Yuk Konsumsi Buah Lokal

Bismillah…

Buah dan sayur merupakan pangan yang kaya vitamin, mineral dan serat. Akan tetapi, tanpa kita sadari, terkadang, kita lebih sering mengonsumsi buah impor dibandingkan buah lokal. Mungkin sempat terbesit pertanyaan “kenapa kita harus beli buah lokal?”. Berikut kami paparkan 6 alasannya :

1. Lebih segar
Jarak pengiriman yang pendek membuat buah lokal lebih cepat sampai di tangan kita. Lebih cepat sampai berarti lebih segar kan? Rasanya pun lebih “fresh”.

2. Lebih banyak enzim
Karena lebih segar dan lebih cepat sampai otomatis enzimnya lebih banyak yang masih “hidup”.

3. Bebas GMO (Rekayasa Genetika)
Ada keunggulan dari petani lokal, mereka selalu menanam secara konvensional. Dari bibit ya bibit. Tidak direkayasa macam-macam. Mengonsumsi makanan yang mengandung GMO disinyalir bisa menimbulkan  efek samping seperti kemandulan, potensi kanker dan alergi loh… Jadi lebih baik waspada, dan gunakan produk lokal yang non-GMO tentunya…

4. Lebih tidak tahan lama
Eits.. Bukannya tahan lama lebih bagus dong, kan tidak cepat busuk jadi jika tidak termakan masih awet dan tidak perlu dibuang? Kalau awet itu tandanya banyak pengawetnya loh… Semakin tahan lama buahnya semakin banyak pengawetnya dan minim gizinya… Lah terus jika sudah tidak ada gizinya untuk apa dimakan? Nantinya sama kaya makan kerupuk hehe…

5. Jenis buah lokal lebih bervariasi
Beberapa waktu yang lalu kita dibanjiri buah naga dan mangga, sekarang musimnya rambutan, manggis dan durian. Setelahnya duku dan aneka jenis buah lainnya. Insya allah tidak ada habis-habisnya panen buah… Belum termasuk buah langka: jamblang, lobi-lobi, langsat dll. Hampir dari buah A-Z kita punya jenisnya. Kecuali Z(zaitun) tidak bisa berbuah di sini ya…. Jadi A-Y ya.

6. Membantu petani lokal
Petani lokal adalah saudara kita. Membantu membeli produknya secara tidak langsung kita juga menggerakkan perekonomian kita sendiri dan negara. Petani lokal akan giat bercocok tanam buah, sayur dan sebagainya jika ada konsumennya.. Siapa konsumennya ? Ya kita dong….

Lalu, jika beli buah lokal terus kapan beli buah impornya? Ya boleh saja, sebenarnya.. Jarang-jarang atau sesekali saja dan belinya buah yang memang tidak diproduksi di Indonesia, OK kok..

Yuk biasakan konsumsi buah setiap hari.. Konsumsilah buat setidaknya 3 porsi sehari untuk dewasa…..

Konsumsi buah lokal saat sarapan juga ok, loh…. Sebagai appetizer…

Yuk Konsumsi Buah Lokal

Ini buah yang saya konsumsi tadi pagi dan sebagai snack sore loh….

Pengen tau waktu yang optimal konsumsi buah ? Disini

Nah, Kalau bukan kita yang mencintai produk kita sendiri, siapa lagi ?

Sudahkah mengonsumsi buah hari ini ?

@nurlienda

#ODOPfor99days #day21

Advertisements

One thought on “Yuk Konsumsi Buah Lokal

  1. Pingback: #ODOPfor99days Putaran Pertama | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s