7 Tips dan Trik Berpuasa ketika Hamil

Bismillah…
Ramadan sudah memasuki hari ke-7, Sebagian ibu hamil tengah berpuasa. Bagaimanakah tips dan trik berpuasa ketika hamil?

Ibu hamil diperbolehkan berpuasa atas keputusan ibu dan merasa sanggup dengan memperhatikan hal-hal berikut :
1. Melakukan pemantauan kondisi kesehatan Ibu dan janin

Lakukanlah pemantauan kondisi kesehatan ke tenaga kesehatan (Bidan atau Dokter Kandungan) sebelum dan selama berpuasa.

2. Sebaiknya tidak berpuasa pada trimester pertama

Terdapat resiko Berat badan lahir bayi rendah lebih besar 1,5x pada Ibu hamil yang berpuasa di trimester pertama. Jadi, diskusikanlah dengan tenaga kesehatan untuk Ibu yang masih hamil muda/trimester pertama apalagi bila mengalami mual muntah hebat/hiperemesis.

3. Mengonsumsi makanan dan minuman sesuai anjuran 

Konsumsilah makanan yang cukup, bergizi dan beragam pada waktu sahur  dan berbuka. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Perbanyaklah mengonsumsi ikan-ikanan, kacang-kacangan seperti edamame. Perhatikan asupan makanan dan minuman. Ketika berpuasa yang bergeser adalah waktu makannya saja. Porsi dan jenis makanannya sama, panduan lengkap gizi ibu hamil disini. Jangan lupa asupan cairan. Seorang ibu hamil minimal mengonsumsi 2,5 L air secara bertahap untuk cegah dehidrasi. Biasakan mengonsumsi makanan yang beragam agar zat gizi saling melengkapi. Jika butuh menu ramadan, klik disini.

4. Jangan tinggalkan sahur

Lakukan sahur mendekati waktu fajar. “Dan makan dan minumlah kamu hingga terang bagimu benang putih dan benang hitam yaitu Fajar” (QS Al Baqarah 2 : 187). Jadi, batas makan sahur adalah waktu fajar (saat adzan subuh), BUKAN IMSAK. Agar tidak cepat lapar konsumsilah karbohidrat kompleks saat sahur seperti beras merah, gandum, oat dsb.

5. Berbukalah dengan karbohidrat sederhana dan Buah Segar

Kurma, madu, sirup, gula dan kentang teramat mudah diserap tubuh untuk mengembalikan energi. Konsumsilah kurma minimal 3 buah dengan tambahan potongan buah segar.

Tips dan Trik Berpuasa ketika Hamil

Sumber foto : FB Muiz Ernina

Fruktosa, atau gula buah yang dikandung aneka buah-buahan segar membantu mengembalikan kadar glukosa tubuh kembali normal. Lalu, biasakan mengonsumsi air putih. Konsumsilah makanan utama sekitar 15 menit setelahnya (setelah shalat magrib tentunya).

6. Segeralah berbuka dan temui dokter apabila terdapat tanda-tanda berikut:

Sangat haus, Buang air kecil lebih sering sampai berbau kuat atau bewarna pekat (tanda dehidrasi), sakit kepala,
pusing atau pingsan, merasa letih dan lemah, demam, mual sampai muntah, pergerakan bayi menurun, terasa kontraksi.

7. Coba berpuasa selang-seling

Berpuasa selang-seling ini tergantung kemampuan ibu hamil ybs.

Semoga tips dan trik berpuasa selama ramadan ini bisa bermanfaat…

@nurlienda

 

Referensi :

F.B Monika dan http://doctormums.com/amankah-ibu-hamil-berpuasa/

 

 

Advertisements

4 thoughts on “7 Tips dan Trik Berpuasa ketika Hamil

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s