Tips Mengaplikasikan Adab Makan sesuai Sunnah

Bismillah….

Siapa yang ingin doanya dikabulkan ?

Siapa yang ingin makanannya dapat dicerna dan bermanfaat untuk tubuh ?

Angkat tangannya…

Tips Mengaplikasikan Adab Makan sesuai Sunnah

Ikutilah petunjuk makan dan minum yang benar. Layaknya obat, makan dan minum pun ada caranya loh…

Sebagai muslim, betapa beruntungnya kita. Allah swt telah memberi pedoman cara makan yang baik dan benar. Hal ini dapat kita temukan dalam sunnah yang rasulullah saw terapkan dalam kehidupannya sehari-hari. Kita menyebutnya dengan istilah Adab Makan dan Minum.

Memangnya, penting ya mengonsumsi makanan dan minuman sesuai sunnah ?

Penting jika ingin mendapatkan berkah atas rizqinya dan ingin mendapatkan ganjaran pahala atas setiap suapan makanan yang masuk ke mulutnya.

Caranya bagaimana ?

Ikutilah adab makan dan minum sesuai sunnah setiap saat.

Nah, biar kebayang bentuknya seperti apa, mari kita simak video berikut :

Lalu, Bagaimana tips menjalankan adab makan sesuai sunnah ?

1. Mencuci Tangan Sebelum Dan Sesudah Makan

Sahabat Anas a berkata, “Aku mendengar Rasulullah n bersabda, ‘Barangsiapa menginginginkan agar Allah memperbanyak kebaikan rumahnya, maka hendaklah ia berwudhu ketika santapannya datang dan diangkat.” (HR. Baihaqi dan Ibnu Majah).  Disebutkan dalam al Mausu’ah : “Dianjurkan untuk mencuci tangan sebelum makan. Agar ketika kedua tangan tersebut digunakan untuk makan, dalam kondisi bersih, sehingga menghindarkan seseorang tertimpa penyakit karena adanya kotoran. Dan dikatakan bahwa seperti itu (mencuci tangan sebelum makan) mencegah kefakiran. Sebagaimana disebutkan dalam hadits : “Wudhu sebelum makan mencegah kefakiran.”[2]

2. Makan Dengan Berjama’ah

Berkumpul bersama menghadapi hidangan makanan adalah termasuk tuntunan sunnah.  Dengannya Allah akan mendatangkan keberkahan dalam makanan tersebut, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits seseorang datang kepada Rasulullah saw berkata :  “Ya Rasulullah, kami ini setiap kali menyantap makanan tidak pernah kenyang.” Maka Rasulullah berkata : “Pasti masing-masing kamu makan sendiri-sendiri.” Orang tersebut menjawab : “Benar ya Rasulullah.” Maka beliau berkata : “Jama’ahlah dalam menyantap hidanganmu dan sebut nama Allah padanya, niscaya akan mengandung berkah bagimu.” (HR. Abu Dawwud dan Ahmad)

“Sesungguhnya makanan satu orang itu akan mencukupi untuk dua orang, makanan dua orang akan mencukupi untuk tiga atau empat orang, dan makanan empat orang cukup untuk delapan orang.” (HR. Muslim)[3]

3. Duduk Ketika Makan dan Minum dengan Posisi Tegak dan Tidak Bersandar

Diriwayatkan dari Anas a bahwa Rasulullah saw telah melarang seseorang dari minum sambil berdiri. Qatadah berkata, “Kemudian kami bertanya kepada Anas tentang makan. Ia menjawab bahwa itu lebih buruk.” (HR. Muslim)

Anas bin Malik a berkata, “Aku melihat Rasulullah saw duduk tegak ketika memakan buah kurma.” (HR. Muslim)

Rasulullah saw bersabda : “Sesungguhnya aku tidak makan sambil bersandar.”

4. Membaca Dzikir-Dzikir (Doa) Makan

Beberapa dzikir dan doa yang dibaca dikala menghadapi hidangan :

Doa Sebelum makan

Membaca basmallah atas makanan adalah sebuah tuntunan sunnah yang hendaknya tidak ditinggalkan oleh seorang muslim. Agar ia tidak memberikan keluasan kepada syaitan untuk menguasai dirinya. Nabi saw bersabda : ”Sesungguhnya syaithan menghalalkan makanan (yang dimakan oleh manusia yang ia mendapatkan bagian daripadanya), kecuali yang disebutkan nama Allah atasnya.” (HR. Muslim)

Dari ’Aisyah ra ia berkata, Telah bersabda Rasulullah saw : ”Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka katakanlah : ’bismillah’ (dengan menyebut nama Allah). Jika ia lupa (menyebut) di awalnya, maka katakanlah (ketika ingat) : “Dengan menyebut nama Allah di awal dan di akhirnya.” (HR. Tirmidzi)

Doa sesudah makan

Doa sesudah makan adalah  dengan mengucap hamdalah, yakni pujian kepada Allah. Anas bin Malik a meriwayatkan bahwa Rasulullah saw  bersabda : “Sesungguhnya Allah meridhai seorang hamba yang ketka makan suatu makanan lalu dia mengucapkan Alhamdulillah. Dan apabila dia minum suatu minuman maka diapun mengucapkan : Alhamdulillah.”[5]

“Segala puji bagi Allah yang memberi makan ini kepadaku dan yang memberi rezeki kepadaku tanpa daya dan kekuatanku.”[6]

Rasulullah saw  bersabda : “Barangsiapa yang makan suatu makanan, kemudian dia mengucapkan : Alhamdulillah alladzi … quwwatin, segala dosanya yang telah lampau akan diampuni.” (HR. At-Tirmidzi)

Bersambung ……

#ODOPfor99days #day22

@nurlienda

 

Advertisements

2 thoughts on “Tips Mengaplikasikan Adab Makan sesuai Sunnah

  1. Pingback: Tips Mengaplikasikan Adab Makan sesuai Sunnah Bagian 2 | Family Nutrition

  2. Pingback: #ODOPfor99days Putaran Pertama | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s