Manajemen Menu Seimbang yang Halalan dan Thayyiban selama Ramadan

Bismillah…

Resume Kulwap Islamic Parenting Community I, Materi BIRu PART III

Senin, 15 Juni 2015

Tema : Manajemen Menu Seimbang yang Halalan Thayyiban Selama Ramadan

Oleh Nurlienda Hasanah, S.Gz

 

Mengelola menu keluarga saat Ramadan adalah momentum bunda untuk berkreasi.
Agar memudahkan dalam membuat menu ramadan, ada baiknya Bunda membuat master menu. Master menu adalah sebuah daftar nama menu yang bisa menjadi panduan yang memudahkan Bunda dalam mengolah makanan. Master menu ini biasanya disusun selama satu bulan dengan rata-rata pengulangan menu yang sama tidak lebih dari 3 kali dalam satu bulan.

Master menu disusun dengan mengoptimalkan variasi makanan yang dapat mendukung asupan gizi juga yang di sisi lain dapat membantu Bunda mengatur harga dan menu-menu yang membuat anggota keluarga lebih bersemangat untuk makan. Master Menu terdiri dari 7 komponen utama yakni :

🍚 Makanan Pokok

🍖 Lauk Hewani

🍲 Lauk Nabati

🍅 Sayur

🍒 Buah

🍥 Pelengkap/Garnish (Saus, Kerupuk, Lalapan dsb).

🍹 Minuman &/ Snack.

Dalam pembuatan menyusun master menu ini dapat dimulai dengan menyusun frekuensi bahan makanan. Fungsinya selain memudahkan dalam menyusun master menu, frekuensi makan ini bisa membantu mengalokasikan budget dan aneka ragamnya bahan makanan yang dikonsumsi. Misalnya penggunaan ayam 6x, Telur 5 x, Sosis 1x, Abon 2x, Mie 1x, kentang 1x dst dalam 1 bulan.

Teknik menyusun menu memerlukan kreativitas dan padu padan yang pas dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

🍡 Pengulangan bahan dasar/bahan utama

🍡 Pengulangan warna

🍡 Pengulangan istilah/kata

🍡 Keseimbangan rasa

🍡 Tekstur makanan

🍡 Penggunaan bumbu

🍡 Penggunaan pelengkap (saus, kecap, kerupuk)

🍡 Penggunaan hiasan/garnish

🍡 Kandungan zat gizi.

Tips-tips Praktis Menyusun Menu Seimbang Ramadan yang Halalan Thayyiban :

🔹 Buatlah pola dan susunan menu untuk 10 hari menggunakan master menu

🔹 Variasikan bahan makanan pokok untuk penganekaragaman

🔹 Gunakan teknik memasak yang berbeda
Tak hanya menggoreng, merebus dan menumis, terdapat berbagai teknik memasak lainnya yang bisa Bunda coba dan aplikasikan dalam mengolah menu ramadan.

🔹 Siapkan bumbu dasar siap pakai yang telah diolah terlebih dahulu

manajemen menu seimbang yang halalan thayyiban selama ramadan

🔹 Berbagi resep dan cara mengolah makanan

🔹 Sertakan anggota keluarga lain dalam menyiapkan menu

🔹 Rajin membaca buku, blog, maupun kegiatan memasak lainnya.

SESI TANYA JAWAB :
1⃣   Aslmk, Bunda, bagaimana strategi bagi ibu menyusui agar bisa berpuasa dgn lancar? Perlu porsi double kah?
Fadlya_banjar_ipc3

1. Wa’alaikumsalam wr wb, Bunda Fadlya. Ketika berpuasa untuk ibu menyusui diatas 6 bulan, perlu penambahan dalam mengonsumsi makanan dan minuman setelah berbuka, yakni setelah tarawih.. Jadi porsi dan jadwalnya saja yang digeser. Ya, kurang lebih penambahan 1 porsi makanan utama dan makanan selingan. Konsumsilah cairan yang cukup minimal 3 L ya, Bunda. Konsumsi buah dan sayur juga sangat membantu. Intinya tetap penuhi kebutuhan dengan porsi sedikit tapi sering.

