Mengenal Gizi Seimbang 2014 Lebih Dekat

Bismillah…
Siapa yang sudah mendengar Pedoman Gizi Seimbang 2014 ?

Cung, Angkat tangannya…

Jika belum, pada kesempatan ini, kami akan berbagi informasi mengenai gizi seimbang 2014.
Sebenarnya, Pedoman Gizi Seimbang Tahun 2014 adalah penyempurnaan dari Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) yang berisikan 13 Pesan Dasar Gizi Seimbang era 1990an..

Pedoman Gizi Seimbang sendiri digunakan sejak tahun 1955 loh… Pedoman tersebut menggantikan slogan “4 Sehat 5 Sempurna” yang telah diperkenalkan sejak tahun 1952 dan sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam bidang gizi serta masalah dan tantangan yang dihadapi.

Faktanya, konsumsi pangan belum seimbang, baik kuantitas maupun kualitasnya, dan perilaku hidup bersih dan sehat pun belum memadai… Hal ini terlihat dari hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2013 yang menggambarkan angka balita yang pendek (stunting) dan penyakit tidak menular/ PTM (seperti darah tinggi, kencing manis dsb) semakin meningkat. Sehingga pada tanggal 27 Januari 2014, diadakan workshop untuk mendapat masukan dari para pakar pemerintah serta non pemerintah, lintas sektor, lintas program dan organisasi profesi… Lahirlah Pedoman Gizi Seimbang yang menyempurnakan pedoman-pedoman sebelumnya… Ada 4 (empat) pilar prinsip gizi seimbang (selengkapnya disini).

Nah, biar lebih ngeh, kami akan mengupas Pesan Gizi Seimbang 2014 satu persatu..
Ready?
Go….
Mari kita mulai dari poin pesan gizi seimbang yang pertama yakni :
Syukuri dan nikmati anekaragam makanan

Mengenal Gizi Seimbang 2014 Lebih Dekat

Mensyukuri makanan yang telah terhidang di depan kita dan menikmatinya…

Berdoa adalah salah satu adabnya…

Dengan mensyukuri makanan yang ada, insha allah makanan yang akan kita santap menjadi lebih berkah, segala kebaikan dalam makanan seperti zat gizi, rasa lezatnya masakan pun akan lebih terasa dan selera makan pun meningkat. Makanan yang terhidang pun akan ludes, tak bersisa (jika diambil sesuai porsi ya :D) dan disantap dengan hati riang, akan maksimalkan kinerja tubuh dalam menyerap makanan melalui berbagai mekanisme penyerapan di usus kita. Selain itu, jika kita bersyukur, hormon Beta-Endorfin akan terbentuk, yang merupakan hormon paling berkhasiat di antara hormon kebahagiaan loh (dicuplik dari buku “The Miracle of Endorphin”, tulisan Dr. Shigeo Haruyama, Spesialis Bedah Saluran Pencernaan di Jepang). Jadi istilah gampangnya, makan nggak sekedar bikin perut kenyang, tapi juga mengisi pikiran dan perasaan jadi lebih menyenangkan. Istilah kerennya di Inggris sana, Mindful Eating, salah satu kunci bisa hidup sehat dengan makan dan pikiran yang sehat (info lengkapnya disini).

Menikmati makanan juga ada ilmunya loh…

Disadari atau tidak, sebenarnya kita loh yang menentukan apa yang akan kita konsumsi, baik makanan dan minuman… Dalam menikmati makanan, kita perlu menentukan kesesuaian kombinasi makanannya loh.. Contohnya adalah ketika akan makan siang, apa yang akan kita santap?

Semangkok mie ayam plus bakso dengan minuman bersoda/segelas jus, Sepiring nasi hangat dengan lauk pauk yang digoreng, ditambah semangkuk sayur, seporsi buah seperti semangka misalnya dan segelas air putih, atau sepiring pempek dengan jeruk dingin?

Jadi, dalam contoh diatas terdapat kombinasi makanan dan bumbunya. Kombinasi makanan ini meliputi jenis makanannya (makanan pokok, lauk pauk, sayur, buah dan air), cara pengolahannya (direbus, digoreng, dikukus dsb), cara penyajiannya dan juga suasana makannya…

Sehingga dalam menikmati makanan sehari-hari, hendaknya kita dengan bijak dapat mengonsumsi makanan dengan beranekaragam. Jangan hanya mengandung salah satu sumber dan jenis pangan yang itu-itu aja dan dengan cara pengolahan yang sama terus menerus.

Mengapa?

Karena pada hakikatnya, zat gizi dalam makanan itu saling melengkapi satu sama lain

Dan jangan lupa untuk memperhatikan cara makan yang baik…

Dengan makan tidak tergesa-gesa adalah contoh mudahnya..

Mengunyah dengan baik dan sesuai, akan mempermudah makanan yang kita konsumsi dicerna dan diserap oleh tubuh.

Semoga bermanfaat….

 

 

@nurlienda 

Mengenal Gizi Seimbang 2014 Lebih Dekat

#10HariNonStopNgeblogGizi

Advertisements

6 thoughts on “Mengenal Gizi Seimbang 2014 Lebih Dekat

  1. Pingback: Mengenal Gizi Seimbang 2014 Lebih Dekat Bagian 2 | Family Nutrition

  2. Pingback: Kumpulan Artikel #10HariNonstopNgeblogGizi | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s