Berkebun Bersama Ayah dan Ibu

Bismillah…

Berkebun, suatu aktivitas yang identik dengan main tanah, di lahan yang lapang dan bertemu cacing (in mymind).

Faktanya, saat ini tengah booming istilah urban farming.

Apa sih urban farming itu ?

Urban Farming atau Pertanian Perkotaan merupakan praktek budidaya, pemrosesan, dan distribusi bahan pangan di perkotaan. Dilakukan melalui berbagai pendekatan dengan memanfaatkan lahan terbatas dengan vertikultur, hidroponik dsb. Urban Farming berfungsi sebagai sarana berbagi informasi dan fasilitas jual beli produk, sehingga bisa mendatangkan penghasilan, mengurangi risiko pestisida dan bahan kimia berlebih dalam konsumsi keluarga maupun masyarakat, hingga meningkatkan ketahanan pangan.

Pertanian perkotaan ini memperpendek jarak antara produsen dan konsumen sehingga penggunaan bahan pengawet dan proses tambahan tidak dibutuhkan. Hal ini membuat konsumen mendapatkan jaminan bahan pangan yang didapatkan dalam kondisi segar. Urban Farming umumnya dilakukan sebagai aktivitas memproduksi bahan pangan untuk dikonsumsi keluarga, dan juga dilakukan dengan tujuan rekreasi maupun relaksasi.

Nah, Saya, bersama Ayah dan Ibu baru sekitar 2 bulan ini mulai belajar berkebun ‘urban farming’…. Bermula dari rasa penasaran saya akan program Kampung Berkebunnya Pak Ridwan Kamil, lengkapnya disini

Saya pun mendaftar menjadi relawan Kampung Berkebun. Tergabung dalam gugus 3 Bandung Kota Urban Farming (BKUF), saya tercatat menjadi relawan di RW 14 Sekeloa, RW sendiri sebenarnya 😀

Dari sanalah, saya berjumpa dengan komunitas Bandung Berkebun @BDGBerkebun

Mengikuti beberapa kegiatan di #KebonBagus, yang terbaru adalah #NBB2015

Berkebun Bersama Ayah dan Ibu

Bertemu akang teteh kece yang senang berbagi tentang berkebun yang menyenangkan, terbebas dari rasa jijik akan cacing (jujur saya geli n ngerasa ***** liatnya) dan berjumpa para penggiat yang senantiasa semangat belajar..

Berkat berkomunitas itulah, saya tertarik untuk mempraktekkannya di rumah, kebetulan saya mendapat benih bayam merah dari #BdgBerkebun, alhamdulillah…

Biar lebih seru,saya pun mengajak ayah dan ibu untuk memulai menyemai bibit dan menanamnya…

Mengapa perlu berkebun bersama Ayah dan Ibu ?

Berkebun dari rumah, merupakan salah satu upaya dalam Go Pangan Lokal, #SafeFood

From Plant to Plate, dari kebun hingga ke piring kita 😀

Awalnya pada tahun 2013, saya memiliki mimpi untuk menanam sayur dan buah di rumah loh…

Saat itu, terbayang untuk ajak keluarga, tetangga dan orang terdekat untuk jalankan kegiatan, Yuk Tanam Sayur dan Buah Bebas Pestisida. Bermula dari niatan itu, saya mulai mencari informasi tentang berkebun yang praktis dan mudah… Dan dapat dimulai dari barang-barang yang ada di sekitar kita….

Alhamdulillah, seluruh anggota keluarga menyetujuinya di awal 2015 ini.. Dan kami pu memulai’urban farming’ ini….

Berkebun bersama Ayah dan Ibu itu menyenangkan loh..

Kami berbagi tugas untuk berkebun bersama keluarga dengan rincian :

Saya bagian cari info dan cara menanam yang baik dan benar, dari komunitas #BdgBerkebun, Youtube dkk dan membeli bibit-bibit tanaman dan aneka perlengkapannya 😀

Ibu bagian memilah bibit yang sudah mulai tumbuh akar, batang dan daun..

Ayah bagian menyiapkan pot-pot dari barang bekas, memindahkan tanaman ke pot dan merawatnya secara rutin 😀

Inilah cara kami mencoba berkebun bersama keluarga..

Sebuah cara lain untuk berFamily Time, nggak mesti keluar rumah, nggak mesti ngeluarin banyak biaya dan tenaga, but it lots of fun, alhamdulilah..

Berkebun Bersama Ayah dan Ibu, Urban Farming

Ini kebun mini kami, Mana Kebunmu?

Begitulah sepenggal kisah kami…

Yuk berbagi cerita tentang pengalaman berkebunmu ?

@nurlienda

3 thoughts on “Berkebun Bersama Ayah dan Ibu

  1. Wah saya juga seneng lho hijau2an, cuma kadang kalau lagi kumat malesnya jadi ogah dech.hehehe. tapi dirumah saya kembang biakkan pohon dondon mini, jadi pendek sudah berbuah dna gak bisa besar

  2. Pingback: Memanen dari kebun sendiri | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

