Menu Anak Kos Sehat nan Lezat

Bismillah…

Jadi anak kos itu berjuta rasanya…
Mulai dari makan seadanya hingga Tinggal di kost-kostan emang selalu unik dan menarik untuk dibicarakan.
Bagaimana tidak, kehidupan yang kental dengan istilah KERE ini memang perlu perencanaan matang, supaya tidak timbul kekhilafan dalam pengeluaran..Yah disinilah, sebagian waktu kita sebagai perantau diuji kekuatannya…
Seperti halnya pengalaman saya yang pernah tinggal di kost-kostan semasa kuliah dan pada saat ini juga tetep menyandang gelar tersebut karena kerja di luar kota. Banyak sekali poin pelajaran kepada diri, kita dituntut lebih mandiri. Karena kita jauh dari orangtua, Belum lagi untuk urusan makanan. Sering jajan malah buat kantong jadi tipis atau dalam bahasa halusnya “Kere”. Apalagi, kalau sudah menjelang ‘tanggal tua’ yang mengharuskan anak kost untuk Puasa atau Berkutat dengan Mie instan tiap hari. 😀
Kebayang kan gimana rasanya?

Solusinya adalah dengan masak sendiri, lebih hemat, praktis, dan kenyang.

Menu Anak Kos Sehat nan Lezat

Berikut ini adalah beberapa Resep ‘paket hemat’ untuk anak kos yang saya kutip dari berbagai sumber dengan tujuan untuk saya pakai sendiri sebagai tambahan pengetahuan seputar makanan praktis selain mie instan,nasgor & telur ceplok yang juga merupakan pilihan resep favorit untuk anak kost. Beberapa menu dibawah ini cukup simpel jadi bisa dicoba di dapur sendiri :’)

Start with a Healthy Breakfast!

Yang tinggal di kos, jangan malas untuk buat sarapan sendiri ya!

Kalau jaman sekolah, pasti di meja sudah tersedia makanan buatan ibu atau bibi di rumah.

Nah, kalau jauh dari rumah, mau tidak mau, kita harus membuat sarapan sendiri atau kita menghabiskan uang untuk membeli makanan di luar. Lagipula, belum tentu makanan yang kita beli di luar itu sehat dan seger loh… Be Aware!

Nah, kali ini berbagi ide sarapan pagi menyehatkan untuk anak kos. Simak ide sarapannya, siapa tahu bisa jadi lebih bersemangat untuk berkarya pagi-pagi di dapur kos!

 #1. Smoothies Buah

Smoothies Buah, Alternatif Menu Sehat untuk Anak Kos

Kalau di kos ada blender dan buah, jangan takut untuk membuat smoothies buah. Buat anak kos-kosan, buah yang murah dan tahan lama, biasanya apel atau pisang kan… Nah Bahan yang dibutuhkan untuk buat smoothies: buah-buahan (tergantung selera), susu atau yogurt, es batu (sesuai selera juga).

Cara membuatnya juga cukup sederhana, buah yang sudah dipilih tinggal kita potong-potong, dan masukkan dalam blender. Kemudian campur dengan susu atau yogurt secukupnya, lalu diblender deh. Kalau semua sudah tercampur dan menurutmu rasanya sudah pas, sajikan saja. Gampang dan menyehatkan juga ‘kan?

 #2. Oatmeal dengan Topping Buah

Oatmeal dengan topping buah, Alternatif Menu Sehat untuk Anak Ko

Bagi sebagian orang, rasa oatmeal mungkin hambar dan tidak terasa enak di mulut.

Nah, supaya terasa lebih pas di mulut, kita bisa mencampurkan oatmeal instan dengan buah. Biasanya buah yang dipakai untuk topping oatmeal adalah stroberi, blueberry, anggur, mangga atau pisang loh… Kenapa? Soalnya punya rasa dan tekstur yang pas.

Kalau buat anak kos-kosan, buah yang terjangkau di kantong ada pisang atau stroberi. Sarapan oatmeal juga menyehatkan loh…

Oatmeal ternyata juga dapat menahan rasa lapar lebih lama karena mengandung serat yang cukup banyak… Jadi, kita nggak gampang laper, dan bisa hemat uang jajan di kampus juga loh… Pas deh..

#3. Oatmeal Dipadu Madu atau Susu

Oatmeal dipadu madu atau susu, menu anak kos sehat nan lezat

Spesial buat sahabat yang nggak suka buah, oatmeal ternyata bisa dipadu dengan madu atau susu loh… Cukup bermodalkan air panas, oatmeal, susu atau madu. Kita bisa mendpatkan sarapan manis menyehatkan di pagi hari. Cara membuatnya gampang banget loh:

Campur oatmeal instan sesuai selera dengan air panas. Aduk dengan sendok dan tuang madu sesuai dengan seleramu.

DAN TADAA! Kita punya sarapan yang sehat banget!

#4. Mie Instan Goreng dipadu Brokoli dan Kacang Edamame

mie instan goreng dipadu brokoli dan kacang edamame, menu anak kos sehat nan lezat

Andalan anak kost, mie instan!

Menu sederhana dan cocok buat kamu yang belum bisa mahir memasak:

Mie instan goreng dipadu dengan telur orak arik dan brokoli.

