Minuman Bersoda Bikin Seger ? Part 2

Bismillah…

Konsumsi Minuman Bersoda memiliki efek samping yang tak disadari

Konsumsi Minuman Bersoda memiliki efek samping yang tak disadari

Lanjutan Sembilan Bahan Berbahaya yang Ada Dalam Minuman Ringan(Bersoda/softdrink)
4. Asam
Kebanyakan minuman ringan mengandung asam sitrat, fosfat, dan asam malat atau asam tartrat. Asam ini membuat minuman terasa menyegarkan atau “menyengat”. Asam minuman ini mengkhawatirkan, darah manusia memiliki nilai pH antara 7,3 dan 7,45. Apa pun di bawah pH 5,5 dapat memiliki efek sangat buruk pada tubuh. Kondisi darah yang asam dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, menyebabkan peradangan, sakit kepala, memperburuk diabetes, dan banyak penyakit lainnya. Beberapa sel mati dalam kondisi asam, tetapi beberapa sel mencoba bertahan hidup dengan menjadi sel ganas yang abnormal.

5. Karbon Dioksida

Minuman berkarbonasi dibuat dengan menyuntikkan karbon dioksida ke dalam air di bawah tekanan. Semakin banyak karbon dioksida disuntikkan, semakin rendah pH-nya, dan minuman pun semakin asam dan semakin bersoda. Terlalu banyak karbon dioksida akan membunuh sel-sel sehat. Sel-sel mati menyebabkan lingkungan asam. Sebagaimana disebutkan di atas, dalam lingkungan asam, beberapa sel dapat bertahan hidup dengan menjadi sel ganas yang abnormal.

6. Pengawet
Zat pengawet ditambahkan ke dalam minuman ringan untuk memperpanjang umur simpan atau masa kedaluwarsa. Kondisi penyimpanan dan waktu dapat mempengaruhi rasa dan aroma, dan pengawet membantu melestarikan itu. Jumlah konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Sodium benzoat (asam benzoat) hadir dalam minuman ringan. Bahan kimia ini diketahui menyebabkan asma, ruam, dan hiperaktif. Sulfur dioksida sangat beracun dan penggunaan berulang dapat menyebabkan pingsan, erupsi kulit, pembengkakan, shock, koma, dan bahkan kematian.

7. Perasa dan pewarna buatan
Perasa buatan biasanya digunakan dalam pembuatan minuman ringan untuk memberikan rasa yang khas. Ini memiliki efek buruk pada anak-anak hiperaktif dan harus dihilangkan dari diet mereka. Tartrazin adalah pewarna oranye-kekuningan yang dapat menyebabkan reaksi alergi seperti ruam kulit, pembengkakan, lendir yang berlebihan dan mata merah. Karmoisin adalah pewarna kemerahan yang dapat menyebabkan reaksi alergi, keracunan makanan, dan bahkan kanker. Brilliant Blue adalah penyebab kanker yang kini dilarang di banyak negara maju. Sayangnya, masih digunakan oleh produsen yang tidak bertanggung jawab untuk menghasilkan minuman ringan. Bahan kimia ini dapat menyebabkan kerusakan kromosom dan reaksi alergi.

8. Sodium (Natrium)
Kebanyakan minuman ringan mengandung beberapa natrium anorganik. Natrium (sodium) digunakan sebagai pengemulsi, penstabil. konsumsi natrium berlebihan akan menyebabkan tekanan darah tinggi. stroke, gagal jantung, dan banyak penyakit lainnya.

minuman bersoda bikin seger vs fresh water untuk anak dan dewasa

minuman bersoda bikin seger vs fresh water untuk anak dan dewasa

9. Kalium (Potasium)
Kalium (potasium) adalah mineral yang sangat penting agar fungsi tubuh berjalan normal. Kalium dapat menurunkan risiko beberapa penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Tetapi, Kalium bisa berbahaya bagi orang-orang tertentu. Mereka yang menderita penyakit ginjal atau dialisis ginjal harus menghindari banyak konsumsi kalium karena ginjal bertanggung jawab untuk mengeluarkan kalium dari aliran darah.

SALAM SADAR GIZI!

Semoga bermanfaat….

Advertisements

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s