Yuk Kenali Pentingnya 1000 Hari Pertama Kelahiran

Bismillah…
Apa yang terlintas ketika mendengar kata “1000 Hari Pertama Kelahiran” ?
Bayi, Menyusui, MPASI atau hal lain ?

……………………………………………………….

1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) adalah periode emas seorang anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal dimulai saat 270 hari (9 bulan) dalam kandungan, 180 hari (6 bulan) saat masa ASI Eksklusif, dan 550 hari (18 bulan) saat masa pemberian ASI + MPASI. Pada masa ini, asupan gizi yang tepat akan berdampak pada kelangsungan hidup dan tumbuh kembang anak yang bersifat permanen dan berjangka panjang serta lebih sulit untuk diperbaiki setelah anak berusia 2 tahun.

Nah, berkaitan dengan 1000 HPK… Tema Hari Gizi Nasional tahun 2016 adalah “Bersama Membangun Gizi Mewujudkan Bangsa Sehat Berprestasi: Percepatan Perbaikan Gizi 1000 Hari Pertama Kelahiran”. Memperkuat akan eksistensi 1000 HPK untuk diterapkan di masyarakat secara tepat dan akurat. Hari Gizi Nasional (HGN) ini diperingati setiap tanggal 25 januari loh… Tema HGN ini diangkat karena perbaikan gizi pada 1000 HPK sangatlah penting demi mewujudkan bangsa sehat berprestasi.

Ibu dan anak merupakan sasaran utama Gerakan 1000 HPK. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas tahun 2010), persentase BBLR di Indonesia sebesar 8,8 persen, anak balita pendek sebesar 35,6 persen, anak balita kurus sebesar 13,3 persen, anak balita gizi kurang sebesar 17,9 persen, dan anak balita gizi lebih sebesar 12,2 persen. Dengan demikian Indonesia menghadapi masalah gizi ganda, di satu pihak mengalami kekurangan gizi di pihak lain mengalami kelebihan gizi.

Lalu, Apa Pentingnya 1000 HPK ?

Gangguan gizi pada masa 1000 HPK akan menyebabkan gangguan pada tubuh seperti :

  1. Kekurangan gizi kronis (pendek),
  2. Kelebihan gizi (gemuk), dan
  3. Gangguan gizi akut (kurus).

Berdampak jangka pendek yaitu gangguan perkembangan otak, gangguan pertumbuhan, dan gangguan metabolisme. Sedangkan dampak jangka panjang berupa rendahnya kemampuan kognitif & prestasi pendidikan, rendahnya produktivitas kerja, dan meningkatnya resiko menderita penyakit diabetes, obesitas, jantung, hipertensi, kanker, stroke, dan disabilitas pada Lansia.

Yuk Kenali Pentingnya 1000 Hari Pertama Kelahiran

Status gizi ibu tentu sangat mempengaruhi status gizi anak yang akan dilahirkan. Ibu hamil yang kurang gizi berisiko melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) yang memiliki resiko gagal tumbuh selama usia anak, remaja dan pada saat dewasa beresiko melahirkan generasi kurang gizi selanjutnya. Pemutusan rantai kekurangan gizi pada perempuan melalui gerakan 1000 HPK ini akan menghasilkan generasi baru yang lebih sehat dan cerdas.

Jadi, mari kita mulai melek gizi sejak dini. Bisa dimulai sejak remaja loh mempersiapkan generasi yang lebih baik ini…. Dengan adanya edukasi Gizi Seimbang dan Kesehatan Reproduksi secara masif. Yuk kita giatkan… Untuk mengEdukASI dan mencari informasi dari sumber terpercaya. Jika masih bingung, silahkan berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter kesayangan Anda 🙂

Yuk Kenali Pentingnya 1000 Hari Pertama Kelahiran

Panduan Gizi Ibu Hamil disini

Ibu menyusui jangan khawatir, saya sampaikan hal-hal penting terkait gizi disini

Untuk bayi hingga batita disini ya

Semoga bermanfaat

@nurlienda

‪#‎ODOPfor99days‬ #day10
Referensi :
Short and long term effects of early nutrition, James et al. 2000 (dikutip dari WHO, 2009)
Second Report on the World Nutrition Situation – Volume I: Global and Regional Results. Geneva: UN Standing Committee on Nutrition, 1992 (dikutip dari WHO, 2009)

Advertisements

2 thoughts on “Yuk Kenali Pentingnya 1000 Hari Pertama Kelahiran

  1. Pingback: Belajar Menjadi Ahli Gizi, Momentum #HGN2016 | Family Nutrition

  2. Pingback: #ODOPfor99days Putaran Pertama | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s