Yuk Jaga Ginjal Agar Sehat Optimal

Bismillah

Ginjal, sebuah organ yang allah swt ciptakan sepasang pada manusia, berukuran sebesar kacang merah, namun memiliki fungsi vital untuk manusia.

Menjaganya adalah salah satu bentuk syukur atas pemberianNya…

Yuk Jaga Ginjal Agar Sehat Optimal, infografis

Lalu, Bagaimanakah cara menjaga ginjal agar sehat optimal?

Empat tips menjaga ginjal agar tetap sehat :

1. Minumlah minimal 2,5 Liter setara 8 gelas air putih

Air  berperan  sebagai  media  melarutkan sisa  metabolisme,  sedangkan  ginjal adalah  organ  yang  berfungsi  menyaring  darah  dan  mengeluarkan  sisa  metabolisme  ini.  Jika kekurangan air, kinerja ginjal akan menjadi lebih berat. Inilah yang menyebabkan orang yang kurang minum air putih mengalami gangguan ginjal. Untuk memudahkan, kita bisa membagi waktu untuk minum, layaknya jadwal harian kita

Yuk Jaga Ginjal Agar Sehat Optimal

2. Konsumsi protein secukupnya, jangan berlebihan!

Mengkonsumsi protein nabati dan hewani secara bersamaan tidak lebih dari 6 porsi adalah pilihan yang tepat! Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) menyatakan terlalu banyak mengonsumsi protein dapat mengganggu kerja ginjal. Protein berlebih bisa menyebabkan kerja ginjal lebih berat. “Protein ini akan dipecah menjadi sitrat, yang nanti bisa menumpuk menjadi batu ginjal”.

3. Bijaklah dalam mengkonsumsi natrium

Asupan natrium yang baik adalah < 2400 mg natrium atau setara 1 1/2 sdt garam per hari. Kita mendapatkan natrium dari berbagai bahan makanan, bukan hanya berasal dari garam, MSG (penyedap rasa aneka merk), kecap, saus, makanan kaleng, makanan kemasan, minuman kemasan berelektrolit, dan berbagai makanan olahan kaya natrium loh, termasuk mie instan, sosis, nuget, abon, biskuit dan aneka minuman kemasan. Hati-hati, walaupun kita mengonsumsinya sedikit tapi jika kita konsumsi bahan yang kesemuanya mengandung natrium, maka asupan natrium hariannya jadi berlebih loh.. Ini akan memperberat kerja ginjal..

4. Lakukan pemeriksaan tekanan darah dan gula darah secara teratur

Perlu diingat penyebab  utama  kegagalan  fungsi  ginjal kronis karena seorang tersebut menderita hipertensi  dan  diabetes  melitus.  Gejala  awalnya  adalah mudah  lelah,  penurunan  daya  konsentrasi  dan  nafsu  makan,  gangguan  tidur,  keram  otot, pembengkakan pada kaki dan tumit, kulit menjadi lebih gelap, peningkatan atau penurunan frekuensi berkemih, perasaan gatal, hingga mati rasa. Lakukanlah pemeriksaan tekanan darah dan gula darah jika di rasa mengalami beberapa gejala diatas dan konsultasikan dengan dokter. Yuk lebih peduli dengan ‘alarm’ tubuh ya..

Let’s Be Aware for Our Health !

@nurlienda

#ODOPfor99days #day19

Advertisements

One thought on “Yuk Jaga Ginjal Agar Sehat Optimal

  1. Pingback: #ODOPfor99days Putaran Pertama | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s