Yuk Sarapan Sehat Sebelum Jam 9 Pagi

Bismillah…

Sudahkan sarapan pagi ini?

Sarapan sering dianggap sepele, padahal ketika kita menyarap (menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menyarap 1/sa·rap, me·nya·rap / v makan sesuatu pada pagi hari (sebagai alas perut agar terhindar dari sakit perut yang kosong); makan pagi: kalau tidak -, mengantuk saja aku rasanya; setiap pagi ia – sekerat ubi dengan segelas kopi) merupakan cara tubuh untuk mengisi ulang/refill energi dan zat gizi setelah puasa makan dan minum ketika kita tidur, puasanya pun bervariasi mulai dari 3-8 jam.

Kapankah waktu yang tepat untuk menyarap?

Menurut Prof Hardinsyah sebelum jam 9 pagi. Karena waktu tersebut terlalu dekat dengan waktu makan selingan (yang biasanya dilakukan pada jam 10) dan menjaga tubuh  agar tidak terlalu lama mendapatkan asupan makanan sehingga gula darah mulai tidak terkontrol. Untuk jelasnya, mari kita perhatikan ilustrasi berikut ini :

Dalam ilustrasi tersebut menggambarkan perbedaan sarapan sehat, sarapan yang hanya mengandung karbohidrat saja dan juga yang tidak sarapan. Bisa kita lihat lonjakan gula darah dan ketidakstabilan gula darah.. Jika dibiarkan terlalu lama, hal ini bisa menjadi salah satu pemicu kegemukan (karena tidak makan di pagi hari dan kalap dengan snacking yang tinggi energi maupun makan siang dengan jumlah yang jumbo, ih ngerii) dan diabetes mellitus loh.. Sedangkan orang yang tidak sarapan akan menyebabkan tingkat gula darah yang rendah. Hal ini akan menyebabkan asupan nutrisi yang kurang memadai bagi otak sehingga menyebabkan penurunan fungsi otak (Brain Degeneration)

Nah, bagaimana menyiapkan sarapan yang sehat dan lezat ?

Menurut Prof. Hardinsyah (2012) terdapat beberapa kriteria yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan sarapan sehat yakni :

#1. Bergizi

Sarapan menyumbang sekitar 15-30% dari kebutuhan zat gizi seseorang dalam sehari, sehingga kualitas gizi pada sarapan harus terpenuhi antara lain cukup serat, rendah lemak, bebas lemak trans, dan menggunakan karbohidrat kompleks.

#2. Berupa Makanan dan Minuman
Sarapan sebaiknya terdiri atas makanan dan minuman tidak boleh hanya salah satunya. Ketika seseorang
hanya mengonsumsi segelas teh/kopi dan satu potong kue pada pagi hari, hal tersebut belum bisa disebut
sebagai menyarap karena kedua jenis makanan tersebut tidak dapat memenuhi 15-30% kebutuhan zat gizi tubuh.

#3. Aman

Sarapan harus aman dari bahan pengawet, pewarna sintetis dan kontaminan. Bahan pengawet yang sering
ditambahkan ke dalam makanan ialah natrium benzoat, natrium sitrat, asam sitrat dan asam askorbat.
Meskipun pengawet tersebut masih diperbolehkan pada batas tertentu akan tetapi jika dikonsumsi secara
rutin akan menyebabkan masalah kesehatan. Disamping itu, sarapan harus diolah dengan memperhatikan
prinsip-prinsip sanitasi dan higienis agar terhindar dari kontaminasi bakteri dan bahan berbahaya.

#4. Tidak tergesa-gesa

Setiap makanan dan minuman yang kita konsumsi termasuk sarapan harus dinikmati dan disyukuri, beri kesempatan organ-organ pencernaan bekerja dengan baik dan jangan dipaksa agar zat gizi bisa terserap dengan
sempurna.

Menu apa saja yang bisa menjadi alternatif sarapan sehat ?

Kita bisa menyajikan roti dengan berbagai topping plus segelas susu/air putih/teh hangat/kopi

Topping roti ini bisa dikreasikan loh, biar tidak bosan dan juga melengkapi zat gizi yang ada di dalamnya

Selain itu kita juga bisa sarapan dengan alternatif menu lainnya seperti

Jika ingin melihat menu sarapan yang lebih banyak silahkan berkunjung kesini 

Bagaimana dengan minumannya, saat sarapan minuman apa saja yang boleh dikonsumsi?

Saya lebih memilih jus campuran wortel, tomat dan belimbing tanpa penambahan gula

Atau Banana Smoothies yang menenangkan dan rasanya lezat plus mudah dibuatnya.. Favorit minuman saat weekends…

Jadi, sudahkah menyarap hari ini?

Bagi yang sudah, mari kita toss..

Yang belum menyarap pagi, berburulah makanan yang sehat, aman dan juga sesuai porsi ya…

Healthy breakfast make our body fit, happy and full of joyful!

Semoga bermanfaat…

#10HariNonstopNgeblogGizi

 

 

@nurlienda

 

Referensi :

http://kbbi.web.id/

Hardinsyah (2012) Healthy Breakfast. Materi Simposium Healthy Breakfast. DPP Pergizi Pangan.

Hardinsyah (2013) Sarapan Sehat Salah Satu Pilar Gizi Seimbang. Materi Deklarasi Pekan Sarapan Nasional.
DPP Pergizi Pangan.

http://manjilala.info/mau-sehat-dan-produktif-mari-menyarap/

Advertisements

14 thoughts on “Yuk Sarapan Sehat Sebelum Jam 9 Pagi

  1. Pingback: Kumpulan Artikel #10HariNonstopNgeblogGizi | Family Nutrition

  2. Pingback: Sarapan, Waktu Makan Penentu Mood Seharian | Family Nutrition

  3. Wah terima kasih informasinya 🙂
    Tapi gimana ya kalo kadang sering lapar sebelum jam makan siang? Kebetulan nemu disini info soal snack yang cocok. Bener ngga ya kata artikelnya? Makasihhh!

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s