2⃣   Tika_Tangerang_IPC1 :
Mba, komposisi menu sahur seperti apa utk orang yang punya penyakit darah rendah ?
Bagaimana cara memaintain kandungan gula darah selama berpuasa agar tidak lemas saat beraktivitas ?
2. Mba Tika, Tekanan darah rendah bukanlah penyakit, namun kondisi tubuh yang perlu dioptimalkan dengan makanan yang cukup dan olahraga. Menu sahurnya adalah cukup karbohidrat kompleks dan protein. Untuk menjaga gula darah saat shaum, pilihlah makanan sahur dengan komposisi yang lengkap. Menu sahur mengandung karbohidrat kompleks bukan sederhana (seperti sirup, gula dsb), protein, sayur dan buah. Konsumsi karbohidrat kompleks lebih banyak akan membantu memperlambat pengosongan lambung. Sehingga rasa kenyang akan bertahan lebih lama dan gula darah pun lebih terkontrol. Jangan khawatir untuk konsumsi buah ketika sahur. Contoh yang dikonsumsi ketika sahur adalah kurma. Mengkonsumsi kurma membantu menghasilkan energi tanpa “banjir insulin”. Jangan lupa konsumsi cairannya juga diperhatikan. Lemas bisa disebabkan oleh dehidrasi juga loh bukan hanya kurang energi dan glukosa 🙂

3⃣   Eli_Sumedang_IPC1 :
Assalamu’alaikum,
a. Untuk bumbu dasar kalo ngga ada kulkas kuat berapa hari ya mba?

b. Ana cenderung membuat menu dadakan, sesuai yg ada Di warung. Ketika kbetulan ngga ada apa2 terpaksa ktemu telor lagi. Telor maksimal berapa ya dalam seminggu.

c. Dan nugget kiloan yg d supermarket itu aman ngga ya mba trutama untuk anak 1,5th ?
Terima kasih..

3. Wa’alaikumsalam wr wb, Teh Eli. a. Bumbu dasar jika sudah ready bisa bertahan hingga seminggu dalam wadah tertutup rapat. b. Telur maksimal 3-4 buah seminggu/orang, makin dewasa, lebih dari 45 tahun maksimal 3 buah/minggu. c. Saya tidak menyarankan produk olahan seperti nugget, sosis kiloan. Selain kemasannya kurang baik, biasanya lebih banyak bahan tambahan pangan (BTP) seperti pengawet, penguat rasa, anti kempal, pewarna dsb, selain itu kandungan proteinnya juga sangat rendah, karena biasanya komposisi paling banyak adalah terigu dan bahan campuran lainnya yang kita tidak ketahui. Saran saya buat sendiri saja, Bunda.. Insha allah lebih sehat, lebih aman dan lebih lezat tanpa bahan kimia pula. Anak-anak jangan dibiasakan mengonsumsi makanan olahan apalagi masih <2 tahun, ajarkan mereka pola makan dan kebiasaan makan yang baik agar tidak bermasalah dalam kebiasaan makan di kemudian hari 🙂

4⃣   Aldila_Solo_IPC :

Assalaamu’alaikum, mba ilmunya sangat bermanfaat. Saya mau tanya klo saya sahur pakai nasi jadinya ngantuk. Klo sahur pakai madu dan kurma siangnya lapar sekali. Baiknya gimana ya, untuk saya yang mungkin tidak bisa meninggalkan nasi tapi juga tidak menimbulkan efek ngantuk. Syukran mba.

4. Wa’alaikumsalam wr wb, mba Aldila… Sebenarnya yang buat ngantuk bukan nasinya, tapi biasanya porsi makannya yang berlebih… oh ya? selama ini saya dan keluarga, alhamdulillah tidak mengalaminya.. Mungkin cara mengonsumsinya berlebih dan kurang tepat. Madu dikonsumsi di awal, setelah minum air putih. Lalu konsumsi cukup 1-3 buah kurma saja… dan lanjutkan dengan makanan utama.. bisa dicoba dengan penambahan buah seperti pepaya, semangka, melon.. beberapa saat setelah makan.

5⃣   Sara_jakarta_ipc4 :

Bagaimana menu makanan yang seimbang untuk ibu hamil. Saya sedang hamil 34weeks. Terima kasih.

