Piring MakanKu, Pedoman Gizi Seimbang

Bismillah…

Masih Ingat Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS)?

Itu loh.. 13 Pesan Dasar Gizi Seimbang era 1990an….

Sebenarnya Pedoman Gizi Seimbang diimplementasikan sejak tahun 1955. Pedoman tersebut menggantikan slogan “4 Sehat 5 Sempurna” yang telah diperkenalkan sejak tahun 1952 dan sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam bidang gizi serta masalah dan tantangan yang dihadapi.

Tahun 1990 an kita sudah punya Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS). Lebih dari 15 tahun lalu Pedoman Gizi Seimbang telah dikenalkan dan disosialisasikan kepada masyarakat, namun masih banyak masalah dan kendala dalam sosialisasi Gizi Seimbang sehingga harapan untuk merubah perilaku gizi masyarakat ke arah perilaku gizi seimbang belum sepenuhya tercapai.

Konsumsi pangan belum seimbang baik kuantitas maupun kualitasnya, dan perilaku hidup bersih dan sehat belum memadai sehingga pada tanggal 27 Januari 2014, ada workshop untuk mendapat masukan dari para pakar pemerintah serta non pemerintah, lintas sektor, lintas program dan organisasi profesi. Lahirlah Pedoman Gizi Seimbang yang baru…

Pedoman Gizi Seimbang (PGS) baru ini sebagai penyempurnaan pedoman-pedoman yang lama, bila diibaratkan rumah maka ada 4 (empat) pilar prinsip yang harus dipenuhi agar rumah tersebut dapat berdiri, yaitu :

a) Mengonsumsi makanan beragam,  tidak ada satupun jenis makanan yang mengandung semua jenis zat gizi yang dibutuhkan tubuh untuk menjamin pertumbuhan dan mempertahankan kesehatannya, kecuali Air Susu Ibu (ASI) untuk bayi baru lahir sampai berusia 6 bulan;

b) Membiasakan perilaku hidup bersih, perilaku hidup bersih sangat terkait dengan prinsip Gizi Seimbang;

c) Melakukan aktivitas fisik, untuk menyeimbangkan antara pengeluaran energi dan pemasukan zat gizi kedalam tubuh;

d) Mempertahankan dan memantau Berat Badan (BB) dalam batas normal. Memantauan BB normal merupakan hal yang harus menjadi bagian dari ‘Pola Hidup’ dengan ‘Gizi Seimbang’, sehingga dapat mencegah penyimpangan BB dari BB normal, dan apabila terjadi penyimpangan maka dapat segera dilakukan langkah-langkah pencegahan dan penanganannya.

Pesan-pesan Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang baru : 

1) Syukuri dan nikmati anekaragam makanan;

2) Banyak makan sayuran dan cukup buah-buahan;

3) Biasakan mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi;

4) Biasakan mengonsumsi anekaragam  makanan pokok;

5) Batasi konsumsi pangan manis, asin dan berlemak;

6) Biasakan Sarapan;

7) Biasakan minum air putih yang cukup dan aman;

8) Biasakan membaca label pada kemasan pangan;

9) Cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir;

10) Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan normal.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2013 menunjukkan bahwa “stunting” pada Balita dan prevalensi Penyakit Tidak Menular (PTM) makin meningkat. Perhatian terhadap masalah gizi ganda juga perlu lebih ditingkatkan, disamping masih banyak yang kekurangan gizi, tmasalah gizi lebih juga meningkat. laporan Riskesdas 2013 sejumlah 32,9% wanita dewasa dan 19,7% pria dewasa mengalami obesitas (IMT >25,0) yang berisiko terhadap berbagai gangguan kesehatan atau penyakit.

Apakah kita sudah menerapkan Gizi Seimbang hari ini ?

Yuk makan makanan dengan beranekaragam, jalankanlah perilaku hidup bersih dan sehat, lakukan aktifitas fisik dan pantau Berat Badan anda secara berkala agar tubuh sehat dan hidup kita akan lebih produktif.

Pedoman Gizi Seimbang yang baru ini dilengkapi pula dengan pesan visualisasi untuk konsumsi kita sehari-hari yang digambarkan “Tumpeng”,

Tumpeng Gizi Seimbang

dan konsumsi makanan untuk sekali makan digambarkan “Piring makanku” panduan sekali makan.

Piring MakanKu, Panduan Gizi Seimbang

Piring MakanKu, merupakan panduan gizi seimbang yang perlu dipahami dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Visualisasinya seperti MyPlate.Gov dengan adaptasi Indonesia tentunya.

@nurlienda

Referensi :

Kementrian Kesehatan RI, Direktorat Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak

http://gizi.depkes.go.id/pgs-2014-2

Advertisements

10 thoughts on “Piring MakanKu, Pedoman Gizi Seimbang

  1. Pingback: Mengenal Gizi Seimbang 2014 Lebih Dekat | Family Nutrition

  2. Pingback: Tips Kendalikan Kolesterol | Family Nutrition

  3. Pingback: 6 Tips Berpuasa Bagi Ibu Menyusui | Family Nutrition

  4. Pingback: Yuk Rutinkan Berolahraga | Family Nutrition

  5. Pingback: Nutrition and Physical Activities for Health | Family Nutrition

  6. Pingback: Yuk Jalankan Gaya Hidup Sehat sebagai Fondasi Pembangunan Kesehatan Indonesia | Family Nutrition

  7. Pingback: Yuk Cegah Kanker Sejak Dini | Family Nutrition

  8. Pingback: Gizi Ibu Hamil | Family Nutrition

  9. Pingback: PEDOMAN UMUM GIZI SEIMBANG INDONESIA | Family Nutrition

  10. Pingback: Mengenal Nutricosmetic | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s