7 Cara Mengolah Sayur yang SEHAT dan BerGIZI

Bismillah

Sayur, sekelompok bahan makanan yang mudah kita temui di negara kita.

7 Cara Mengolah Sayur yang SEHAT dan BerGIZI, contoh hidangan sayur

Tapi, apakah Anda mengkonsumsi sayur setiap hari ?

Faktanya, sayur merupakan sumber zat gizi (mineral dan vitamin), kaya akan serat dan antioksidan. Beberapa jenis vitamin mudah sekali rusak jika dipanaskan loh. Cara mempertahankan agar vitamin tetap utuh adalah mengkonsumsi sayuran segar tanpa dimasak. Namun, bagi orang yang tidak biasa memakan sayuran mentah tentu sulit menerima. Disamping itu memasak sayuran dapat mengurangi resiko bahaya pencemaran oleh telur cacing dan mikroorganisme berbahaya. Berikut ini beberapa tips dan cara memasak sayuran agar kandungan zat gizi di dalam sayuran tersebut tidak banyak terbuang sia-sia.

Lalu, bagaimana cara mengolah sayur yang sehat dan bergizi ?

7 Cara mengolah sayur agar tetap sehat dan bergizi :
1. Sayuran dicuci dahulu baru dipotong bukan sebaliknya
2. Masak sayuran jangan terlalu lama, tidak perlu hingga terlalu empuk ya
3. Sayuran sumber vitamin A (wortel, tomat, dsb) sebaiknya ditumis atau dengan santan
4. Masak sayuran hijau sedapat mungkin dengan panci stainless atau panci email agar zat-zat dalam sayuran tidak bereaksi dengan logam
5. Mengukus merupakan metode memasak sayuran yang paling sehat. Karena cara ini dapat mempertahankan gizi dan mematangkan sayuran dalam waktu yang singkat. Didihkan lebih dahulu air di dalam alat pengukus, setelah mendidih barulah sayuran dikukus.
6. Merebus sayuran merupakan cara memasak sayuran yang paling banyak merusak atau menghilangkan kandungan zat gizi. Bila kita menggunakan cara merebus untuk memasak sayuran maka didihkanlah lebih dahulu air kemudian biarkan air mendidih kurang lebih 2 menit hingga oksigen berkurang barulah kemudian kita masukkan sayurnya. Sebaiknya memasak sayuran tidak lebih dari 5 menit, kecuali beberapa jenis sayur yang memerlukan waktu lama (misalnya sayur nangka).
7. Hindari menggunakan minyak jelantah untuk menumis dan menggoreng dan MSG (vetsin, bumbu penyedap, bumbu instan).

Jika ingin mengetahui metode memasak yang tepat untuk sayur disini 

7 Cara Mengolah Sayur yang SEHAT dan BerGIZI

Semoga bermanfaat….

Happy Cooking, Bunda !

Bagaimana dengan cara Bunda dalam mengolah sayur ? 

@nurlienda

#ODOPfor99days #day29

Advertisements

3 thoughts on “7 Cara Mengolah Sayur yang SEHAT dan BerGIZI

  1. Pingback: #ODOPfor99days Putaran Pertama | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s