Membangun Visi Sukses Dunia dan Akhirat

Bismillah…
Banyak orang tidak memiliki visi tentang masa depan sehingga ia tidak tahu akan melangkah ke arah mana… Berbagai hal yang ia kerjakan seringkali tidak berorientasi pada masa depan.  Sebagian besar kegagalan, baik dalam skala pribadi maupun komunal, merupakan akibat dari kegagalan dalam menetapkan visi.

Sebaliknya, visi yang jelas merupakan langkah awal untuk mencapai sukses. Tanpa visi, seseorang tidak akan proaktif dalam memaksimalkan dan mengoptimalkan potensi dirinya. Tanpa visi yang jelas, pembentukan karakter, peningkatan kualitas, dan pemenuhan kompetensi inti kita tidak optimal. Kelak kontribusi kita pun sulit untuk melegenda karena visilah yang dapat membuat seseorang menciptakan realitas, tidak hanya bereaksi terhadap realitas tersebut.

Visi adalah suatu pandangan ke depan, dan tergambar jelas seolah nyata di pelupuk mata

Apabila pandangan mata hanya mampu melihat sebatas mata memandang yang jangkauannya sangat terbatas, maka visi adalah suatu pandangan tanpa batas yang mampu menembus ruang dan waktu.

Visi, pembimbing hidup dan sebuah autopilot

Memulai kejelasan mimpi untuk menjadi visi hidup bisa dimulai dengan mengenal konsep diri masing-masing. Dengan mengetahui konsep diri yang jelas, kita dapat mulai memiliki visi hidup, kita akan menentukan arah melangkah kita selanjutnya.

Membangun Visi Sukses Dunia dan Akhirat

                        Sumber gambar http://www.hippoquotes.com

Dengan mengetahui konsep diri, kita akan mengetahui secara terfokus hal-hal yang dapat kita kontribusikan… Jika kita sudah mengenal konsep diri kita, sejatinya bagi setiap muslim visi hidup tidak perlu dicari, karena ia sudah dilampirkan saat seseorang memilih Islam.

Bagi saya sebenarnya visi hidup itu given, atau diberikan Allah melalui pedoman hidup yang diturunkan bagi manusia. Hanya saja kita sering tidak peka dan kurang menyadari hal tersebut. Kita sebenarnya hanya tinggal mengembangkan visi atau arahan yang ada tadi ke dalam kehidupan kita…

Visi, Misi, Core Value, hingga Strategi hidup kita sudah terangkum dalam satu surat yang mewakili panduan manusia hidup di dunia, surat al-‘Ashr , ‘‘Demi Masa, sesungguhnya manusia dalam kerugian, kecuali yang beriman dan beramal shalih dan saling menasihati tentang kebenaran, dan saling menasihati untuk bersabar”.

Oleh karenanya dalam menjalani hidup, visi kita adalah mempertahankan iman kita sepanjang hayat.
Menancapkan keimanan ke palung hati kita bahwa alam semesta ini mempunyai Tuhan yang satu. Dan perjalanan kehidupan akan menuju pengadilan akhirat yang berujung ke surga atau neraka sebagai rumah masa depan kita. Itulah visi yang seharusnya kita lihat dalam setiap aktivitas hidup.

Lalu, Bagaimana dengan Misi Hidup ?
Misi hidup kita adalah dengan melakukan amal shalih yang diterima Allah dan paling dibutuhkan umat. Inilah hal yang melatarbelakangi kita terlahir ke dunia, melakukan amal shalih sehingga menjadikan agama kita sebagai rahmat bagi semesta alam. Berbagai amal shalih yang kita lakukan pun tentu saja untuk semakin menyematkan keimanan di dalam diri kita. Adapun core value atau nilai inti kita dalam menjalani kehidupan sesuai dengan panduan yang sudah diberikan, ialah semata kebenaran.

Strategi untuk jalani kehidupan dan mencapai visi tersebut adalah sabar dan syukur

Nah, sebenarnya kita tidak memulai visi pribadi kita dari nol loh… Karena sejatinya Allah sudah menuntun kita untuk mencapai visi hidup yang telah ditetapkan. Yang selanjutnya bisa kita lakukan adalah mengejawantahkan visi yang sudah ada tadi ke dalam bentuk personal sesuai dengan arah rencana kerja unggulan kita dalam menjalani hidup.

Jika kita memahami visi hidup, maka bekerja pun sejatinya adalah bagian dari ibadah, sebuah sarana kita untuk beramal shaleh…

Nilai dari seseorang itu ditentukan dari keberaniannya memikul tanggung jawab, mencintai hidup, dan pekerjaannya-Kahlil Gibran

Bagaimana dengan visi personalmu?

@nurlienda

#‎ODOPfor99days‬ #Day9

Advertisements

3 thoughts on “Membangun Visi Sukses Dunia dan Akhirat

  1. Pingback: #ODOPfor99days Putaran Pertama | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s