9 Tips Pola Makan Sehat untuk Ibu Hamil

Bismillah
Ibu hamil, merupakan salah satu penentu kesehatan dan perkembangan janin yang dikandungnya. Pada masa-masa awal kehamilan terkadang para ibu hamil mengalami berbagai masalah pada pola makannya. Dimulai dengan morning sickness, yang ditandai mual dan muntah di pagi hari, ngidam pada sebagian ibu, tidak mau makan dan sebagainya. Berbagai faktor dapat berpengaruh terhadap pola makan ibu baik disadari maupun tidak. Padahal Gizi Ibu Hamil erat kaitannya dengan kesehatan ibu dan janin serta persiapan masa kelahiran kelak. Oleh karenanya, pada kesempatan ini kami akan memaparkan sembilan tips pola makan sehat untuk ibu hamil :

9 Tips Pola Makan Sehat untuk Ibu Hamil

1# Pilihlah variasi makanan dari tiap kelompok makanan yang berbeda, untuk menjamin keseimbangan zat gizi. Selain menambah dan memperkaya zat gizi, mengonsumsi beranekaragam makanan pada masa kehamilan, menjadi waktu yang pas untuk penanaman kebiasaan makan yang sehat dan baik bagi janin loh..

2# Makan teratur 3 kali sehari, dan konsumsi makanan ringan sebagai selingan 2 sampai 3 kali sehari. Makan dengan porsi kecil tapi sering untuk ibu yang mengalami berat badan rendah dapat menjadi solusi praktis dan dapat dipraktekkan untuk mengurangi mual juga loh…

3# Dapatkan serat dari buah, sayur, gandum, sereal, dan kacang-kacangan. Serat alami yang diproses dengan dikunyah dengan benar akan membantu enzim untuk memudahkan dalam mencernanya. Konsumsi serat yang tepat akan menghindarkan ibu hamil dari sembelit dan konstipasi.

4# Minumlah air  sedikitnya 8 gelas sehari. Jika perlu, bisa ditambahkan dengan mengonsumsi susu rendah lemak, jus buah segar dan sup.

5# Konsumsilah satu porsi ikan kaya minyak seperti ikan kod, ikan laut dalam (ikan tuna, salmon, kakap laut dan sebagainya) serta satu hingga tiga porsi ikan segar setiap minggu.

6# Gunakan minyak sayur, seperti minyak jagung, zaitun, dan bunga matahari dalam masakan Ibu. Gunakan sedikit saja untuk menumis bukan menggoreng ya…

7# Hindari makanan olahan berpengawet. Biasanya mengandung garam dengan kadar tinggi dan bahan tambahan makanan lain. Bahan makanan olahan ini seperti kornet, sosis, sarden, nugget dan aneka makanan kaleng lainnya.

8# Hindari kafein yang terkandung pada coklat, teh dan kopi. Bagi para penggemar kopi, konsumsi kopi perharinya juga harus dikurangi. Menurut beberapa studi, konsumsi kafein baik dari kopi atau teh dan yang lainnya meningkatkan risiko untuk spontan aborsi atau prematuritas.

9# Batasi konsumsi permen, keripik, kue, biskuit, lemak, minyak, dan gula. Walau berkalori, mereka tidak banyak nilai gizinya. Lezat namun miskin zat gizi. Mengganti camilan dengan buah-buahan dan sayuran lebih sehat dan aman bagi janin loh.. Selain sehat juga menyegarkan 🙂

Bagaimana dengan Bunda, adakah tips lain yang bisa dibagikan ?

#ODOPfor99days #day32

@nurlienda

Referensi :

Hahn KA, Wise LA, Rothman KJ, Mikkelsen EM, Brogly SB, Sørensen HT, et al.. Caffeine and caffeinated beverage consumption and risk of spontaneous abortion. Human Reproduction (Oxford, England) Human Reproduction (Oxford, England). 2015;30(5):1246-1255.

Advertisements

3 thoughts on “9 Tips Pola Makan Sehat untuk Ibu Hamil

  1. Pingback: #ODOPfor99days Putaran Pertama | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s