Asam Folat Pentingkah untuk Kehamilan?

Bismillah…

Apakah asam folat itu?

Asam folat / Folic acid adalah vitamin B yang penting untuk wanita hamil. Wanita yang akan merencanakan kehamilan paling tidak 1 bulan sebelum kehamilan mengkonsumsi 400 microgram suplemen asam folat per hari. Selama kehamilan wanita hamil mengkonsumsi 600-800 micrograms suplemen asam folat per hari sampai usia kehamilan mencapai 3bulan.

Dosis yang lebih tinggi disarankan bila terdapat beberapa kondisi khusus, misalnya kehamilan sebelumnya terjadi kecacatan janin atau bila saat ini wanita sedang dalam pengobatan tertentu seperti diabetes mellitus dan pengobatan anti kejang. Wanita-wanita dengan kondisi seperti ini direkomendasikan mendapatkan suplemen asam folat dosis tinggi hingga 4.000 microgram per hari. AAP (The American Academy of Pediatrics) mengeluarkan rekomendasi bahwa seluruh wanita dalam usia subur untuk mengkonsumsi suplemen asam folat 400 microgram per hari.

Kenapa asam folat ini penting?

Karena asam folat merupakan salah satu komponen utama dalam pembentukan tabung syaraf janin yang kemudian berkembang menjadi otak dan tulang belakang bayi. Proses pembentukan tabung syaraf sudah dimulai di minggu pertama kehamilan. Jadi konsumsi suplemen asam folat dapat mengurangi/mencegah terjadinya Neural tube defect atau kecacatan tabung syaraf. Sayangnya banyak wanita yang terlambat mengetahui bahwa dirinya sedang hamil sehingga banyak yang terlambat mengkonsumsi suplemen asam folat ini.

2 bentuk kecacatan tabung syaraf adalah spina bifida dan anencephaly. Spina bifida adalah celah pada tulang belakang karena ada ruas-ruas tulang belakang yang gagal menyatu. Sehingga nanti saat bayi lahir, tumbuh kembangnya akan terganggu seperti kecacatan kaki dan tidak mampu mengontrol bab (buang air besar) serta bak (buang air kecil) . Penanganannya sulit dan kompleks.

Sementara anencephaly adalah kondisi di mana otak dan tengkorak tidak berkembang dengan normal. Kemungkinan besar janin penderita anencephaly akan meninggal segera setelah dilahirkan. Walaupun neural tube defect dapat diketahui selama kehamilan tapi tidak ada obat yang dapat menyembuhkannya. Kecacatan yang sudah terjadi biasanya permanen. Bila bayi sudah dilahirkan dengan neural tube defect dan dapat bertahan hidup, maka selanjutnya dapat dilakukan berbagai treatment untuk mencegah kerusakan organ yang lebih berat dan mencegah terjadinya komplikasi. Secara probabilitas, diperkirakan 1 dari 1.000 kehamilan beresiko mengalami neural tube defect.

Pentingkah asam folat untuk kehamilan

Apabila kesulitan untuk memenuhi kebutuhan asam folat hanya dari makanan saja maka disarankan untuk mengkonsumsi suplemen asam folat. Terapkan pola mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang, agar asam folat dapat tercerna dengan baik.

Beberapa makanan berikut ini mengandung asam folat yang tinggi :
– Buah-buahan terutama jeruk, pepaya , pisang , alpukat
– Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, asparagus, romaine lettuce , juga kembang kol
– Kacang-kacangan , lentils, beans
– Roti gandum

go folic

Nah tidak sulit kan persiapan kehamilan yang satu ini?

Yuk jadikan pola hidup sehat di mana salah satunya mengkonsumsi makanan sehat bergizi & bervariasi sebagai modal untuk membentuk keluarga dan generasi penerus yang sehat dan bahagia…

Semoga bermanfaat

 

Sumber:

F.B Monika Purba, Konselor Laktasi dengan berbagai perubahan

 

Advertisements

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s