5. Mba Sara, menu ibu hamil sama dengan yang lainnya, hanya ketika menjelang kelahiran sebaiknya mengandung banyak karbohidrat kompleks, buah dan sayur. Dengan asupan cairan yang cukup. Sebelumnya sudahkah melihat perkiraan berat janin? Sudahkah konsultasi dengan SpOgnya ? karena beberapa ada yang memperbolehkan dan ada juga yang tidak. Porsi menu makanannya bertambah 1 porsi makanan selingan dan makanan utama. Jam makannya bergeser pada malam dan menjelang tidur, dengan frekuensi 3-4 x/hari, sat sahur, berbuka, setelah tarawih dan menjelang tidur.

6⃣   Finda-serpong-IPC3

Apakah lauk bersantan memang tidak tepat untuk menu sahur?
Apakah mononatrium glutamat sama dg msg?

6. Iya, bunda Finda. Makanan yang bersantan, pada sebagian orang memicu timbulnya rasa mual dan rasa tidak enak pada lambung, oleh karenanya, jika ingin menggunakan menu bersantan, gunakanlah santan encer dengan frekuensi penggunaannya yang tidak terlalu sering. Benar sodium=natrium, jadi itu istilah yang artinya sama, MSG 🙂

7⃣   Himsa_Medan_IPC4 :

Bagaimana mengatur menu puasa untuk hamil agar gizi bayi dalam kandungan tetap terpenuhi?

7. Bunda Himsa, sedang hamil berapa bulan? Jika berada diantara usia 1-3 bulan, tidak disarankan berpuasa.. Ketika berpuasa menu, porsi dan waktunya sama dengan ibu menyusui sebenarnya. Hanya saja disarankan makanan yang kaya asam folat, zat besi, dsb. Intinya jangan tinggalkan waktu sahur.. Konsumsilah kacang-kacangan dan cairan yang cukup agar terhindar dari dehidrasi. untuk gambaran menu ibu hamil ada disini https://nurlienda.wordpress.com/2011/09/02/gizi-ibu-hamil/. Segera berbuka jika terdapat tanda-tanda sangat haus, buang air kecil sangat sering, berbau kuat dan bewarna pekat, merasa letih, lemah, demam, mual sampai muntah, pergerakan janin menurun dan terasa kontraksi.

8⃣   Ummi irsyad_Bengkulu IPC4 :
Assalm. Mbak menu sahur dan berbuka untuk yang memiliki kolesterol tinggi apa ya mbak ?
Trus menu yang menarik supaya anak semangat sahur, karena kalau mie pasti deh semangat sekali tapi saya melarang sahur dengan mi
8. Wa’alaikumsalam wr wb, Ummi Irsyad… Hindari makanan yang berlemak, jerohan, seafood, kuning telur maksimal 2 buah/minggu dan kurangi makanan yang diolah dengan cara digoreng, dibakar menggunakan mentega. Maksimal hanya 1 jenis makanan dalam 1 sajian sahur/berbuka. Sebaiknya baik sahur maupun berbuka perbanyak konsumsi sayur dan buah. Menu menarik adalah dengan mengajak mereka untuk merencanakan, menyiapkan dan penyajiannya yang menarik perhatian.. Coba buat makanan istimewa pada saat sahur bukan saat berbuka. dengan menggunakan bumbu dasar inti yang telah dipersiapkan, sebenarnya waktu menyiapkan makan akan lebih singkat sehingga bunda jadi lebih fleksibel dalam berkreasi.

9⃣   Assalamualaikum, bisa minta contoh master menu yg 10 Hari gak apa aja gtu? Makasih

Erie-IPC 1

9. Wa’alaikumsalam wr wb. Ada di https://nurlienda.wordpress.com/2015/06/15/menyusun-menu-seimbang-ramadan-yang-sehat-dan-praktis/. Mohon maaf, saya belum sempat membuat yang rapi.. Saya baru mau menyusunnya mbak.. mudah2an rabu pagi sudah tayang updatenya diblog, silahkan berkunjung…

Waah seruu ya sesi tanya jawabnya… Tapi waktu jualah yg mengharuskan kita untuk menutup BIRU kita malam ini.

Terima kasih banyak untuk Mba Lienda sebagai narsum yang telah meluangkan waktunya berbagi ilmu kepada bunda-bunda IPCers 1/2/3/4. Semoga ilmu yang kita dapat malam ini bisa bermanfaat dan kita selalu diberikan kesehatan untuk melaksanakan ibadah di bulan ramadan ini.. Aamiien

 

Advertisements

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s