Tips Mengaplikasikan Adab Makan sesuai Sunnah Bagian 2

Bismillah…

Aktivitas makan dan minum merupakan rangkaian dari ibadah loh…
Apabila kita meniatkan untuk itu, memberi hak tubuh dan bersyukur kepadaNya.
Mendapatkan berkah atas rizqiNya dan ingin mendapatkan ganjaran pahala atas setiap suapan makanan dan tegukkan minuman yang masuk ke mulut, adalah salah satu yang kita harapkan dalam doa sebelum dan setelah makan.

Lalu,  Apa Tips Mengaplikasikan Adab Makan sesuai Sunnah Selanjutnya ?

Tips Mengaplikasikan Adab Makan sesuai Sunnah Bagian 2

5. Makan dan Minum Menggunakan Tangan Kanan dan Mengambil Hidangan yang Terdekat
Umar bin Abu Salamah ra berkata : “Pernah aku menjadi seorang budak di bawah pengawasan Rasulullah saw Ketika (makan), tanganku bergerak di tempat makanan, Rasulullah saw. menegurku, “Hai anak, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang dekat denganmu.” (HR. Muslim)
Rasulullah saw juga bersabda : “Keberkahan itu akan turun di tengah-tengah makanan, maka makanlah dari pinggir-pinggirnya dan jangan kamu makan dari tengahnya.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban)
Diantara hikmah tuntunan ini adalah untuk menuntunkan akhlaq yang baik ketika makan. Bila seseorang makan dari bagian tengahnya, akan nampak keburukan (kelihatan rakus) dan mengganggu teman yang ada di dekatnya.

Dalam kitab Ihya’ Ulumiddinnya, Imam Al-Ghazali menjelaskan “Aktifitas makan itu dapat dilihat dari 4 sisi, yaitu makan dengan menggunakan satu jari dapat menghindarkan seseorang dari sifat marah, dengan dua jari akan menghindarkan dari sifat sombong, makan dengan tiga jari akan menghindarkan dari sifat lupa dan makan dengan menggunakan empat atau lima jari dapat menghindarkan dari sifat rakus. Mengapa Rasulullah menggunakan tiga jari? Sesungguhnya makan menggunakan tiga jari akan membuat setiap orang dapat mengukur porsi makanan yang cocok bagi dirinya. 

6. Mengunyah Makanan Dengan Baik
Adab yang harus tetap dipelihara. Sebab, menelan makanan yang tidak dikunyah dengan baik dapat menimbulkan efek negatif dan dapat mengganggu kesehatan seperti perut kembung. Demikian juga halnya jika makanan tidak dikunyah dengan baik, maka makanan tidak akan tercerna dengan baik dan dapat menyebabkannya berlebihan dalam makan yakni kita lupa alarm kenyang. Ups, hati-hati kawan…

7. Meneguk Minuman Perlahan
Rasulullah saw bersabda: “Janganlah kalian minum dengan sekali teguk seperti minumnya unta, tetapi minumlah dua atau tiga kali teguk. Dan bacalah Basmalah jika kalian minum, serta bacalah Hamdalah jika kalian selesai minum.”(HR. Tirmidzi)
Cara minum yang disunnahkan adalah dengan minum berlahan-lahan. Disebutkan didalam hadits Anas bin Malik ra, beliau berkata : Rasulullah saw biasanya mengambil nafas sebanyak tiga kali sewaktu minum, dan beliau bersabda : “Sesungguhnya hal ini akan lebih menghilangkan rasa dahaga, lebih menjaga dan lebih bermanfaat.“ (Mutafaqqun ‘Alaih)

8. Larangan Meniup Minuman dan Makanan
Ibnu Abbas a meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad saw telah melarang bernafas di dalam bejana atau meniup air di dalamnya. (Hr. Tirmidzi)

9. Tidak Mencela Makanan yang Disajikan Kepadanya
Abu Hurairah aberkata : “Rasulullah saw sama sekali tidak pernah mencela suatu makanan pun. Apabila beliau berselera terhadap sebuah hidangan, maka beliau memakannya, dan jika beliau tidak menyukainya, maka beliau meninggalkannya.” (Mutafaqqun ‘Alaih)

10. Memungut Makanan yang Terjatuh
Jika makanan yang akan atau yang sedang dimakan seseorang terjatuh di lantai, hendaklah ia membersihkan kotorannya kemudian ia makan, jangan membiarkannya makanan itu terbuang percuma. Rasulullah saw bersabda : “Jika salah seorang dari kalian makan lalu makanan tersebut terjatuh, hendaklah ia memungut dan membuang kotorannya kemudian memakannya, jangan sampai ia membiarkannya untuk syaitan.”

11. Berhenti Makan Sebelum Kekenyangan
Rasulullah saw bersabda: “Tidak ada suatu tempat hunian anak Adam yang lebih buruk daripada perutnya. Cukuplah bagi anak Adam beberapa suap saja, sekedar dapat menegakkan tulang punggungnya. Jika terpaksa ia harus berbuat, maka hendaknya sepertiga diisi untuk makanannya dan sepertiga diisi untuk minumannya, serta sepertiga lagi diisi untuk nafasnya.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)
Kami adalah orang-orang yang tidak makan kecuali setelah lapar dan bila makan, kami tidak sampai kenyang dan termasuk berlebihan adalah ketika engkau memakan semua yang engkau inginkan (Nabi Muhammad saw)

12. Menjilati Makanan
Rasulullah saw bersabda : “Dan janganlah seseorang (ketika makan) mengusap tangannya dengan serbet, sebelum ia menjilati tangannya, karena seseorang itu tidak mengetahui pada makanannya yang mana yang mengandung berkah untuknya.” (Mutafaqqun ‘Alaih).

Yuk, Jalankan dua belas Mengaplikasikan adab makan sesuai sunnah…

Bagaimana denganmu, Sudahkan mencoba menjalankannya?

#ODOPfor99days #day25

@nurlienda

Advertisements

2 thoughts on “Tips Mengaplikasikan Adab Makan sesuai Sunnah Bagian 2

  1. Pingback: Tips Mengaplikasikan Adab Makan sesuai Sunnah | Family Nutrition

  2. Pingback: #ODOPfor99days Putaran Pertama | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s