Yuk Biasakan Lakukan Aktifitas Fisik yang Teratur, Cukup dan Jaga Berat Badan Normal

Bismillah…
Siapa yang terbiasa melakukan aktifitas fisik secara rutin? Adakah yang biasa melakukannya minimal 30 menit sekali beraktivitas fisik?
Mari kita bahas apa yang disebut aktivitas fisik….

Aktivitas fisik menjadi salah satu indikator pencapaian gizi loh….

Aktivitas fisik sendiri dibedakan menjadi dua yaitu aktivitas fisik sehari-hari dan olahraga. Aktivitas fisik sehari-hari yang biasa dilakukan seperti berjalan ke sekolah atau pasar, menyapu halaman, berkebun, naik turun tangga, dan lain-lain. Sedangkan aktivitas yang dilakukan secara rutin dan teratur disebut olahraga. Olahraga yang dapat dilakukan dengan teratur seperti bersepeda, marathon, push up, dan shit-up. Selain itu kita pun dianjurkan untuk melakukan olahraga permainan seperti sepak bola, basket, volley, dan lain-lain. Ada pula olahraga yang disesuaikan dengan kegemaran atau kebudayaan masyarakat seperti tari dan senam.

Bagaimana kriteria melakukan aktivitas fisik yang cukup ?

Ada prinsip yang dikenal sebagai FITTE yakni :

1. F = Frekuensi = Berapa kali per minggu 3-5 kali/minggu.

2. I = Intensitas = Berapa lelah
Patokan denyut nadi selama latihan atau TZ (Training Zone) adalah 60-90% DNM (Denyut Nadi Maksimal). DNM diperoleh dari angka 220 dikurangi umur Anda.

3. T = Time = Lama berlatih
20-60 menit biasanya, bisa juga dimulai dari 7 menit.

4. T = Tipe/macam latihan
Jalan kaki, joging, bersepeda, renang, senam, atau skipping…

5. E = Enjoyment.

Prinsip ini dilakukan untuk mendapatkan aktifitas fisik yang cukup, jika ingin tau lebih lengkap bisa berkunjung kesini…..

Pentingkah menjaga berat badan normal?

Berat badan merupakan salah satu indikator dalam penentuan status gizi seseorang. Selain itu berat kaitannya dengan aktivitas fisik. Orang yang terbiasa berolahraga biasanya memiliki berat badan normal. Sebaliknya, orang yang tidak gemar berolahraga dan jarang beraktivitas biasanya memiliki berat badan lebih (obesitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang obesitas memiliki resiko 5 kali lebih besar untuk menderita penyakit degeneratif.

Bagaimana cara mempertahankan berat badan normal ?

#1. Perhatikan konsumsi makanan sehari-hari

Makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat tinggi mudah kita temui dengan mudah di sekitar kita. Misalnya saja gorengan, minuman bersoda, aneka junkfood dan snack yang dikenal makanan ringan namun memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, sebut saja aneka kue manis, keripik, kerupuk karena biasanya kita mengonsumsi dalam jumlah banyak tanpa disadari (ketagihan bahasa awalnya, jika makan keripik tidak mungkin hanya konsumsi hanya 1 buah, pasti akan ambil dan ambil lagi, tau-tau 1 kemasan ukuran sedang habis dilahap 😀 )

Setiap orang yang kelebihan berat badan dan obesitas pasti menginginkan berat badan ideal.

Tak jarang mereka menerapkan diet ketat, akan tetapi tidak diiringi dengan olahraga…

Maraknya diet populer yang ada di masyarakat sekarang ini seperti OCD, diet golongan darah, food combining, diet mayo dsb seolah menjadi penuntun masyarakat dalam melakukan pengaturan makan yang kita kenal sebagai istilah diet. Faktanya, banyak yang menderita sakit di kemudian hari setelah melakukan diet populer tersebut. Mengapa hal tsb bisa terjadi? Karena penurunan berat badan yang terjadi hanyalah penurunan kadar air bukan penurunan lemak. Diet Sehat yang saat ini dikenal dengan diet REST bertujuan untuk penurunan berat badan dengan peningkatan massa otot loh.. Bukan sekedar menurunkan berat badan.. Karena, perlu diingat sekitar 60-70% komposisi tubuh kita adalah cairan, sehingga jika berat badan bisa turun secara drastis, dalam seminggu bisa turun 3-6 kg, hati-hati, mungkin yang berkurang itu bukan lemaknya melainkan cairan tubuh dan massa ototnya pun malah tidak terbentuk sama sekali… ih ngeriii…

Oleh karenanya, makanlah makanan dengan bijak dengan porsi yang sesuai untuk tubuh dengan komposisi yang berimbang dan beranekaragam

#2. Lakukan aktifitas fisik yang teratur dan cukup

Lakukan apapun aktifitas fisik yang kita senangi, bisa berjalan (tanpa ngobrol), jogging, naik sepeda, berenang dkk, dengan rutin, minimal 3x dalam seminggu dan berdurasi minimal 30 menit setiap kali melakukan aktifitas fisik tersebut.

#3. Kenali diri

Banyak orang yang tak sadar jika berat badannya tidak normal, sebagian kekurangan dan selebihnya kelebihan berat badannya. Dengan mengenali diri, seseorang akan mudah untuk melakukan perubahan..

Jika kondisi tubuhnya ternyata mengalami kekurangan berat badan/kurus.. Maka hendaknya ia melakukan aktifitas fisik dan juga mengonsumsi makanan guna meningkatkan berat badan hingga menjadi berat badan normal (Tips meningkatkan berat badan disini)

Namun, jika kondisinya saat ini mengalami kelebihan berat badan yang ditandai salah satunya dengan perut buncit.

Maka, lakukanlah pengaturan pola makan dengan pengurangan kalori dan aktifitas fisik guna membakar lemak dan membangun massa otot.

#4. Mindful Eating

Syukuri dan nikmati makanan yang ada dan konsumsilah makanan tidak berlebihan tapi secukupnya..

Apabila kita melakukan diet ketat, apa yang Anda rasakan?

Stress, nggak nyaman, dan berbagai masalah yang berhubungan dengan emosi secara tidak disadari akan muncul..

Oleh karenanya, hendaklah kita bijak dalam mengonsumsi makanan…

Jadi… Yuk Upayakan melakukan pesan Gizi seimbang dengan melakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan normal…

Semoga bermanfaat…

#10HariNonstopNgeblogGizi

Edisi Penutup

 

 

@nurlienda

 

Referensi :

http://fredy-estofany.blogspot.com/2014/06/day12-lakukan-aktivitas-fisik-yang.html

Advertisements

4 thoughts on “Yuk Biasakan Lakukan Aktifitas Fisik yang Teratur, Cukup dan Jaga Berat Badan Normal

  1. Pingback: Kumpulan Artikel #10HariNonstopNgeblogGizi | Family Nutrition

  2. Pingback: Yuk Rutinkan Berolahraga | Family Nutrition

  3. Pingback: Yuk Jalankan Gaya Hidup Sehat sebagai Fondasi Pembangunan Kesehatan Indonesia | Family Nutrition

  4. Pingback: Yuk Berolahraga dan Berlatih | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s