya mendapat tawaran untuk menjadi seorang konsultan catering, proyek pertama saya adalah catering anak sekolah. Pengalaman baru dengan cara kerja yang jauh berbeda dengan pekerjaan sebelumya.. Jika  dulu pekerjaannya sangat dinamis dilihat dari segi tempat, pekerjaan ini sangat dinamis dalam mengerjakannya, saya belajar banyak hal baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.. pada awalnya saya sempat khawatir, apakah saya mampu untuk melakukannya? Mengingat pada awalnya saya kurang menyenangi bidang food service management. Untungnya patner di tempat saya bekerja senantiasa mendukung dan membimbing, ada kalanya ketika kita merasa sesuatu itu buruk, itu hanya justifikasi awal yang menjerumuskan, don’t judge the books by its cover, merupakan pepatah yang cocok ketika kita berada di lingkungan baru dengan suasana baru ^^.  

 

Tawaran untuk melanjutkan kuliah kembali hadir di akhir Maret 2010. Sebuah asa yang tertunda, tempat menuntut ilmu kali ini lebih jauh dari sebelumnya, Jawa Timur tepatnya… Ada sebuah keraguan akan tempat yang jauh dari keluarga tanpa sanak saudara dan teman bersama untuk meraih cita… sebuah resiko besar yang juga menjadi peluang besar. Sebuah pilihan yang sempat membuat gamang selama beberapa waktu… akhirnya semua kebimbangan itu dapat ditepiskan, setelah mendapat izin dari orang tua dan azzam yang kuat akan niat untuk menuntut ilmu, akhirnya sebuah keputusan besar pada saat itu adalah melanjutkan kuliah, apapun resikonya, karena hanya kepadaNyalah tempatku bergantung….

Kesempatan itu memang hadir di saat yang tepat, ketika saya hendak keluar dari pekerjaan lama sebagai trainer gizi, saya di terima di Universitas Brawijaya.. Membuat keputusan untuk keluar pun semakin mantap dengan meraih asa yang sempat terkubur selama 1 tahun lebih…

 

Ya, Sebuah universitas di Kota Malang yang memiliki tempat, kebiasaan dan budaya yang sangat berbeda dengan kehidupan saya sehari-hari. Sebuah rencanaNya yang begitu Indah… Saya melanjutkan pendidikan pada waktu yang pas, cukup pengalaman untuk bekerja yang nantinya akan sangat membantu ketika melanjutkan kuliah, baik dari segi materiil, maupun nonmaterial..

 

Inilah sepenggal episode dalam kehidupan saya, yang semoga dapat membantu adik-adikku tercinta dalam menggapai asa, apapun itu, baik untuk bekerja, kuliah lagi maupun untuk menikah ^^.

 

 

Beberapa tips ketika akan memilih sebuah pekerjaan (menurut pengalaman pribadi) :

  1. Tentukan prinsip hidupmu terlebih dahulu (visi dan misi hidupmu dalam jangka panjang akan sangat memudahkan untuk mengambil keputusan di saat sulit atau bingung dalam menentukannya)
  2. Pilihlah pekerjaan yang sesuai minat dan kemampuanmu
  3. Buatlah penilaian akan pekerjaan itu secara holistic bisa menggunakan SWOT atau menilai dari sisi positif dan negatifnya untukmu untuk dalam jangka pendek maupun jangka panjang
  4. NIat dalam melakukan sesuatu adalah hal utama, luruskan niatmu, untuk apa bekerja, untuk siapa dan apa motivasi terkuatmu untuk melakukannya. Penentuan niat ini akan sangat membantumu ketika dalam pekerjaan yang kamu geluti menemui berbagai kesulita baik dari segi situasi pekerjaan dan permasalahan2 yang membuatmu seolah akan mundur atau menyerah 
  5. Mintalah petunjuk dariNya, dalam doa2mu, karena sesungguhnya yang dapat menunjukkan jalan yang terbaik, tempat bergantung dan memohon pertolongan hanyalah Dia, Allah swt.
  6. Mintalah pandangan akan pekerjaan yang akan kau pilih dari kedua orangtuamu, jangan lupa minta restu kedua orangtua, karena ridhanya mereka adalah ridha Allah swt juga, jangan sampai dilupakan karena merasa sudah dewasa dan mandiri jadi ambil keputusan sendiri. Karena pada hakikatnya, dirimu masih dalam tanggungjawab orangtuakecuali kamu sudah menikah, jadi tanggungjawabnya ada pada suami bagi para istri dan istri bagi para suami ^^
  7. Gaji bukanlah segalanya, jangan mengambil keputusan untuk mengambil pekerjaan karena dominasi perkara ini, Anda akan terjebak ^^. Lihat kembali biaya2 yang akan Anda tanggung apabila mengambil sebuah pekerjaan sebagai contoh, apabila Anda bekerja jauh dari rumah, lihat biaya utuk tempat Anda tinggal, transport ke tempat pekerjaan, biaya hidup meliputi biaya untuk makan, telekomunikasi, kesehatan dan juga biaya2 lain seperti dana untuk hiburan, untuk pulang ke rumah dsb. Apakah gaji Anda sebanding dengan biaya2 yang Anda keluarkan, jangan sampai besar pasak daripada tiang
  8. Imabalan pekerjaan bukan hanya berupa materiil namun juga non materiil yang sering terlupakan… Mungkin secara gaji, pekerjaan Anda tidak popular atau kurang memuaskan, namun jangan mengesampingkan outcome yang Anda dapatkan ketika bekerja, misalkan ketika Anda bekerja di sebuah instansi, gaji Anda lebih kecil dibandingkan teman2 Anda, namun Anda melihat potensi untuk mendapatkan relasi, kemudahan akses untuk mengasah skill Anda, atau peluang untuk melanjutkan studi dengan beasiswa dari tempat Anda bekerja bukanlah hal yang tidak mungkin, olehkarenanya membuat penilaian secara holistic akan membantu Anda untuk memutuskan bekerja…

Semoga bermanfaat,

Wallahu’alam BIshawab…

 

Re-type from FB

Nurlienda Hasanah, 08 Agustus 2011;05.28)

One thought on “A Letter for my brother and sister, for fresh graduate

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

