Yuk Berolahraga dan Berlatih Bagian 2

Bismillah

Tubuh yang sehat merupakan modal untuk beraktivitas dan produktif. Jika sebelumnya sudah dibahas 6 bagian dari 12 brain rules disini, kita bahas lanjutannya :

7. Tidur

Aturan 7# Tidur baik, berfikir pun baik.
Otak mengalami ketegangan terus-menerus antara sel serta senyawa kimiawi yang berusaha membuat anda tidur dan sel serta senyawa kimiawi yang berusaha membuat anda terus terjaga. Saraf otak anda menunjukkan kegiatan ritmis yang giat ketika anda tertidur – mungkin memutar ulang apa yang anda pelajari hari itu. Porsi kebutuhan tidur dan kapan mereka tidur berbeda-beda pada setiap orang, tapi dorongan biologis untuk tidur siang adalah hal yang universal. Kurang tidur akan menurunkan perhatian atau daya tangkap, fungsi eksekutif, memori kerja, mood, ketrampilan kuantitatif, penalaran logis, bahkan ketangkasan motorik.

8. Stress

Aturan 8# Otak yang tertekan tidak belajar secara sama.
Sistem pertahanan tubuh melalui pelepasan adrenalin dan kortisol. Hal ini dibangun untuk memberikan respons seketika terhadap satu bahaya yang serius tapi sekilas sifatnya. Seperti taring macan. Stres kronis, seperti pertengkaran di dalam rumah, dapat melemahkan sistem yang dibangun, hanya untuk menangani respons-respons jangka pendek. Dibawah stres kronis, adrenalin menciptakan goresan dalam jalan darah anda sehingga dapat mengakibatkan serangan jantung atau stroke, melumpuhkan kemampuan belajar dan mengingat.
Secara individu, jenis stres terburuk adalah perasaan bahwa anda tidak memiliki kendala terhadap permasalahan yang ada – Anda tidak berdaya. Merasa semua akan diatasi dengan mudah, tanpa mengukur kemampuan, astagfirullah….. Stres emosional memiliki dampak besar pada seluruh masyarakat, kemampuan anak untuk belajar di Sekolah dan produktivitas karyawan di Tempat kerja.

9. Integrasi Sensoris

Aturan 9# Rangsanglah indera lebih banyak.
Kita menyerap informasi tentang suatu peristiwa melalui panca indera, menerjemahkannya dalam sinyal-sinyal listrik (ada sinyal untuk penglihatan, sinyal untuk suara, dan lain sebagainya), menyebarkannya ke bagian-bagian terpisah dari otak, kemudian merekonstruksi apa yang terjadi sampai akhirnya mempersepsikan peristiwa itu secara utuh. Sebagian otak mengandalkan pengalaman masa lalu untuk menentukan cara menggabungkan sinyal-sinyal itu sehingga dua orang dapat mempersepsikan satu peristiwa yang sama secara berbeda. Indera-indera berevolusi untuk bekerja sama. Contohnya penglihatan mempengaruhi pendengaran, sehingga belajar paling baik jika dapat merangsang semua indera secara bersamaan. Bebauan dan aroma memiliki kekuatan yang tak biasa untuk memunculkan kembali memori, mungkin dikarenakan sinyal bebauan melewati thalamus dan langsung mengarah ke tujuan, yang mencakup pengendali emosi bernama amygdala.

10. Penglihatan

Aturan 10# Penglihatan mengungguli indera-indera lain.
Sejauh ini, penglihatan adalah indera yang paling dominan, menyedot separuh dari sumber daya otak kita.
Apa yang kita lihat hanyalah apa yang diberitahukan otak untuk kita lihat dan itu tidak 100 % akurat.
Analisis virtual yang kita lakukan memiiliki banyak langkah. Retina mengumpulkan foton menjadi arus-arus kecil informasi laksana film. Korteks visula memproses arus-arus itu, sejumlah wilayah mencatat gerakan, yang lain mencatat warna, dan seterusnya. Akhirnya kita menggabungkan lagi informasi itu supaya kita dapat lihat. Kita paling bagus belajar dan mengingat dengan gambar. Bukan dengan kata-kata tertulis atau terucap.

11. Gender

Aturan 11# Otak pria dan wanita berbeda.
Kromosom X, yang jumlahnya 1 pada pria dan 2 pada wanita – meskipun yang satunya berfungsi sebagai cadangan – adalah ”titik panas” kognitif yang mengandung persentase gen yang tidak lazim besarnya. Gen-gen itu berperan dalam pembentukan otak. Wanita lebih kompleks secara genetik karena kromosom X yang aktif dalam sel-sel mereka adalah gabungan dari kromosom X ayah dan ibu. Semua kromosom X pria berasal dari ibu, sementara kromosom Y pria hanya membawa kurang dari 100 gen. Di lain pihak, kromosom X membawa sekitar 1.500 gen.
Otak pria dan wanita berbeda secara struktural serta biokimiawi – misalnya, pria memiliki amygdala yang lebih besar dan memproduksi serotonin lebih cepat – tapi kita tidak tahu apakah perbedaan-perbedaan itu memiliki dampak signifikan. Pria dan wanita memiliki respons yang berbeda terhadap stres akut: wanita mengaktifkan amygdala belahan kiri dan mengingat detail emosional. Pria menggunakan amygdala kanan dan mendapatkan gambaran umum.

12. Eksplorasi

Aturan 12# Kita adalah penjelajah yang kuat dan alami.
Bayi adalah model cara kita belajar – bukan dengan reaksi pasif terhadap lingkungan, melainkan melalui pengujian aktif lewat observasi, hipotesis, eksperimen, dan konklusi. Bagian-bagian spesifik otak memungkinkan pendekatan ilmiah itu. Korteks prefontal kanan mencari-cari kesalahan dalam hipotesis kita (”Harimau bertaring itu tidaklah jinak”), dan wilayah yang berdekatan memberitahu kita untuk mengubah perilaku (”lari”). Kita dapat mengenali dan meniru perilaku karena ”saraf-saraf cermin” yang tersebar diseluruh otak. Beberapa bagian otak dewasa kita tetap lentur seperti bagian otak bayi supaya kita dapat menciptakan saraf-saraf dan mempelajari hal- hal baru sepanjang hayat.

Yuk Berolahraga dan Berlatih, John Medina

Buku ini recommended untuk siapapun yang ingin pahami cara kerja exercise terhadap otak. Selain itu, Sang Penulis, John Medina juga menyediakan website sendiri yang memuat ulasan buku-bukunya dalam bentuk artikel dan video-video yang cukup menarik dan mudah dipahami.

#ODOPfor99days #day28

@nurlienda

Advertisements

2 thoughts on “Yuk Berolahraga dan Berlatih Bagian 2

  1. Pingback: Yuk Berolahraga dan Berlatih | Family Nutrition

  2. Pingback: #ODOPfor99days Putaran Pertama | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s