Yuk Berolahraga dan Berlatih

Bismillah…

Tubuh yang sehat, akal yang kreatif dan semangat untuk produktif merupakan aset manusia.

Tubuh yang kuat sering diidentikan dengan mental yang sehat pula.

Sebenarnya, bagaimanakah cara untuk melatih kesehatan fisik, mental dan akal sekaligus ?

Jawabannya adalah dengan exercise, berolahraga dan berlatih secara rutin.

Nah, pada kesempatan ini kami akan mengulas buku yang berjudul Brain Rules karya John Medina, seorang Profesor Bidang Rekayasa Biologis. Terdiri dari 12 Bab yang saling melengkapi satu sama lain dengan rincian sebagai berikut :

Yuk Berolahraga dan Berlatih, Brain Rules

1. Olahraga
Aturan 1# Olahraga meningkatkan kekuatan otak.
Otak manusia dirancang untuk berjalan kaki hingga 19 kilometer perhari loh… Untuk meningkatkan kemampuan berfikir, bergeraklah ! Olahraga memompakan darah ke otak, mengalirkan glukosa untuk energi dan oksigen untuk menyerap elektron beracun yang merupakan sisa-sisa metabolisme. Olahraga juga merangsang protein yang membuat neuron tetap terhubung. Faktanya, olahraga aerobik 2x seminggu dapat memangkas separuh resiko terkena dementia loh… Olahraga aerobik juga menurunkan resiko alzheimer sebesar 60 %. Bab pertama ini, cukup menohok untuk segera kembali menjalankan gaya hidup sehat yang sempat terabaikan seminggu terakhir hehe, karena malas berolah raga.

2. Bertahan hidup
Aturan 2# Otak manusia juga berevolusi.
Kita tidak hanya memiliki satu otak di kepala kita; tapi ada tiga. Kita awali dengan ”otak reptil” yang membuat kita tetap bernafas, otak memiliki lapisan tipis jelly yang dikenal sebagai korteks. Kita pun memiliki penalaran simbolis, bakat manusia yang unik. Penalaran itu mungkin muncul dari kebutuhan kita memahami niat dan motivasi sesama sehingga memungkinkan kita berkoordinasi dalam satu kelompok loh…

3. Susunan
Aturan 3# Setiap otak memiliki susunan yang berbeda.
Apa yang kita lakukan dan pelajari dalam kehidupan mengubah bentuk fisik otak. Hal itu secara harfiah mengubah susunannya. Berbagai wilayah otak berkembang dalam tingkat yang berbeda pada orang yang berbeda. Tidak ada dua otak manusia yang sama yang menyimpan informasi yang sama dengan cara yang sama di tempat yang sama. Oleh karenanya, kita memiliki banyak cara untuk menjadi cerdas; banyak dari cara itu tidak muncul dalam tes IQ.

4. Perhatian
Aturan 4 # Kita tidak menaruh perhatian pada hal-hal yang membosankan.
”Lampu sorot” perhatian otak hanya dapat berfokus pada satu hal pada satu waktu: Jadi, tidak ada multi tasking, pada kenyataannya. Kita lebih hebat dalam mengamati pola dan mengabstraksikan makna suatu peristiwa ketimbang merekam detail. Mengelola emosi membantu otak untuk belajar.  Mood yang kita pahami sebenarnya adalah bentuk pengelolaan emosi.

5. Memori Jangka Pendek
Aturan 5 # Ulangi untuk mengingat.
Otak memiliki banyak jenis sistem memori. Salah satu tipe memiliki empat tahap pengolahan : mengodekan, menyimpan, memanggil, dan melupakan. Informasi yang masuk ke otak anda langsung dipecah menjadi kepingan-kepingan yang dikirimkan ke berbagai wilayah korteks untuk disimpan. Sebagian besar peristiwa yang meramalkan apakah sesuatu yang dipelajari juga akan diingat terjadi pada beberapa detik pertama pembelajaran. Semakin rumit kita mengodekan satu memori pada momen-momen awal, semakin kuat memori itu. Kita dapat meningkatkan peluang mengingat sesuatu bila mereproduksi atau menyusun ulang lingkungan tempat anda pertama kali memasukkan sesuatu itu ke otak.

6. Memori Jangka Panjang
Aturan 6# Ingatlah untuk mengulang.
Sebagian besar memori menghilang dalam hitungan menit, tapi memori yang mampu melalui periode yang rapuh itu akan menguat seiring waktu. Memori jangka panjang terbentuk dalam percakapan dua arah antara hippocampus dan korteks, sampai hippocampus melepaskan hubungan tersebut dan memori itu terbentuk dalam korteks – yang bisa makan waktu bertahun-tahun. Otak hanya memberi kita pandangan kira-kira mengenai realitas karena otak kita mencapuradukkan pengetahuan baru dengan memori-memori masa lalu dan menyimpan semua menjadi satu.
Cara membuat memori jangka panjang lebih dapat diandalkan adalah memasukkan semua informasi baru secara bertahap dan mengulanginya dalam jeda yang terpola waktunya.

Bersambung….

@nurlienda
#ODOPfor99days #day27

Advertisements

2 thoughts on “Yuk Berolahraga dan Berlatih

  1. Pingback: Yuk Berolahraga dan Berlatih Bagian 2 | Family Nutrition

  2. Pingback: #ODOPfor99days Putaran Pertama | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s