Yuk Diet Kantong Plastik

Bismillah…

Kantong plastik menjadi salah satu bagian dari aktivitas berbelanja di Indonesia.

Baik di pasar tradisional, warung pinggir jalan dan komplek perumahan, mini market yang tersebar hampir di setiap persimpangan jalan hingga supermarket yang nongkrong di mall…..

Tahukah Anda, Indonesia, negara tertinggi ke-2 dunia yang menyumbang sampah plastik ke lautan ? Sebuah capaian yang sangat menyedihkan (dan memalukan) hiks hiks hiks…

Oleh karenanya, Mari kita mulai jalankan Diet Kantong Plastik…

Yuk Diet Kantong Plastik

Nah guna mengurangi sampah plastik, mulai 21 Februari 2016, bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional, Pemerintah akan memberlakukan biaya untuk setiap kantong plastik yang digunakan di tempat perbelanjaan seperti di toko, supermarket dan mini market. Biaya kantong plastik yang dibebankan pada konsumen berkisar antara 500-2000 rupiah/plastik. Wiiih.. lumayan kan… Hal ini dimaksudkan agar dapat mengurangi sampah yang sangat sulit diurai ini. Agar kita sebagai konsumen dapat lebih bijak menggunakan plastik.

Lalu, Apa yang bisa kita lakukan untuk mendukung pengurangan sampah plastik ini?

Berikut hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan :

1. Selalu sediakan dan bawa kantong kain untuk menempatkan barang belanjaan (bisa pake aneka tas lucu & imut, selain trendi juga lebih safe loh)

2. Pilih kemasan kertas atau karton daripada kemasan plastik

3. Beli barang dalam jumlah banyak, untuk mengurangi sampah kemasan. Hindari produk yang dikemas dalam sachet satuan. Bila ada, pilih produk curah yang bisa menggunakan kemasan isi ulang

4. Selalu bawa tempat makan dan minum sendiri. Jika kita membeli makan/minum di luar, gunakan tempat yang kita bawa, dibandingkan menggunakan kemasan plastik atau stereofoam yang sulit diurai dan kurang baik juga untuk kesehatan loh… Karena bersifat karsinogenik wadah seperti itu jika digunakan untuk mengemas makanan dan minuman, apalagi jika digunakan untuk mengemas dalam suhu tinggi.

5. Ajak orang sekitar untuk melakukan diet yang sama, Diet Kantong Plastik. Silahkan ajak saudara, kerabat, dan anggota keluarga untuk mendukung Aksi Nyata ini. Dengan semakin banyak yang melakukan diet ini di sekitar kita, maka motivasi untuk terus melaksanakannya akan semakin besar dan menjadi pengingat dan bahkan saling mengingatkan agar tetap konsisten.

Get Ready for this Diet! 

Bila ingin meng-share tulisan ini juga boleh, barangkali bisa menjadi secercah inspirasi dan bermanfaat untuk mengajak orang lain untuk bergerak. Bayangkan bila setiap orang melakukan ini, berapa banyak plastik yang bisa kita kurangi?

Bagaimana dengan Anda, sudahkah menyiapkan amunisinya ?

@nurlienda

#ODOPfor99days #day30

Advertisements

One thought on “Yuk Diet Kantong Plastik

  1. Pingback: #ODOPfor99days Putaran Pertama | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s