Riba?

Bismillah…

Riba?riba

Kalau ‘bunga’ ringan tidak RIBA, kalau mencekik baru RIBA ? Besar atau kecil, RIBA tetaplah RIBA.

Kalau ikhlas bukan RIBA, kalau memaksa baru RIBA ? Terpaksa ataupun rela, RIBA tetaplah RIBA.

Sebutan administrasi, uang cape’, fee atau lainnya atas kelebihan uang yg dipinjam bukan RIBA ?? RIBA itu jelas, seketika muamalah uang (komoditi RIBA) yg dipinjamkan dipasangi tarif.

Riba, menjadi hal yang paling membedakan antara perbankan konvensional dengan perbankan syariah.

Bagaimana Al Quran menjelaskan tentang riba dan apa hukumnya?

Mari kita simak hasil pencarian ayat yang memuat kata “riba” berikut ini:

[2:275] Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.

[2:276] Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa.

[2:278] Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman.

[2:279] Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. Dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya.

allah-declares-war-on-riba

[3:130] Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan.

[4:161] dan disebabkan mereka memakan riba, padahal sesungguhnya mereka telah dilarang daripadanya, dan karena mereka memakan harta benda orang dengan jalan yang batil. Kami telah menyediakan untuk orang-orang yang kafir di antara mereka itu siksa yang pedih.

[30:39] Dan sesuatu riba (tambahan) yang kamu berikan agar dia bertambah pada harta manusia, maka riba itu tidak menambah pada sisi Allah. Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan Allah, maka (yang berbuat demikian) itulah orang-orang yang melipat gandakan (pahalanya).

Ada hikmah tersendiri mengapa RIBA diancamkan sedemikian keras & siksanya mendunia hingga mengakhirat.

Maka perhatikan wahai pengusaha muslim, muamalah atau bisnis yg kita bangun.

Mau sukses didunia tapi membuat bangkrut di akhirat ?

So…

Let’s start to make bussiness without RIBA, Insha Allah!

 

Advertisements

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s