Makanan Peningkat Kualitas Sperma

Bismillah…

Pernah denger istilah sperma ada yang loyo dan super?

Ternyata ada makanan-makanan yang bisa menyebabkan sperma kurang subur loh…

Salah satunya adalah Daging Sapi…

Makan daging tidak selamanya bagus bagi kesehatan. Selain memicu kolesterol, daging ternyata juga mengganggu kelangsungan reproduksi. Studi terbaru ilmuwan Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa daging sapi berpotensi merusak sperma manusia.

Ilmuwan dari University of Rochester mengatakan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi terlalu banyak daging sapi berisiko melahirkan bayi laki-laki dengan kualitas sperma rendah. Yang dimaksud rendah adalah kurang subur.

Bukan daging sapi itu yang menjadi pemicunya, melainkan kandungan kimia yang terdapat di dalamnya. Kandungan kimia itu adalah zat pemicu pertumbuhan yang sesungguhnya sudah dilarang digunakan di Eropa sejak 1988 silam. Pada 1979, AS juga sempat melarang pemakaian hormon testoteron dan progesteron pada sapi. Namun faktanya sampai saat ini masih marak dipakai di kalangan industri daging.

Ilmuwan Rochester melakukan uji coba penghitungan sperma di antara lelaki AS yang lahir antara tahun 1949 dan 1983. Ibu para lelaki yang mengonsumsi lebih dari tujuh kali daging sapi setiap minggunya menghasilkan anak yang memiliki kualitas sperma buruh.

Konsentrasi sperma mereka hanya 43,1 juta sperma per milimeter pada cairan seminalnya. Para ibu yang mengonsumsi daging sapi lebih sedikit melahirkan anak lelaki dengan konsentrasi sperma lebih padat, 56,9 juta sperma per milimeter.

Mengapa Sperma Tidak Subur ?

Para ibu yang mengonsumsi lebih banyak daging sapi menghasilkan anak lelaki dengan kualitas sperma 17,7 persen di bawah standar yang ditetapkan badan kesehatan dunia WHO. Menurut WHO, tingkat konsentrasi sperma 20 juta sperma per milimeter sudah tergolong tidak subur.

Profesor Shanna Swan, pimpinan studi tersebut mengatakan bahwa yang paling patut disalahkan pada kasus ini adalah penggunaan kandungan pemicu pertumbuhan yang terdapat pada daging sapi. Swan mengakui pihaknya belum punya data spesifik kandungan kimia apa yang terdapat pada daging sapi, namun yang jelas bukan pestisida atau faktor gaya hidup.

“Secara teori, janin dan anak-anak kecil sangat sensitif terhadap steorid seks. Kami sangat konsen terhadap konsumsi residu steroid di daging sapi oleh para ibu hamil dan anak-anak kecil,” komentar Swan seperti yang dikutip BBC News.

Studi ikhwal peran bahan pemicu pertumbuhan pada daging sapi sempat diulang pada lelaki Eropa yang lahir setelah tahun 1988.

Sementara itu, Dr Allan Pacey, pakar andrologi dari University of Sheffield mengatakan walau lelaki belum memproduksi sperma hingga usia puber, organ testis mereka sudah berkembanng untuk bersiap memproduksi sperma. Para ilmuwan juga sempat menganalisa imbas penggunaan bahan kimia oestrogen yang terkandung pada air, plastik atau bahan kosmetika. Bahan kimia tersebut dapat memperngaruhi tahap-tahap kritis perkembangan testis anak lelaki. Waw…

Makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi untuk meningkatkan kualitas sperma ?

Makanan Peningkat Kualitas Sperma

Sumber Gambar : http://s3.amazonaws.com/

Makanan yang mengandung zink dan folat dalam jumlah yang cukup akan membantu dalam pembentukan sperma yang sehat loh… Biar lebih jelas sumber bahan makanannya, mari kita simak gambar berikut ini

Selain itu masih ada 10 jenis makanan yang dapat membantu produksi sperma berkualitas yakni :

#1. Pisang

Pisang efektif meningkatkan jumlah sperma karena mengandung enzim bromelain. Bromelain juga terdapat dalam nanas terutama pada bintik hitamnya (stem). Beromelain merupakan anti radang alami yang juga membooster produksi hormon seks laki-laki yakni testosteron (Sumber: Dr. Oz). Selain itu, pisang juga kaya akan vitamin A, B1 dan C. Ketiga vitamin ini penting bagi tubuh dalam kemampuan memproduksi sperma dan meningkatkan stamina secara signifikan.

#2. Dark chocolate

According to a research published in the Journal of the American Dietetic Association, dark chocolate can increase the feeling of attraction between two people by releasing the same endorphins that are secreted during sex.

Dark chocolate also contains L-arginine, which is also present in red meat, nuts, spinach and lentils, whole grains, soy, seafood and eggs. This amino acid is needed for sperm production and when consumed, increases sperm count and boosts semen volume. According to The University of Michigan Health System, several months of L-arginine supplementation increases sperm count, quality, and fertility.

L-arginine is also known to improve the dilation of blood vessels, which increases blood flow to the genitals, which can help the penis to enlarge. That’s the reason why men who consume dark chocolate everyday have reported stronger and more intense orgasms.

To be continued….

 

Sumber :

http://positivemed.com/2013/08/29/10-foods-increase-sperm-count/

Advertisements

3 thoughts on “Makanan Peningkat Kualitas Sperma

    • yes, kita harus belajar mengolah makanan dengan friendly agar zat gizi yang ada di makanan tetap terjaga dan berkhasiat untuk tubuh.. Salam Kenal Mak Indah.. Happy blogging and reading 😀

  1. Pingback: Yuk Siapkan Gizi Pra Nikah | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s