Kelas Inspirasi Bandung #3, Senangnya Jadi Guru Sehari

Bismillah..

Kegiatan Kelas Inspirasi Bandung Batch 3 #KIB3 telah berlangsung pada 18 Februari 2015 yang lalu.

Namun demikian semangat untuk berbagi kian bertambah..

Pada kesempatan kali ini, saya akan bercerita mengenai pengalaman menjadi Inspirator Kelas Inspirasi Bandung #3 sebagai Konsultan Gizi dan Food Safety.

Kesempatan ini bermula ketika mendapat email dari panitia terpilih menjadi Relawan Inspirator.

Menjadi bagian dari sekitar 530an relawan yang siap disebar ke SD yang ada di Bandung Raya (Bandung dan Cimahi) dengan alokasi tempat 79 sekolah, Alhamdulillah…. Keriuhan persiapan relawan terjadi pada tanggal 8 Februari 2015 di Gedung Sate, saat itu dilakukan briefing untuk relawan inspirator maupun fotografer dan videografer.  Kegiatan berlangsung seru, dimulai dengan sambutan PIC Kelas Inspirasi Bandung Kang Ibam, Sharing pengalaman menjadi inspirator oleh 3 orang yang berbeda latar belakang serta tips n trik menguasai kelas (penting banget, soalnya udah lama nggak ngajar ke SD, terakhir pas ikut kelas inspirasi 2012).

Berikut 5 Tips n trik untuk kuasai kelas :

a. Get their attention

Ketika masuk kelas, yang pertama harus dilakukan adalah mendapat perhatian dari anak-anak. Bagaimana cara mendapat perhatian dari anak-anak yang masih unyu-unyu ? Bisa dengan tepuk tangan, bercerita atau suara-suara yang bikin penasaran. Karena kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda…

b. Happy to see concrete things

Anak-anak akan senang dengan hal-hal yang konkrit, visualisasi adalah kata kunci. Karena memang masanya mereka lebih mudah menyerap informasi melalui hal konkrit. Misalnya mencontohkan kegiatan, pengalaman maupun perasaan yang dekat dengan mereka…

c. Participation

Anak-anak akan lebih mudah menyerap informasi dan lebih aktif ketika terlibat loh.. Bisa menyampaikan informasi melalui kompetisi maupun kegiatan-kegiatan yang mereka terlibat aktif di dalamnya…..

d. How to handle dominant student

Setiap kelas biasanya memiliki beberapa anak yang cukup dominan, yang terkadang bisa membuat buyar perhatian dan meriuhkan suasana. Nah cara paling efektif adalah dengan melibatkan anak-anak yang dominan ini sebagai kapten kelas dsb.

e. Sharing tips

Berbagi cara maupun ide untuk menghandle kelas dengan tim inspirator dalm 1 sekolah. Diskusi dan brainstorming merupakan upaya yang cukup efektif untuk menggali persiapan dalam mengisi kelas pada hari inspirasi :D.

Setelah seluruh agenda selesai, kami pun berfoto bersama pada sesi briefing Kelas Insprasi Bandung #3 kali ini…

Jika ingin mengetahui lebih tentang jalannya kelas inspirasi #3 disini

Pengalaman senangnya menjadi guru sehari, bisa sahabat dapatkan pada artikel selanjutnya ya…

Bagaimana dengan kisah sahabat ?

@nurlienda 

 

Advertisements

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s