Yuk Sambut Gerhana Matahari

Bismillah…

Besok, Insya allah pada pagi hari tanggal 9 Maret 2016 langit akan menjadi gelap, matahari dan bulan berpapasan dalam satu garis dengan bumi, yang pada puncaknya matahari akan tertutupi oleh bulan selama beberapa menit. Bersyukurlah karena Indonesia  merupakan satu-satunya daratan yang dilalui oleh lintasan gerhana matahari kali ini. Indonesia baru akan mengalami gerhana total seperti ini lagi pada tahun 2023 dengan jalur lintasan gerhana yang berbeda. Sahabat yang tinggal atau tengah berada di Palembang, Jambi, Palu, Balikpapan, Ternate, Palangkaraya, Bangka Belitung, Sampit, Poso dan Luwuk akan dapat melihat gerhana matahari total. Sahabat yang tidak berada di kota tersebut akan mendapat gerhana matahari sebagian….

Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya (Q.S. Al-Anbiya: 33)

Sebenarnya, pada tahun 1983, momentum gerhana matahari total pernah melintasi wilayah Jawa, Sulawesi dan Papua. Namun, Pemerintahan Suharto melarang masyarakat untuk melihat gerhana secara langsung karena dianggap dapat menimbulkan kebutaan.Lalu, Apa yang harus dilakukan ketika terjadi gerhana matahari ?

Jika kalian melihat kedua gerhana, yakni gerhana matahari dan gerhana bulan, bersegeralah menunaikan shalat (HR. Muslim)

Bagaimana tatacara sholat gerhana ?

Yuk kita lihat panduan sholat gerhana melalui ilustrasi :

Yuk Sambut Gerhana Matahari, Tatacara Shalat Gerhana

Beberapa hal lain yang bisa kita lakukan ketika gerhana : 

  1. Berdzikr, bertakbir dan bertahmid
  2. Berdoa
  3. Memohon ampunan
  4. Shadaqah.

“Sesungguhnya (gerhana) matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kebesaran Allah, keduanya terjadi bukan karena wafatnya seseorang dan bukan pula lahirnya seseorang. Jika kalian menyaksikannya, maka berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, shalat, dan bersedekahlah” (HR. Bukhari No. 1044, 1046, Muslim No. 901).

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :
“Sesungguhnya ini adalah tanda-tanda kekuasaan Allah yang ditunjukkan-Nya, gerhana tersebut tidaklah terjadi karena kematian atau hidupnya seseorang. Tetapi Allah menjadikan yang demikian agar hamba-hamba-Nya TAKUT (dosa dan maksiat).

Nah, Jika ingin melihat gerhana matahari setelah melakukan amalan diatas….. Berikut tips melihat gerhana matahari yang aman :

Bagaimana denganmu, apa rencanamu untuk sambut gerhana matahari ?

Yuk Sambut Gerhana Matahari, Tahapan Gerhana

#ODOPfor99days #day40
@nurlienda

Advertisements

One thought on “Yuk Sambut Gerhana Matahari

  1. Pingback: #ODOPfor99days Putaran Kedua | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s