Bahan yang kamu butuhkan hanya 1 mie instan goreng, 1 butir telur, dan kacang edamame secukupnya.

Cara membuatnya:

1. Masak mie instan goreng sesuai dengan seleramu.

2. Kemudian rebus brokoli secukupnya dan kacang edamame.

3. Merebus keduanya jangan terlalu lama ya.

4. Setelah direbus, campur brokoli dan kacang edamame ke dalam mie instan yang sudah dicampur dengan bumbu yang ada. DAN TADAAA!!!

Mie instanmu jadi lebih hijau!

 #5. Brokoli dan telur orak arik

Brokoli dan telur orak arik, alternatif menu anak kos sehat nan lezat

Sarapan pakai sayur adalah cara simpel hidup sehat loh…

Salah satu sayur yang gampang dibuat jadi sarapan adalah brokoli. Menu sarapannya bisa dibuat dari brokoli dan telur orak arik. Bahan-bahan yang diperlukan: Brokoli secukupnya, telur 2 butir, 1 siung bawang putih, minyak goreng, garam, sedikit merica dan gula.

Cara membuatnya:

1. Rebus brokoli hanya 5 menit saja.

2. Kemudian tiriskan. Selanjutnya, bawang putih yang sudah dikupas dan dicuci, dipotong kecil-kecil.

3. Panaskan minyak, gunakan sedikit saja, masukkan potongan bawang putih dan 2 butir telur, dan masukkan brokoli yang sudah direbus. Aduk sampai rata.

4. Tambahkan garam, gula dan merica agar ada rasa di brokoli dan telurnya.

5. Ketika sudah tercampur rata, sajikan dengan fresh water atau sari jeruk nipis + mint.

Insya allah, Pagimu akan terasa lebih segar dan menyehatkan!

 #6. Roti Bakar Madu

Roti bakar madu kayumanis, alternatif menu anak kos sehat nan lezat

Sarapan roti tawar dengan olesan mentega dan coklat tabur, itu sudah biasa… Saatnya nyoba bikin roti tawar panggang dan madu sebagai selainya. Cara membuatnya gampang loh… Jika tiada panggangan khusus roti, bisa panggang di wajan teflon loh. Sebelum dipanggang, oleskan mentega sedikit aja di kedua sisi roti. Nah, setelahnya oleskan madu di kedua sisi roti. DAN TADAA! Jadilah, Roti Bakar Madu!

Bisa disajikan bersama teh manis panas atau kopi panas…

 #7. Kentang Rebus dan Telur Orak Arik

Kentang rebus dan telur orak arik, alternatif menu anak kos sehat nan lezat

Kamu penyuka kentang? Sarapan yang berbahan dasar kentang rebus dan telur orak arik. Bahan yang dubutuhkan hanya kentang, telur, dan garam. Caranya?

1.Kupas kentang dan rebus di air panas. Usahakan untuk mengecek keadaan kentang saat direbus. Jangan sampai kentangnya terlalu matang ya, karena saat dimakan jadinya terlalu lembek.

2. Tiriskan kentang yang sudah direbus. Buatlah telur orak ariknya. Ketika  mengaduk telur, campurkan kentang  dan garam. Jika suka dengan rasa pedas, bisa tambahkan lada berupa irisan cabe rawit secukupnya. Campur semua bahan dan tiriskan.

Makan kentang ditemani teh panas, nikmat loh!

 #8. Sandwich Ala Anak Kost

Sandwich ala anak kos, alternatif menu anak kos sehat nan lezat

Hey, Anak kos-kosan kita bisa bikin sandwich yang simpel loh! Hanya bermodalkan roti tawar, keju, dan smoked beef yang bisa beli di supermarket. Bikinnya juga nggak butuh kompor dan sibuk masak-masak, kita hanya perlu piring loh.. Oh really?

Caranya ? Gampang banget loh:

Ambil 1 lembar keju dan 1 lembar smoked beef, letakkan di dalam dua roti tawar. Tinggal lahap deh!

Sarapan akan semakin syahdu ditemani segelas susu atau teh panas!

Gimana?

Sudah dapat menu sehat ala anak kos?

Daripada uang bulanan dari orang tua habis buat jajan di luar, lebih baik berbelanja sendiri dan buat kreasi sarapan dan makanmu sendiri kan…. So, jangan malas untuk sarapan ya, guys!

Selamat mencoba!

Semoga bermanfaat….

Inspirasi berasal dari http://www.hipwee.com/

 

 

Ingin ngobrol dengan saya? Follow twitter saya di @nurlienda

Advertisements

10 thoughts on “Menu Anak Kos Sehat nan Lezat

  1. Pingback: Yuk Sarapan Sehat Sebelum Jam 9 Pagi | Family Nutrition

    • Mewah dan tidaknya memang relatif.. Ini sebagai ide saja.. Kita bisa mengkreasikan ide dasarnya dengan bahan makanan dan harga yang lebih murah.. Silahkan berkreasi di dapur.. Ajak juga teman sekosan biar lebih rame dan sharing budget juga 🙂

  2. Pingback: Ahli Gizi di Kosan Anda | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s