Angka Kecukupan Gizi Indonesia

Bismillah…

Apakah AKG itu?

Singkatan dari Angka Kecukupan Gizi.

Untuk mudahnya, Pernahkah memperhatikan kecukupan gizi yang kita peroleh dari makanan?

Misalnya dalam sehari kira-kira cukup atau tidak makanan dan minuman yang kita santap untuk penuhi kebutuhan tubuh dalam beraktivitas.

Apakah penting mengetahuinya?

Ya, penting karena….

Pada prinsipnya orang yang mengonsumsi energi dan zat-zat gizi yang kurang atau lebih banyak dibandingkan dengan kebutuhannya dalam waktu lama (kalau cuma 1 – 2 hari tidak apa-apa) dapat menderita gangguan gizi. Contoh:
1). Kelebihan konsumsi energi da
pat menyebabkan gemuk, kegemukan, diabetes mellitus (kencing manis), penyakit jantung koroner, dsb.
2). Kekurangan energi akan menyebabkan rasa lemah, penurunan stamina, pembongkaran lemak tubuh sehingga berat badan menurun.
3). Kekurangan protein akan menyebabkan pertumbuhan terhambat, penurunan daya tahan tubuh terhadap penykit menurun, dan gangguan fungsional yang lain sedangkan kelebihan dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal.
4). Gangguan akibat kekurangan/kelebihan zat gizi lainnya seperti anemia, sariawan, pendek, hipervitaminosis dsb 
5). Sudah dilakukan penelitian sejak lama bahwa kekurangan/kelebihan konsumsi zat gizi menyebabkan gangguan kesehatan.

tubuh kita

Oleh karenanya, sebagai acuan untuk melihat asupan kalori kita dibandingkan rata-rata asupan kalori orang Indonesia lainnya, dibuatlah Angka Kecukupan Gizi (AKG). AKG telah ada sejak tahun 2000an. Kecukupan kalori (energi) serta zat-zat gizi untuk semua golongan umur dan jenis kelamin. Angka yang tercantum adalah angka rata-rata berdasarkan aktivitas sedang untuk sehari, jadi untuk setiap waktu makan dapat dibagi 3 atau dilebihkan pada waktu siang dan dikurangkan pada waktu makan malam. Mari kita perhatikan sejenak AKG Indonesia terbaru tahun 2013:

Angka Kecukupan Gizi 2013

Sebagai contoh saya yang berada di golongan perempuna dengan rentang usia 19-29 Tahun memerlukan setidaknya 2250 kkal/hari. Namun kecukupan energi ini akan berbeda setiap orangnya bergantung kepada aktivitas, jenis kelamin, tingkat stress dan juga massa tubuh serta tinggi badannya untuk lebih detail.

Jika ingin mengetahui lebih jelas cara perhitungan kalori bisa dilihat pada tulisan saya sebelumnya di https://nurlienda.wordpress.com/2012/03/25/kebutuhan-gizi-seorang-mahasiswa/

Selain jumlah makanan yang menghasilkan kalori dan kebutuhan zat gizi yang diperlukan tubuh, kita juga perlu memahami faktor eksternal yang pengaruhi tubuh seperti gambar berikut ini;

yakinkah kita benar benar sehat

Penanganannya adalah memakan makanan rumahan lebih sehat dibanding jajan sembarang ya.. walau terlihat lezat dan terkadang harganya jauh lebih murah, tapi apakah yakin dibuat dengan bahan makanan yang sehat dan cara membuat/produksi makanan yang sehat dan higienis?

#SelfRemindering

Semoga bermanfaat

 

Advertisements

One thought on “Angka Kecukupan Gizi Indonesia

  1. Pingback: Manis yang Menyesatkan, Asin dan Lemak yang Bikin Ketagihan Bagian 3 | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s