Pentingkah Minum Air Putih?

Bismillah…

Mengonsumsi air putih yang aman dan cukup menjadi salah satu pesan gizi seimbang loh..

Jika kini marak kampanye untuk mengonsumsi air putih 8 gelas sehari, sebenarnya berapa banyak sih air yang kita butuhkan?

Faktanya, kebutuhan air setiap orang berbeda, tergantung umur dan jenis kelamin loh… Sedangkan kebutuhan air pada bayi dan anak yang sehat sekitar 10-15% dari berat badan. Jika anak berusia di atas 10 tahun, kebutuhan airnya sudah mirip dengan orang dewasa. Berbeda dengan kelompok manula, kebutuhan airnya lebih sedikit dari bayi dan orang dewasa.

Hm, agak ribet ya, jika harus menghitungnya menggunakan berbagai rumus yang ada…

Jadi, bagaimana cara mengetahui konsumsi air putih kita itu memadai?

Saya biasanya menggunakan indikator urin/air kencing… Jika air kencing berwarna kuning berarti konsumsi air putih masih kurang. Sebaliknya, jika kencing berwarna jernih, bisa jadi kebutuhan air kita sudah terpenuhi. Jadi, saat teman-teman minum cukup cairan, jarang merasa haus, produksi urin kurang lebih 1,5 liter (6,3 cangkir) dan urin berwarna jernih, berarti asupan air memadai.

Jangan menunggu sampai haus untuk mengonsumsi air putih…

Hasil penelitian pada tahun 2008 menunjukkan bahwa sekitar 49.5% remaja di empat kota besar di Indonesia mengalami dehidrasi ringan dan 42.5% pada orang dewasa. Sedangkan hasil penelitian The Indonesian Regional Hydration Study (THIRST) tahun 2009 menunjukkan bahwa jumlah remaja yang mengalami dehidrasi ringan lebih tinggi (49,5 %) jika dibandingkan orang dewasa (42,5 %). Permasalahan lain yang muncul pada penelitian tersebut ialah lebih dari 50.0% responden tidak mengetahui manfaat air bagi tubuh serta tidak memahami gejala dan akibat dehidrasi. Padahal manfaat air bagi tubuh sangatlah banyak (selengkapnya disini).

Ada berbagai mitos mengenai konsumsi air, mari kita simak infografis berikut ini :

Menurut Prof. Hardinsyah (2010), paling tidak terdapat 4 hal gejala yang perlu diketahui, yaitu :
#Ketika tubuh mengalami kekurangan air sekitar 1% maka mulai menimbulkan rasa haus dan gangguan mood (mood swing).
#Kekurangan air 2-3% meningkatkan suhu tubuh, rasa haus, dan gangguan stamina.
#Kekurangan air 4% dapat menurunkan kemampuan fisik 25%.
#Kekurangan air sampai 7% bisa menyebabkan pingsan.

Wah, ternyata konsumsi air ini begitu penting bagi tubuh ya… Jika masih kurang mengenal air (disini)

Bagaimana tips mengonsumsi air yang praktis dan nggak bikin eneg/kembung?

1. Sediakan gelas besar yang berisi air putih di atas meja kerja anda atau biasakan membawa air putih dalam kemasan botol atau botol minuman yang berisi air putih dalam tas dan mudah diraih.
2. Cobalah untuk mengonsumsi air sebelum merasa haus.
3. Biasakan menggunakan air putih sebagai pendamping ketika makan siang, makan malam, atau teman cemilan… Kurangi penggunaan teh manis atau minuman berkalori tinggi lainnya (seperti soda, sirup, jus buah dengan penambahan gula dan susu kental manis).
4. Janganlah makan sambil diselingi minum, lakukan satu persatu. Habiskanlah makanan terlebih dahulu karena air akan mengganggu proses pencernaan makanan di lambung dan usus. Jika memang sangat membutuhkan air, sebaiknya minum sedikit sambil dikumur-kumur. Berilah jeda beberapa menit setelah makan baru minum air putih.
5. Minumlah air putih tidak langsung dalam jumlah besar sekaligus, namun bertahap.

Nah, Sudah berapa banyak air putih yang dikonsumsi hari?

😀

#10HariNonstopNgeblogGizi

 

@nurlienda

Referensi :
http://manjilala.info/minum-air-putih-sebelum-haus/

http://www.pipitwidya.com/2015/01/aturan-minum-air-putih.html

Advertisements

3 thoughts on “Pentingkah Minum Air Putih?

  1. terkadang kita hanya minum ketika haus. padaha itu alarm kalau tubuh benar2 amat ssangat kekurangan air yaaa…. kudu mulai suka minum air nih.
    makasih tips dan infonya^^

  2. Pingback: Kumpulan Artikel #10HariNonstopNgeblogGizi | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s