Memasak Sayur Sehat dan Lezat

Bismillah…

Memasak Sayur Tetap Sehat dan Lezat adalah idaman Kita semua…

memasak sayur sehat dan lezat

Bagaimana cara memasak sayur tetap sehat dan lezat dengan praktis ?

 

8 TIPS MEMPERLAKUKAN DAN MEMASAK SAYURAN :
1. Simpan dan dinginkan sayuran hijau tanpa dicuci sampai akan digunakan

Kondisi basah pada sayuran akan membuat sayuran cepat busuk Jika disimpan di lemari es sebaiknya sayuran dibungkus kantong plastik berlubang.

7 Tips to make fruits n vegetables last longer
2. Untuk mencuci sayuran, isi baskom/bak dengan air hangat karena tanah yang menempel di sayuran akan mudah lepas bila dicuci di air hangat. Terutama mencuci sayur berumbi, seperti lobak, wortel.

3. Bisa juga mencuci sayuran di air mengalir untuk menghindari sayur menjadi layu

mencuci sayur
4. Tiriskan sayuran yang habis dicuci diatas saringan sayur yang sudah dialasi serbet bersih.

5. Masak sayuran hijau sedapat mungkin dengan panci stainless atau panci email agar zat-zat dalam sayuran tidak bereaksi dengan logam.

6. Mengukus

Metode memasak sayuran yang paling sehat. Karena cara ini dapat mempertahankan gizi dan mematangkan sayuran dalam waktu yang singkat. Didihkan lebih dahulu air di dalam alat pengukus, setelah mendidih barulah sayuran dikukus.

mengukus sayuran
7. Hindari memasak sayuran dengan menggunakan panci presto (panas tinggi), terlebih bila kita tidak mengetahui benar berapa waktu yang dibutuhkan untuk memasak setiap jenis sayuran.

8. Minimalisir merebus sayuran

Merebus merupakan cara memasak sayuran yang paling banyak merusak atau menghilangkan kandungan zat gizi. Bila kita menggunakan cara merebus untuk memasak sayuran maka didihkanlah lebih dahulu air kemudian biarkan air mendidih kurang lebih 2 menit hingga oksigen berkurang barulah kemudian kita masukkan sayurnya. Sebaiknya memasak sayuran tidak lebih dari 5 menit, kecuali beberapa jenis sayur yang memerlukan waktu lama (misalnya sayur nangka).

Lalu, bagaimana memasak sayur agar kandungan gizinya tetap terjaga baik meskipun harus bersentuhan dengan suhu tinggi saat pengolahan ?

#1. Memanggang
Kulit sayuran akan menjaga sebagian besar nilai gizi dalam sayur. Saat memanggang, sayuran harus disertai kandungan air tinggi agar tidak mengering. Sayuran dari akar-akaran adalah yang jenis terbaik untuk dipanggang, seperti kentang, bawang, atau tomat.

#2. Mengukus
Mengolah sayuran dengan mengukus mungkin adalah cara terbaik untuk memasak seluruh tipe sayuran. Cara ini dapat mempertahankan gizi dan mematangkan sayur dalam waktu singkat.

#3. Tekanan Tinggi/Presto
Memasak sayur dalam tekanan tinggi akan menyingkat waktu memasak sehingga dapat menyimpan zat gizi. Masalahnya, jika anda terlalu lama, biarpun dalam periode singkat, sayur akan berubah menjadi lembek. Apalagi semua sayur memiliki tekstur dan kepadatan berbeda, sehingga pastikan jenis sayur dan periode yang tepat jika panci tekanan tinggi menjadi pilihan anda. Selama bisa, hindari memasak sayuran dengan presto.

#4. Menumis
Ini salah satu cara cepat memasak sayur di atas penggorengan pipih dengan sedikit minyak sayur. Di atas wajan melengkung pun sah. Tapi ingatlah, ketika memasak sayur dengan minyak, vitamin larut dalam lemak mungkin berakhir bersama minyak. Ada baiknya jangan anda buang minyak tersebut.

#5. Memasak tanpa air
Metode ini baik untuk sayur-sayuran berdaun hijau dengan mengandalkan air yang menempel pada daun setelah sayuran dicuci. Cara ini biasanya membutuhkan tiga hingga lima menit.

#6. Merebus
Merebus sayur adalah cara yang paling tidak dianjurkan karena resiko nutrisi hilang sangat besar. Jika anda harus menggunakan cara ini, tambahkan sayur hanya setelah air mulai mendidih dan masaklah sesingkat mungkin. Tips khusus untuk memasak dengan merebus:
~ Biarkan air mendidih selama kurang lebih dua menit hingga oksigen berkurang. Oksigen dalam airlah yang menyebabkan, vitamin C dalam sayur menguap.
~ Jangan pernah merebus langsung sayur yang ditempatkan dalam air dingin. Itu hanya akan mengurangi kadar vitamin C, 10 hingga 12 kali lipat.

Happy Cooking, all!

Mari Memasak Sayur Sehat Nan Lezat

Semoga Bermanfaat,

Wallahu’alam bishawab…

 

Ingin ngobrol dengan saya? Follow twitter saya di @nurlienda

Advertisements

2 thoughts on “Memasak Sayur Sehat dan Lezat

  1. Pingback: Mengenal Gizi Seimbang 2014 Lebih Dekat Bagian 2 | Family Nutrition

  2. Pingback: 7 Cara Mengolah Sayur yang SEHAT dan BerGIZI | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s