Sudahkah Kita Menemukan Tujuan Hidup ?

Bismillah…

Usia ibarat deret hitung.

Perlahan namun pasti makin bertambah dan kesempatan untuk berkarya makin menipis…

Langkah nyata akan hidup pun perlu dipahami…

Arah apa yang akan ditempuh, bekal apa yang perlu dipersiapkan dan bagaimana cara melakoninya pun perlu kita perhatikan.

Berikut ini sebuah ilustrasi mengenai tujuan hidup yang saya dapat dari Bapak Hari Subagya :

“Pak, Saya masih bingung dengan Passion dan Mission Hidup Saya? Kadang kok seakan bertentangan, kadang kok nggak nyambung. Kadang Bingung, Galau dan Lelah. Pak Hari bisa bantu menjelaskan ini. Maksud saya Apa sih perbedaannya? Bagaimana menyelaraskannya? Mana yang lebih penting?”

Wow! Sebentar saya renungi dulu pertanyaan Mas Ya? Sabar. Begini saja. Yang Anda sukai, namun juga Anda hebat di bidang itu, maka itu namanya Passion. Kalau yang Anda sukai, dan orang lain, masyarakat, Warga Indonesia atau
bahkan dunia membutuhkannya atau memerlukanya maka itu namanya Mission.

Dan…. Kalau bisa tiga-tiganya, maka itulah TUJUAN HIDUP, Mas. Purpose itu Anda suka melakukannya, Anda hebat melakukannya dan dunia membutuhkannya, Dan satu lagi. Anda dibayar, atau mendapat keuntungan dari hal itu.

“Kalau saya dibayar dan suka melakukan hal itu namanya apa, Pak?”
PROFESSION.

“Kalau saya dibayar dan dunia membutuhkanya walau saya tidak hebat dan tidak menyukainya, Namanya apa, Pak?” Itu namanya Pekerjaan atau Vocation.

Nah, kalau kita beruntung. Bisa menemukan titik temu antara: Kita senang melakukannya, kita hebat di bidang itu, Dunia membutuhkan dan ada yang membayar atau mau membayar. Maka Itulah PURPOSE.

Itulah kenikmatan. Anda akan menghasilkan uang, namun seakan tidak bekerja, melainkan hanya melakukan hal-hal yang menyenangkan dan bermanfaat bagi orang banyak.

“Saya senang mengajar Pak, Saya senang menjalani profesi sebagai trainer? Bagaimana, Pak?”

Nah, intinya menemukan tujuan hidup itu memang menyelaraskan 4 Hal ini, Mas. Supaya seseorang misalnya, sebagai Trainer itu tidak hanya PEKERJAAN, tidak hanya PROFESI, tidak hanya MISI dan juga tidak hanya Passion. Namun bisa selaras.

Kita akan membangun motivasi agar semakin SENANG menjalani.
Kita akan membangun KEMAHIRAN.
Kita akan membangun modul-modul pelatihan yang dibutuhkan serta proses yang perlu ditempuh.
dan benar benar bermanfaat bagi orang lain.
PLUS Kita akan belajar supaya DIBAYAR dan diminati dengan baik oleh customer kita bila paham akan PURPOSE.

Sudahkah kita menemukan tujuan Hidup

“When you see  someone  who  does  things flawlessly, it’s  often  because the have spent  many hours practicing”

Jadi, Apakah tujuan hidup sahabat?

Tujuan hidup saya salah satunya adalah menjadi Health Trainer.

@nurlienda

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

