Edukasi Kesehatan Mengasyikan dengan #BeraniLebih

Indonesia, negara berkembang yang memiliki banyak masalah kesehatan masyarakat. Masalah kesehatan dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti lingkungan, perilaku, maupun pelayanan kesehatan. Menjadi Edukator Kesehatan adalah sebuah pilihan.

Ketika hidup adalah pilihan, Trainer kesehatan adalah jalan hidup.

Sederhana, passionate, lincah, dan ramah. Itulah kesan yang didapatkan ketika berjumpa Teh Deri di Bandung. Deri Rizki Anggraini, S.Gz, lulusan Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung dan alumni Gizi Fakultas Kedokteran UGM ini aktif dalam berbagai kegiatan edukasi kesehatan. Kediamannya tidak hanya digunakan sebagai hunian, tetapi juga sarang bagi komunitas yang ia motori, yaitu Lebah Ceria Community (LCC), Komunitas Pendidik Gizi.

Kecintaan Teh Deri terhadap dunia edukasi kesehatan tak hanya membuatnya aktif di berbagai komunitas dan organisasi tetapi juga sebagai penulis buku. Buku-buku yang ditulisnya bertemakan kesehatan dan karena kualitas tulisannya sering mendapat permintaan untuk menulis dari penerbit. Menulis dan mengedukasi masyarakat soal gizi dan kesehatan dilakukan Teh Deri dengan gairah yang seolah tak akan pernah padam dan dianggap penting. Teh Deri mengedukasi Soal Gizi dan Kesehatan dengan Cara yang Fun!

Edukasi Kesehatan Mengasyikan dengan #BeraniLebih, Senam otak biar Fresh

Teh Deri dan LCC #BeraniLebih untuk mengedukasi masyarakat. Dengan edukasi yang baik, masyarakat jadi mampu untuk mengambil keputusan serta menimbang risiko atas pilihannya. Menurut Teh Deri,“Dua masalah gizi yang terbesar di Indonesia saat ini adalah obesitas dan malnutrisi. Di beberapa kasus yang saya ketahui, kedua hal itu terjadi bukan karena enggak punya uang, melainkan karena minimnya pengetahuan. Tak sedikit jumlah masyarakat kita yang masih simpang siur membedakan mana yang mitos dan mana yang fakta.”

Di mata Teh Deri, masyarakat Indonesia masih sangat membutuhkan informasi yang benar terkait gizi dan kesehatan. “Tak perlu jauh-jauh sampai ke desa, kita lihat di kota saja. Di kota juga masih ada loh yang belum paham soal gizi kesehatan. Masih ada juga yang enggak paham soal asupan gizi seimbang dan bagaimana menerapkannya. Kalau disepelekan, nanti malah dampaknya menjadi tidak baik,” Selain itu beredarnya berbagai informasi kesehatan yang simpang siur dan massivedibroadcast pun membuat miris, cenderung menyesatkan serta menghadirkan kekhawatiran berlebihan ditengah masyarakat.

Teh Deri melihat edukasi kesehatan yang dilakukan selama ini masih terkesan kaku dan terlalu teoretis. Penyampaian seperti itu, hanya akan didengar sambil lalu oleh audiens tanpa diikuti oleh perubahan perilaku mereka. “Padahal yang penting dari edukasi adalah terjadinya perubahan perilaku,” ujarnya. Dengan #BeraniLebih menyampaikan informasi lewat cara yang menyenangkan dan atraktif, akan memudahkan audiens untuk mencerna dan mengaplikasikannya. Materi edukasi gizi dan kesehatan yang disampaikan kepada masyarakat pun beragam, mulai dari informasi soal gizi seimbang, personal hygiene, diet sesuai kondisi tubuh, cara memasak yang baik atau food safety, cara menangani anak yang susah makan, hingga mengedukasi para ibu untuk menciptakan produk baru dari bahan makanan yang ada di sekitar.

“Lebah Ceria Community jika mengedukasi harus bergaya yang ceria, senang, riang. Presentasi pun tidak dengan power point yang monoton. Dibuat se-fun mungkin biar materinya lebih enak diterima sama audiens,” paparnya penuh semangat. Gaya edukasi yang fun tersebut, merupakan perwujudan dari kata ‘ceria’ yang tercantum LCC. Ceria itu sebenarnya singkatan, untuk menjelaskan karakter, yaitu cerdas, riang, dan sehat.

Akun SosMed Penulis

Twitter @nurlienda FB https://www.facebook.com/nurliend

Advertisements

4 thoughts on “Edukasi Kesehatan Mengasyikan dengan #BeraniLebih

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s