Yogurt untuk Anak, amankah?

Bismillah….

Yogurt yang dikenal dengan susu masam, merupakan minuman kesehatan yang populer.

Amankah anak mengkonsumsi yogurt? Mungkin itu yang terletak di benak kita. Sebagai orangtua, kita khawatir akan hal tersebut…

Faktanya, minum yogurt bisa jauhkan anak-anak dari batuk dan pilek. Diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition, Studi yang melibatkan 57 anak berusia 3-6 tahun diberi resep pil pereda batuk dan pilek. Ternyata di dalam pil tersebut terdapat kandungan bakteri probiotik yang mirip dengan kandungan bakteri di dalam yogurt. yogurt kaya akan bakteri probiotik bisa menjauhkan mereka dari penyakit ini. Probiotik dan prebiotik diperlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan mikroba dalam usus anak maupun dewasa. Mari mengenal prebiotik lebih dekat memalui ilustrasi ini:

Ilustrasi probiotik di dalam tubuh anak dan dewasa

Ilustrasi probiotik di dalam tubuh anak dan dewasa

“Selama ini anak-anak selalu diberi antibiotik untuk mematikan virus ini. Padahal antibiotik sendiri bisa mematikan bakteri baik yang memang dibutuhkan tubuh untuk membangun sistem pertahanan,” tulis penelitian ini. “Meskipun belum ada keterangan yang jelas tentang jenis pengobatan ini, namun setidaknya dengan memberikan yogurt pada anak, Anda bisa meminimalkan paparan bahan kimia di tubuh si kecil. Selain itu, yogurt sendiri mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan buah hati Anda.”

Kapan bisa memperkenalkan yogurt untuk bayi dan anak ?

Menurut Prof. Dr. F.G Winarno, Yogurt aman diberikan kepada anak di bawah tiga tahun dan jika diberikan secara teratur bisa meningkatkan daya tahan tubuh Anak. Beberapa orangtua malah memberikan saat MPASI usia bayi 9 bulan dengan mencampurkan 1 sdm yogurt + puree buah.

Puree apel plus 1 sdm yogurt

Berapa jumlah yogurt yang bisa diberikan ?

Kita bisa memberikan yogurt kepada anak mulai dari 1 sdm/hari untuk anak > 9 bulan, kemudian jumlah 100 cc per hari untuk anak diatas 2 tahun dan diberikan secara teratur untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak..

Bagaimana dengan bunda?

Semoga bermanfaat…

 

 

 

Advertisements

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s